alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Disebut-sebut Cocok Jadi Presiden Baru Bank Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c3856dd10d2955eff204dd7/sri-mulyani-disebut-sebut-cocok-jadi-presiden-baru-bank-dunia

Sri Mulyani Disebut-sebut Cocok Jadi Presiden Baru Bank Dunia

Sri Mulyani Disebut-sebut Cocok Jadi Presiden Baru Bank Dunia

Washington DC, CNBC Indonesia - Sebuah kabar mengejutkan datang dari Washington DC, Amerika Serikat (AS), Senin (7/1/2019). Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya efektif pada 1 Februari 2019.

Berdasarkan keterangan resmi Bank Dunia, Kim akan bergabung dengan sebuah lembaga yang fokus pada pengembangan infrastruktur di negara-negara berkembang. Namun, Bank Dunia tak mengelaborasi lebih lanjut mengenai posisi Kim.

Baca:
Terjawab Sudah ke Mana Bos Bank Dunia Berlabuh

Seiring pengunduran diri Kim, Presiden AS Donald Trump disebut akan menggunakan pengaruhnya dalam memilih pengganti pria kelahiran Korea Selatan namun berkewarganegaraan AS tersebut. Sebab, AS memegang saham kendali dalam pemungutan suara di Bank Dunia.

Namun, US Chairman The Official Monetary and Financial Institutions Forum (OMFIF) Mark Sobel memiliki penilaian berbeda. Menurut dia, konsensus yang berlaku sejak akhir perang dunia II yang mana orang AS memimpin Bank Dunia dan orang Eropa memimpin IMF harus diakhiri.

"Konvensi ini logis dalam dekade-dekade pascaperang ketika ekonomi negara maju mendominasi perekonomian global. Kepergian Kim menghadirkan kesempatan untuk mengevaluasi kembali konvensi itu. Inilah waktunya untuk perubahan," tulis Mark Sobel dalam opininya di laman OMFIF seperti dikutip, Kamis (10/1/2019).

Ia menilai, apabila negara-negara emerging markets serius ingin mengubah konvensi itu, mereka harus bertindak lekas untuk menemukan kandidat yang kuat, kredibel, dan dihormati secara global di belakang kandidat itu.

Mark Sobel kemudian menyebut sejumlah nama antara lain Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (eks direktur pelaksana Bank Dunia) maupun bekas Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala (eks direktur pelaksana Bank Dunia) sebagai kandidat kuat pengganti Jim Kim.

"Kami sepakat bahwa kepala dan petinggi senior di lembaga keuangan internasional harus ditunjuk melalui proses seleksi terbuka, transparan, dan berbasis prestasi," demikian komunike KTT G20 di London, Inggris, 2009, yang dikutip oleh Mark Sobel.

Ia menambahkan, lansekap ekonomi global yang berubah membuat konvensi itu sudah ketinggalan zaman. Ada banyak kandidat potensial yang tersebar di berbagai negara, termasuk AS.

"Di masa lalu, lembaga keuangan internasional terkait erat dengan prioritas AS. Namun sekarang tidak demikian," kata Mark Sobel.
Baca:
Bagaimana Nasib Kursi Bos Bank Dunia setelah Jim Kim Mundur?


Bank Dunia tentu bukan tempat kerja yang asing bagi Sri Mulyani. Pada 5 Mei 2010, wanita kelahiran Lampung itu ditunjuk menjadi salah satu dari tiga direktur pelaksana Bank Dunia. Ia menggantikan Juan Jose Daboub yang mundur pada 30 Juni 2010.

Hampir enam tahun berkarier di Bank Dunia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Sri Mulyani menjadi menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Belum setahun menjabat, Sri Mulyani dinobatkan seagai menteri keuangan terbaik se-Asia pada 2017 oleh Majalah Finance Asia.

Baru-baru ini, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik versi The Banker. Terdapat lima pertimbangan yang membuat Sri Mulyani didapuk sebagai menkeu terbaik, salah satunya adalah ketahanan perekonomian Indonesia tak terpengaruh oleh deraan tragedi dan bencana.

Sri Mulyani Disebut-sebut Cocok Jadi Presiden Baru Bank Dunia

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...aru-bank-dunia

klo emg bisa mah indo kebagian jatah utangan makin gede dan nasbung makin menjerit emoticon-Ngakak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Srimul jadi presiden bank dunia
Pakde jadi sekjen pbb

Kagak pernah sebangga ini jadi wni emoticon-Angel
wah, klo ke pilih bisa ngedit utang indonesia donk emoticon-Shutup
Diubah oleh mibmobz
kalo kata nasbung itu gara2 kebanyakan utang jadi terpilih
entah gimana pola otaknya bisa mikir sampe gitu























pantesan ini negara masih negara berkembang

Memang layak setelah membuat ekonomi Indonesia menjadi baik seperti sekarang
Diubah oleh app.developer
edan sih kalo bisa terpilih jadi Presiden Bank Dunia....

set CV nya makin kinclong.

emoticon-coffee
Quote:


Beliau memang jenius bre. Habibie nya ilmu ekonomi
di Indo aja keuangan masih berantakan,,, malah mau ngalamar kerja Di bang duniya.... emoticon-Wkwkwk


Tak ada Nastaik yang tak Goblok.... emoticon-Wkwkwk
Balasan post galer2124
Quote:


uda pernah kerja 6 tahun tong di bank dunia emoticon-Wkwkwk
yang kubu sebelah prestasi di travel umroh bre Sri Mulyani Disebut-sebut Cocok Jadi Presiden Baru Bank Dunia
Indonesia masih butuh Ibu Sri. emoticon-Smilie
Quote:


biar gampang ngatur rupiah bray misalkan 1 usd 25 rebu. kayak kemarin kan uda dipatok 1 usd di 15.000 cuma orang pura amnesia aja emoticon-Big Grin
dan rr cuma jadi pengamat di tipiwanemoticon-Wink
Ah kecil bank dunia mah cuman ngurusin ekonomi doang.
Ahok aja kabarnya cocok jadi walikota New York dan ditawarin gaji gede 250 juta sebulan katanya
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Inget omongan Nastak nastaik pas lagi halu
Ibu Sri Mulyani, Wanita Lampung yang mendunia
widih, bisa buat ekonomi indonesia meroket gak emoticon-Betty (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di