alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2ebf967414f56ee13f948b/militer-amerika-serikat-mencengkeram-dunia

Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia

Quote:


Sadar atau tidak, Indonesia dikepung oleh setidaknya 13 pangkalan militer milik Amerika Serikat (AS). Indonesia sudah terkurung oleh pangkalan-pangkalan Amerika yang berada di Pulau Christmas, Pulau Cocos, Darwin, Guam, Filipina, Malaysia, Singapore, Vietnam, Kepulauan Andaman, dan Nicobar.

Selain Indonesia, ada Iran yang nasibnya sama dikepung pangkalan militer AS. Iran tercatat dikepung 11 pangkalan militer milik AS.

Quote:


Untuk wilayah belahan benua Amerika Utara, misalnya, ada komando bernama United State North Command (USNORTHCOM), untuk belahan Amerika selatan ada United State South Command (USSOUTHCOM), wilayah Timur Tengah dan sebagian Afrika di bawah komando United State Central Command (USCENTCOM), wilayah Eropa dibawah komando United State Europe Command (USEUCOM), serta daerah Asia Pasifik dan Australia di bawah komando United State Pasific Command (USPACAOM).

Seperti ditulis dalam Globalresearch.ca, tahun 2007, menurut C. Johnson, dari Komisi NATO dan Jaringan Internasional untuk Abolisi dan Pangkalan Militer Asing, AS mengendalikan 700 hingga 800 pangkalan militer di seluruh dunia yang tersebar di 63 negara. Pasca peristiwa penyerangan menara kembar WTC pada 11 September 2001, sebanyak 7 pangkalan militer baru dibangun. Sebanyak 255.065 personel militer juga disiagakan di luar negeri.

Sementara menurut David Vine dalam Base Nation: How US Military Base Abroad Harm America and the World (2015), AS tercatat memiliki 686 pangkalan militer di luar 50 negara bagian AS.

Jumlah personel di luar negeri tak sama setiap tahunnya. Tergantung kebijakan pemerintah AS. Pada tahun 2012, menurut Departemen Pertahanan AS, terdapat 172.966 personel militer yang ditempatkan di luar negeri. Kurun waktu tahun 2001 hingga 2003, AS memiliki 730 instalasi militer di 50 negara. Instalasi ini bisa berupa gedung, pangkalan udara, pelabuhan, pusat senjata jarak jauh, mess prajurit, kamp pelatihan militer, dan lainnya.

Titip Senjata di Negeri Orang

Setelah Perang Dunia II, AS memang tampil menjadi negara adidaya. Bentuk pengaruh mereka di penjuru dunia tak hanya terlihat dari hegemoni ekonomi, tapi juga militer. Biasanya, pangkalan-pangkalan militer AS dibangun di wilayah negara sahabat. Tak satupun pangkalan dibangun di negara komunis maupun negara eks Blok Timur. Kalaupun ada, pangkalan militer itu biasanya sudah dibangun ketika Perang Dingin.

Masih menurut data Departemen Pertahanan AS, pada tahun 2012 jumlah seluruh anggota militer mereka mencapai 1.372.522 personel. Lebih dari sejuta personel itu ditempatkan di wilayah AS dan negara protektoratnya seperti Guam dan Puerto Rico. Tepatnya, terdapat 1.199.556 personel militer. Angka itu masih ditambah hampir seribu personel di sekitar Teluk Guantanamo. Di lima benua, AS menitipkan persenjataan dan juga 172.966 personelnya.

Di dekat wilayah daratan AS, seperti Kanada, Honduras dan Greenland, mereka menitipkan 672 personel militer. Pasukan-pasukan yang ada dalam instalasi di sekitar negara itu berada dalam komando USNORTHCOM. Di Timur Tengah dan Afrika, Amerika memiliki pangkalan di Kuwait, Bahrain, Qatar, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Djibauti, dan Yordania. Dengan jumlah personel militer kira-kira 19 ribu orang. Timur Tengah dan sebagian Afrika itu dibawah komando USCENTCOM.

Di Eropa, militer AS ditempatkan di Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Turki, Belgia, Portugis, Belanda, Yunani dan Norwegia. Pada tahun 2012, jumlah personel militer AS mencapai lebih dari 71 ribu personel. Pasukan di Eropa dan persenjataannya ini berada di bawah komando USEUCOM. Tiga tahun kemudian, jumlah personel menurun menjadi 60 ribu. personel militer itu dikurangi karena adanya rencana menutup 15 pangkalan militer di Eropa. Sejarah keberadaan pangkalan militer AS di Eropa, tak jauh dari Perang Dingin sebelum runtuhnya Tembok Berlin.

