alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Musiklopedia /
Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c32258efacb9536631a66c1/josh-groban-yang-bukan-sekedar-lagu-you-raise-me-up

Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up

Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up


Jika mendengar nama Josh Groban pasti yang ada di benak gansis adalah lagu ‘You Raise Me Up’. Yah, lagu yang dipopulerkan oleh Josh Groban ini sebenarnya adalah lagu cover dari band Secret Garden yang berasal dari Irlandia dan Norwegia dan beranggotakan 2 orang yaitu Fionnuala Sherry sebagai vokalis/violinis dan Rolf Rovland  sebagai pianis/komposer. Setelah lagu ini dinyanyikan oleh Secret Garden di awal tahun 2002 dengan menggandeng Brian Kennedy sebagai vokalis, namun lagu ini tidak begitu hit di pasaran. Josh Groban juga  menyanyikan ulang lagu ini dan mempopulerkannya ke seluruh dunia tahun 2003. Versi lagu Josh Groban yang diproduseri oleh David Foster ini bahkan menjadi lagu hit di Amerika Serikat, walau hanya menduduki posisi 73 di tangga lagu Billboard hot 100. Lagu You Raise Me Up sendiri sudah direkam ulang  oleh lebih dari ratusan penyanyi. Group dari Irlandia, Westlife juga menyanyikan ulang lagu ini dan berhasil menduduki nomor 1 tangga lagu di Inggris. Dan versinya Westlife lebih banyak menduduki tangga lagu dunia dibandingkan dengan versinya Josh Groban, meskipun begitu Josh Groban tetap menjadi penyanyi yang mempopulerkan lagu ini dan masih menjadi versi terbaik menurut ane. Lagu ini sempat menjadi kontroversi beberapa saat yang lalu tepatnya 29 November 2018, komposer asal Islandia Jóhann Helgason mengajukan gugatan yang mengklaim bahwa lagu You Raise Me Up merupakan salinan dari lagu tahun 1977 yang berjudul Söknuður. Ini videonya. 


Spoiler for spoiler:


Gimana menurut gansis, memang miripkah lagunya atau tidak?

Aneh, versi aslinya tidak begitu mirip, namun lagu ini memiliki versi bahasa Inggrisnya yang dinyanyikan oleh Edgar Smari bejudul Into The Light yang justru sangat mirip dengan lagu You Raise Me Up yang ternyata lagu ini dirilis tahun 2018.

Kalau menurut ane sendiri hanya di beberapa bagian saja yang mirip itupun sedikit bukan banyak apalagi keseluruhan lagu, lagipula kenapa baru sekarang menuntutnya, kenapa tidak ketika lagu ini sedang booming awal tahun 2000-an lalu? Kan sudah hampir 20 tahunan sekarang, ada-ada saja ya! Semoga saja kasus ini bisa selesai dengan hasil yg menguntungkan kedua belah pihak.


Balik lagi ke topik utama kita mengenai Josh Groban. Hmmm,  benarkah Josh Groban hanya terkenal gara-gara menyanyikan lagu You Raise Me Up? Atau ketika mendengar lagu You Raise Me Up yang mendengar akan berkata itu adalah lagunya Josh Groban atau mungkin sama sekali tidak tahu dengan penyanyinya.

Menurut ane sendiri, benar ane tau Josh Groban sejak pertama kali mendengar lagu You Raise Me Up ketika masih sekolah dasar lupa tepatnya kelas berapa. Lagu itu sampai sekarang masih ane dengerin meski tak sesering dulu ketika masih kecil. Namun ketika beranjak SMA ane pernah denger lagu yang suaranya mirip banget dengan Josh di radio, cuma ane gak tahu judulnya apa waktu itu dan akses internet pun belum memadai di kampung ane. Saat kuliah barulah ane sempat-sempatin tuk browsing judul lagu yang pernah ane dengar dulu. Selain karena memang suka dengan suaranya Josh sejak pertama kali dengar ane juga penasaran dengan lagu-lagu lain yang dinyanyikan Josh. Dan lagu itu berjudul To Where You Are dan sejak itu ane sering dengerin lagu-lagu Josh Groban Lainnya di youtube. Ternyata masih banyak lagu-lagu dalam album-albumnya yang bagus-bagus selain You Raise Me Up. Tetapi mengapa kebanyakan orang hanya tahu dengan lagu You Raise Me Up dan itupun ternyata masih banyak yang tidak tahu dengan penyanyinya boro-boro penyanyi aslinya. Menurut ane kenapa tidak banyak orang tahu lagu-lagu Josh Groban selain You Raise Me Up adalah karena musik yang dibawakannya bukan untuk kalangan muda tapi lebih menjurus ke kalangan dewasa sesuai genre musik yang diusungnya pop kontemporer/pop opera. Wajar saja jika bahkan jarang mendengar lagunya di radio, karena kebanyakan radio-radio hanya memutar lagu-lagu yang sedang populer atau yang bergenre mainstream di pasaran.

