alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Heboh, Tawon Ndas atau Vespa Affinis Tewaskan 7 Orang di Klaten
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c38a258ddd770da5e8b456b/heboh-tawon-ndas-atau-vespa-affinis-tewaskan-7-orang-di-klaten

Heboh, Tawon Ndas atau Vespa Affinis Tewaskan 7 Orang di Klaten

Heboh, Tawon Ndas atau Vespa Affinis Tewaskan 7 Orang di Klaten
ISTIMEWA
Tawon Ndas atau Vespa Affinis atau Hornet


TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Tawon endas atau ndas dalam ilmiahnya jenis Vespa affinis meresahkan membuat warga Kabupaten Klaten , Jawa Tengah.

Dalam dua tahun terakhir, sudah 7 orang meninggal dunia karena disengat tawon jenis ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Nur Khodik mengatakan, sengatan tawon Vespa affinis bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Jika 1 x 24 jam tidak segera ditangani maka orang yang tersengat tawon dapat menyebabkan kematian.

"Tawon ini sangat berbahaya. Sudah ada 7 warga yang meninggal karena sengatan tawon Vespa affinis. Dua warga pada tahun 2017 dan 5 orang warga tahun 2018," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Nur Khodik menambahkan, pihaknya telah memusnahkan ratusan sarang tawon Vespa affinis.

Tahun 2017 ada sebanyak 217 sarang dan 207 sarang pada tahun 2018.
Bahkan, lanjut dia, di awal tahun 2019 telah memusnahkan sebanyak 18 sarang tawon Vespa affinis dan 22 sarang dalam antrean.

Sarang tawon ini diameternya dapat mencapai sekitar 2 meter.

Biasanya sarang tersebut terdapat di pohon, batu, lemari dan atap rumah. Sehingga, apabila warga mengetahui sarang tawon itu untuk segera melaporkan ke Damkar.

"Evakuasi biasanya kami lakukan setelah maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Karena tawon ini tidak terlalu agresif sehingga tidak membahayakan yang mengevakuasi," ucap dia.

"Sarang tawon ini ada yang kami musnahkan dengan cara dibakar dan menggunakan zat. Kami sesuaikan medannya di mana sarang tawon itu berada," imbuhnya.(*)



http://jateng.tribunnews.com/2019/01...rang-di-klaten


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Syok Anafilaktik..
Quote:


apa itu mas... emoticon-Amazed
untung rumah bambu ortu gw sudah dibongkar, jadi sarang tawon soalnya. Bambu dan kayunya juga sudah lapuk, bikin rumah bata aja lebih aman dari sarang hornet emoticon-Takut
Harus dicari musuh alaminya..
Kampret doyan tawon gak ya...?
itu baru tawon vespa belum tawon ducatiemoticon-Takut
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Semprot baygon sarangnya
Quote:


Tanpa membawa istilah ilmiah yang terlalu asing, intinya anaphylaxis/anafilaktik = alergi sangat berat yang mengancam nyawa. Biasanya ditandai dengan bengkak besar disekujur tubuh dan susah napas.
ibu ane pernah sampe harus opname di rs gegara kesengat lebah.. tp bukan jenis tawon endas,, cuman lebah kecil yg suka bikin sarang di lemari kayu trus madunya bisa dikonsumsi... ntah apa namanya.. ngeri bgt sih sampe muka bisa bengkak2 padahal yg disengat bukan bagian wajah...
Balasan post dawolong
Quote:


emoticon-Ngakak kampret doyanya nasi bungkus ama rendang..tahu tempe aja dah ga mau..sok jual mahal.
sesuai julukannya,
tawon ndas.
kalo nyengat ngincer kepala orang emoticon-Cape d... (S)
bs lsg bengkak itu 1 kepala utuh.
jd segede bola emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Big Grin
Balasan post kardison
Tapi kan harus panas2an..hujan2an dulu, sambil teriak2...
Kalo tahu tempe, dia gak kuat teriak2..
masak demo bisik2...
pait...pait...pait
ane pernah disengat nih tawon pas manjat pohon jambu, widih panas bgt nangislah ane
ini klo yg disengat kepalanya cebong.. paling cebongnya gpp.. soalnya kan udah idiot dan kopong isi otaknya.. jadi malah gak ngaruh.. Heboh, Tawon Ndas atau Vespa Affinis Tewaskan 7 Orang di Klaten
Diubah oleh zinaitudosa
Quote:


pertolongan daruratdi sengat lebah...ambil bunga apa aja yg ada...remas2 dan balurkan di tempat yg di sengat...

kl cuma lebah biasa ...langsung aman...gak terlalu sakit...

kl tawon ndas ya masih lumayan sakit..bisa bengkak seminggu..
tapi mendingan di banding tdk di olesi remasan bunga...

selanjut nya olesi minyak tawon...
Sarang tawon ini diameternya dapat mencapai sekitar 2 meter.


Diameter sarang nya aja 2 meter.. melebihi diameter sumur..
Itu sarang tawon apa sarang siluman sih?? Gagal horror gw jadi ngakak...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh noisscat
ini nih yang bikin telunjuk tangan gue jadi segede jempol emoticon-Blue Guy Bata (L)
Balasan post noisscat
alamat apa ya ? kata tetangga sebelah
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di