Sementara di Asia Pasifik, di wilayah yang berada di bawah komando USPACOM, AS menempatkan personel terbanyak di Afghanistan, yakni sekitar 63 ribu orang. Setidaknya hingga 2012, Afghanistan tetap dianggap zona perang, meski kelompok Taliban sudah lama dihancurkan. Lalu disusul pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang.

Menurut Departemen Pertahanan, terdapat lebih dari 52 personel militer AS di Jepang. Setelah Jepang dikalahkan sekutu dalam Perang Pasifik, Jepang menjadi pangkalan penting AS. Selain itu, di Korea Selatan, AS menempatkan setidaknya 28 ribu personel. Hal ini bisa dihubungkan dengan “ancaman” Korea Utara, meski Perang Korea sudah lama berakhir. Selain Jepang dan Korea Selatan, pangkalan lain adalah Australia, Singapura, Filipina, dan juga Thailand. Personel di masing-masing negara itu hanya seratusan.

Keberadaan pangkalan militer AS, di satu sisi seringkali menguntungkan negara-negara kecil yang tak kuat secara militer. Sebut saja Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, juga Kuwait. Saat Saddam Husein menjadi Presiden Irak, Kuwait dalam posisi merasa terancam.

Pangkalan Terapung

Selain pangkalan statis di negara-negara sahabat, AS juga mengerahkan pangkalan bergerak dalam sebuah kapal induk. Tak hanya personel dan senjata berat yang bisa diangkut atau berpangkalan di atasnya, tapi juga pesawat-pesawat tempur jet ringan. Sejak Perang Dunia II, AS sudah memiliki kapal induk.

Saat ini, menurut situs gonavy.jp, Angkatan Laut AS setidaknya memiliki 10 kapal induk yang beroperasi. Kapal-kapal ini tidak sekadar menjaga wilayah perairan mereka sendiri, melainkan semua perairan dunia demi kepentingan Gedung Putih.
Kapal induk-kapal induk yang berada dalam wewenang Angkatan Laut AS antara lain USS Harry S Truman, USS Nimitz, USS Dwight Eisenhower, USS George HW Bush, USS John Stennis, USS Carl Vinson, USS Ronald Reagen, USS Abraham Lincoln, USS Thodore Roosevelt, USS George Washington, juga USS Gerald Ford. Beberapa kapal induk lain masuk dok perbaikan.

Setiap kapal induk biasanya dikawal beberapa kapal perang bersenjata berat, seperti jenis fregat, kapal perusak, cruiser (penjelajah) dan juga kapal selam. Setiap kapal induk setidaknya bisa menampung satu skuadron pesawat tempur yang terdiri dari 12 hingga 24 pesawat.

Kapal induk banyak berjasa dalam persiapan operasi militer. AS mengerahkan kapal induk sebagai pangkalan pesawat tempur, sebelum pesawat-pesawat yang terangkut itu beraksi. Kapal induk bahkan merupakan pangkalan paling efektif dalam perang. Kapal induk dan rombongan hanya perlu bergerak menuju daerah perang.

Beberapa kapal induk AS disebar ke beberapa penjuru dunia. Kapal induk tak hanya mendekati daerah perang maupun patroli di laut lepas. Jika Presiden Amerika mendatangi sebuah negara, maka kapal induk di sekitar negara yang dikunjungi Sang Presiden akan mendekati, atau bahkan memasuki wilayah laut negara tersebut.

Belakangan, kapal induk USS Stennis dengan dikawal 4 kapal perang yang berukuran lebih kecil, muncul di Laut China Selatan. Terkait dengan sengketa yang melibatkan Cina, Komando Pasifik menyebut mereka sudah puluhan tahun berpatroli di sekitar Laut China Selatan. Maka tak menutup kemungkinan, kapal-kapal induk itu bersiaga di setiap wilayah komando AS di luar negeri.

Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia

Anggaran Militer Tertinggi Dunia

Memiliki jutaan personel, kapal induk berserta kapal pengawalnya, juga pangkalan militer di daratan negara sahabat, tentu tak ramah bagi kantong AS. Maka tak perlu heran jika AS tercatat sebagai negara dengan anggaran militer pertahanan tertinggi di dunia.

Menurut Bank of America Merril Lynch dan Transformasi Atlas Dunia pada Agustus 2015, sebanyak 610 miliar dolar uang dari para pembayar pajak di AS dialokasikan ke militer. AS merupakan penyumbang dua per tiga dana operasional NATO di Eropa. Padahal, NATO memiliki 27 negara anggota.

Cina yang super power di Asia, bahkan anggaran militernya tak mencapai separuh dari anggaran militer AS. Cina hanya menganggarkan 216 miliar dolar. Negara kuat lain seperti Perancis hanya 62 miliar dolar dan Inggris pun hanya 60 miliar dolar.