Dan ternyata lagu-lagunya Josh memang tidak begitu sukses di tangga lagu Billboard hot 100 Amerika Serikat, hanya berhasil membukukan 5 lagu di tangga lagu tersebut dari 33 singel yang ia rilis. Namun di Amerika sana ada tangga lagu tersendiri untuk genre seperti yang Josh bawakan yaitu Adult Contemporary, dari 33 single, 21 diantaranya berhasil menembus tangga lagu tersebut bahkan 6 lagu berhasil bertengger di posisi 1 seperti lagu To Where You Are, Believe dan You Raise Me Up. Di luar amerika, tak banyak single yang mampu berbicara. Namun untuk penjualan album, Josh Groban benar-benar merajai tangga lagu khususnya di Amerika Serikat. Album pertama, kedua dan album Christmasnya  bahkan terjual lebih dari 5 juta kopi di sana.

Boleh dikatakan Josh Groban merupakan salah satu penyanyi pria favorit ane, selain karena genre musiknya yang tidak begitu banyak yang membawakan sekarang ini, yang berarti istimewa dan khas, lirik dalam lagu-lagunya juga bagus. Josh Groban juga seorang vokalis yang memiliki suara yang unik yang jarang ditemui sekarang dan jangkauan nada yang bagus. Sebagai seorang performer ia juga bagus. Mungkin tak banyak yang menyukai musiknya, namun bukan berarti album-album yang ia rilis tidak bagus. Hanya saja tidak semua orang menyukai tipe musik yang ia bawakan, meskipun begitu konser yang ia bawakan selalu ramai dikunjungi penggemar. Selain itu ia juga seroang penulis lagu, pianis dan produser musik yang telah banyak berkolaborasi dengan penyanyi dan musisi lain seperti Andrea Bocelli, Celine Dion, Michael Buble dan lainnya. Ia juga sudah beberapa kali dinominasikan dalam ajang Grammy Award, hanya ia belum beruntung untuk memenangkannya.
Gansis bisa dengerin lagu-lagu di bawah ini sebagai referensi.



Spoiler for spoiler:


Gimana? Apakah gansis masih beranggapan bahwa Josh Groban hanya sekedar lagu You Raise Me Up? Atau sudah berubah setelah mendengar lagu-lagu lain darinya?


Untuk meyakinkan kembali gansis untuk mendengarkan lagu-lagu bagus lain dari Josh Groban dan untuk lebih mengenal musik yang dibawakannya maupun suara dan Josh Grobannya sendiri, sudah ane buatkan playlist khusus untuk gansis sekalian lagu-lagu terbaik Josh Groban pilihan ane di bawah ini.


Spoiler for spoiler:



Sekian dulu thread dari ane, sampai jumpa lagi di thread selanjutnya. 



Referensi

Spoiler for spoiler:


Diubah oleh maz947
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Sudah diperbaiki gan. Tadi masih sembradul.
hmmmmm....
lagu yg pas saat ada liputan bencana2 ini
dengerin dulu deh emoticon-Kaskus Radio
sumpah ane baru tau abis baca ini emoticon-Ngakak
gw suka dengerin My Desember-nya Linkin Park yang dinyanyiin Josh
Salah satu lagu paporit aneemoticon-2 Jempol
ujian praktek bahasa inggris nyanyi lagu ini dah emoticon-Embarrassment
Mejeng Di pejwan bersama Josh gerobak emoticon-Cool
Diubah oleh rahmata.p
cm tau lagu itu
iyo bener dia tenar sampe seluruh dunia gara2 You Raise Me Up
sebelum nyanyiin lagu ini dia populer mungkin hanya di kalangan penikmat pop opera
Ane masih hafal lagunya yg paling terkenal
Gini nih


You screw me uuuuuupp
emoticon-Ngakak
You Raise Me Up
Don't Give Up
To Where You Are
Remember When It Rain

ini salah satu tracklist yg ane suka dan ada beberapa lagi
musiknya calming dan penuh dengan arti liriknya
warna suara juga suka
Josh Groban - You Raise Me Up memang sudah sangat terkenal sejak rilis di album Closer, tapi lagu-lagu lain yang ada dialbum itu jauh lebih enak didengar, macam lagu Oceano, Mi Mancherai (Il Postino), Per Te, Broken Vow dan favorit ane 'Remember When It Rained'.

Album Josh Groban - Closer (on Spotify)
Penyanyi kaporit Ane nih...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up
Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up
Josh Groban yang Bukan Sekedar Lagu You Raise Me Up
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
per te

enak bre
favorit ane mi mancherai sama per te gan
Suaranya ngebass bree... Mantap...
gak mirip ah. liriknya kalau diartikan sama nggak?

ah ane jadi ingat lagu Tinggal Kenangan yang sempat jadi rebutan juga dulu. wkwk.

btw, ane juga cuma tau lagu Josh Groban yang You Raise Me Up ini. yang lain enggak hehe
coba dengerin deh emoticon-Blue Guy Peace
yg ane pernah dengar you raise me sama don't give up doang
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di