alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2f0d1928c9915726734510/sebelum-ada-tol-laut-bagaimana-cara-angkut-sapi-ke-jakarta

Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?

Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?


Program tol laut baru digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun 2015 untuk mempermudah pengiriman komoditas termasuk ternak. Sebelum ada program ini bagaimana caranya mengangkut sapi ke Jakarta?

Menurut Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Ridwan Mandaliko dahulu pengiriman sapi dilakukan dengan menggunakna kapal kargo. Sehingga tidak ada fasilitas khusus untuk mengangkut sapi ke dalam kapal.

Bahkan, kata Ridwan, pengangkutan sapi menggunakan jaring. Kemudian untuk tempatnya hanya disekat menggunakan bambu dan tali.

"Kalau dulu, muatannya pakai kargo umum. Itu disekat-sekat pakai bambu, dan tali. Untuk menaikkan (sapi ke dalam kapal) pakai jaring," jelas dia.


Lebih lanjut, akibat fasilitas yang kurang akhirnya banyak ternak sapi yang stres. Alhasil, berat sapi ikut berkurang dan merugikan peternak.


"Sehingga sapi jadi stres dan bobotnya susut 22%. Itu kan merugikan peternak karena nanti hitungan jual berdasarkan berat," sambung dia.


Saat ini, kata Ridwan, pengiriman sapi menggunakan tol laut sudah lebih baik. Pasalnya, Pelni sendiri menggunakan kapal khusus ternak sehingga sapi tidak mengalami stres.


"Kalau sekarang itu kapal ada fasilitasnya. Jadi mereka parkir dekat pelabuhan dan sapi tinggal digiring masuk lewat lorong. Jadinya sapi hanya susut 5%, peternak dan petani pun tidak rugi," tutup dia.(zlf/zlf)



Sumur

Semoga next time agar lebih cepat bisa dinaikan ke pesawat saja. Semoga.
emoticon-Ngacir2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
jalan juga nih tol laut.
nunggu ada yang counter, kalau bijitu kenafa harga daging safi mahal? emoticon-Big Grin

harga daging safi mahal karena sapinya udah dibeli semua ama par emoticon-Tai sapi
Oh kirain....teryata tetap sama naik kapal juga emoticon-Cool
Sabar yak, bentar lg wowo jd presiden, udh ada kode alam nih emoticon-Angpau
Quote:
Lihat 4 balasan
DIANGKUT SAMA FRAKSI PKS LAH BRO
MEREKA KAN AHLI PERSAPIAN
tapi harganya kok jadi mahal
Naik kapal juga lah... Mang naik apa lagi emoticon-Bingung (S)
Balasan post dekomandos
Quote:


Imajinasi tanpa batas emoticon-Matabelo
Ane malah ngeliatnya kayak 2biji 1batang emoticon-Hammer (S)
























































emoticon-Ngacir Tubrukan
sapi jadi kurus ya emoticon-Big Grin
Quote:


Ya bgitulah realita kampret bre, kita berhadapan dgn manusia yg evolusinya blm sempurna bener emoticon-Angpau
Dulu ga ada kapal, diangkut pake rakit dari Merauke ke Jakartaemoticon-Marah

Owh.. Tol Laut itu = Kapal pengangkut sapi??emoticon-Leh Uga


Tol Udara kapan nih
Lihat 1 balasan
mantap 2 periode emoticon-Angel
Sapinya makan apa selama di kapal?
Lihat 1 balasan
sapinya biar gak stres kasih musik emoticon-Leh Uga
Quote:


Padahal biasa makan tempe orek emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh PinggiranBakwan
Balasan post l4d13put
Lo kapan lari2 pake sempak ??? emoticon-Smilie
Kampret mana ngerti

Ngoahaha

emoticon-Ngakak
Quote:


tinggal dimana si lu? kasian banget cuman makan daging sapi aja kagak bisa.. sini gua sumbang.. Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Balasan post dekomandos
itu bukan prabowo. itu sudjiwo tedjo.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di