Anggaran militer AS tersebut termasuk untuk membiayai pangkalan militernya yang berada di seluruh dunia. Mulai dari pangkalan statis di daratan negara sahabat, hingga membiayai perjalanan rombongan kapal induk. Menjaga dunia memang mahal.

Cina yang dianggap saingan Amerika, sebenarnya tidak tinggal diam dengan eksistensi AS di segala penjuru dunia, apalagi yang terkait dengan wilayahnya. Cina pun berencana meningkatkan anggaran militernya.

United States of America

saya ingin berdiskusi dengan teman teman disini. apa penyebab militer amerika sangat kuat dan mengapa negara amerika bisa sangat maju?

baru saya ketahui bahwa selain sdm amerika yg mumpuni, ternyata amerika juga memiliki sumber daya alam yg sangat melimpah. ada minyak batu bara tembaga dll, belum lagi bidang peternakan pertanian, amerika juga punya komoditas unggulan yg di ekspor ke seluruh dunia.

mengapa sih amerika bisa sedemikian hebat gan?
Diubah oleh lokasiterlarang
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
mereka menggunakan segala potensi yg ada untuk menjadi hebat .. dan sering mengabaikan beberapa peraturan yg disepakati negara di dunia ..


itu jawaban ringkas nya gan ..

jika ingin detail seperti : apa saJ itu potensi yg dimaksud?

maka jawaban nya bisa panjanng ..

edit:

setau ane ada 4 kebebasan yg mereka jaga ..

tapi dalam kondisi terdesak atau emergency .. mereka bisa menggunakan kebebasan yg kelima atau fifth freedom .. yaitu kebebasan untuk melakukan apa saja demi menjaga 4 kebebasan tsb ..

termasuk membunuh mentri pertahanan nya sendiri untuk melindungi kepentingan negara jika dikhawatirkan mentri pertahanan tsb bisa merusak empat kebebasan yg dimaksud ..

Diubah oleh ghostavic
Lihat 2 balasan
Another "curhat" thread emoticon-Malu
Lihat 1 balasan
Balasan post Mistaravim
Jika ditelisik lebih jauh, ini bukan thread curhat kok gan emoticon-Smilie

Saya hanya ingin berdiskusi ttg militer amerika, dan intelijen mereka yg sangat baik. Mengapa dan bagaimana amerika bisa menguasai dunia ini
Balasan post ghostavic
Ternyata slogan american dream itu bukan pepesan kosong. Amerika memang tanah impian dan tanah para pemberani emoticon-Matabelo
Quote:


Oh gitu ya, lantas mana source dari thread ente? Tampilin donk.

Btw : Jika ditelisik lebih jauh, thread ente kok rada mirip dengan thread alfateka ya emoticon-Malu

Ente bukan klonengan dia?

Quote:


Lihat 1 balasan
Balasan post Mistaravim
Ada kok sumbernya gan, yang saya tulis united states of america. Coba diklik aja emoticon-Smilie

Iya gan, ini aja yg enak dibahas. Kan membahas militer secara umum. Mengenai budget alutsista dan sumber daya
Quote:


banyak yg salah terjemahin new world order ..

new world itu kan maksudnya dunia baru atau benua amerika ..

jadi bukan "tatanan baru untuk dunia"

tapi "tatanan untuk dunia baru"


dmn order diartikan sebagai "kebebasan" ... karena di daratan eropa tidak ada kebebasan pada masa itu ..


anehnya .. frasa new world order di mata uang usa .. diartikan sebagai bukti jika usa ingin menguasai dunia dan menyesatkan manusia ..

ckckck



sumber: pemikiran pribadi

Lihat 2 balasan
Korps Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat, Seperti Apa?

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintahan Donald Trump ingin menciptakan Angkatan Luar Angkasa atau Space Force, serupa dengan Korps Marinir atau korps komando lain.

Dilansir dari US Naval Institute News, 5 Agustus 2018, Brian Weeden, direktur Secure World Foundation, mengatakan Angkatan Luar Angkasa akan masuk di Departemen Angkatan Udara dengan kedinasan dan kewenangan sendiri. Tetapi menciptakan Korps Luar Angkasa yang beroperasi seperti Korps Marinir bukan satu-satunya kemungkinan.

Baca: Trump dan Pentagon Siapkan Angkatan Luar Angkasa, Seperti Apa?

Pilihan lain bisa dengan menetapkannya sebagai sesuatu yang mirip dengan Penjaga Pantai dengan tanggung jawab militer pada saat darurat nasional dan tugas sipil di lain waktu.

Kemungkinan lain adalah membentuk unit luar angkasa seperti Komando Operasi Khusus saat ini. Dalam hal ini, Angkatan Luar Angkasa akan menjadi korps terpisah yang akan memanfaatkan kesatuan untuk personel dan beberapa peralatan tetapi memiliki anggaran akuisisi sendiri dengan tugas khusus di bawah perintah Departemen Pertahanan.

Kemungkinan kelima adalah menciptakan organisasi unik yang memadukan unsur-unsur dari sejumlah badan federal yang ada, yang berurusan dengan luar angkasa, untuk memasukkan baik peningkatan penggunaannya secara komersial dan peran militer dalam menangani keamanan nasional dalam domain peperangan yang potensial.

NASA Luncurkan Tenda Luar Angkasa

Personel dalam Angkatan Luar Angkasa tidak akan menjadi garda depan, ungkap pengamat. Ini akan berfungsi seperti kesatuan yang ada dan diharapkan untuk mengatur, melatih, dan melengkapi kekuatan untuk misi komandan kombatan regional.

Weeden dan panelis lainnya, termasuk mantan Sekretaris Angkatan Udara, Deborah Lee James, mengatakan landasan di Kongres telah ditetapkan untuk direvisi, setelah Wakil Menteri Pertahanan Patrick Shanahan ditugaskan untuk menyampaikan laporan sementara ke Kongres AS pada Agustus mengenai reformasi ruang angkasa dan produknya pada Desember mendatang.

Jika cabang militer baru, Angkatan Luar Angkasa dibentuk, kemungkinan aka didominasi oleh Angkatan Udara. Tetapi Angkatan Darat juga akan memiliki peran berdasarkan fungsi mereka pada satelit militer di masa damai atau dalam perang.

Lebih dari 70 persen persenjataan dan peralatan utama Angkatan Darat membutuhkan satelit yang beroperasi. Sekitar 2.220 tentara yang aktif bertugas, pasukan cadangan dan warga sipil, siap membentuk "pasukan luar angkasa" di bawah Komando Angkatan Darat AS dan Komando Pasukan Rudal/Komando Pasukan Strategis Angkatan Darat yang bermarkas di Redstone Arsenal, Alabama.

"Kami adalah pengguna luar angkasa terbesar," kata Brigjen. Tim Lawson, Wakil Komandan untuk operasi Luar Angkasa Angkatan Darat dan Komando Rudal Pertahanan, seperti dilansir dari Spacenews.

Baca: Tambah Karyawan, Jeff Bezos Kebut Pembuatan Roket Luar Angkasa

Angkatan Darat belum secara terbuka menentukan apakah setiap unitnya harus menjadi bagian dari Angkatan Luar Angkasa. Lawson mengatakan hanya dua minggu sejak Presiden Trump memerintahkan Pentagon untuk menciptakan Angkatan Luar Angkasa sehingga terlalu dini untuk memberi tahu.

"Kami akan melihat di mana kami membutuhkannya," katanya.

"Apakah kita ingin menjadi bagian dari Space Force? Itu belum ditentukan. Saya pikir masih banyak yang akan datang, dan Angkatan Darat adalah bagian dari proses perencanaan ini," kata Lawson.
Balasan post ghostavic
Apa yg amerika bisa, negara lain tidak.

Itulah amerika, negara yg dibenci tapi tak ada satupun negara yg mampu melawan hegemoninya di dunia.

Kadang bingung juga saya, kok bisa mereka menciptakan teknologi yg mutakhir misalnya pesawat f22 raptor dan b12 spirit.

Mengapa hanya amerika yg mampu membuatnya negara lain tidak bisa?

"Made in USA" jauh lebih berkelas daripada made in negara lain emoticon-Big Grin
Suka ga suka, itu faktanya
Quote:


intinya pertanyaan ts sudah ane jawab ya ..


soal knp hanya usa yg bisa bikin ini dan itu .. ane punya pertanyaan buat ts ..

knp hanya mesir kuno yg bisa bikin piramid dan knp indo kuno yg bisa bikin borobudur?



Dr pertanyaan diskusi TS jd agak tancu, ini mau bahas kenapa militer AS kuat apa banya: kenapa negara AS hebat? Krn itu 2 hal yg punya jawaban berbeda.

Klo pertanyaan pertama ya sbnrnya inti jawabannya jelas:
1. Landasan hukum penguatan militer mereka jelas
2. Ada anggaran yg sangat besar utnuk mendukung sesuai point nmr 1

Kalo pertanyaan kedua, kayanya keluar dr ranah diskusi militer
kalo jawaban dari saya singkat aja, karena mamarika adalah negara "adikuasa"
uni soviet satu2nya negara yg bisa nyaingi aja udah pecah. jadi emang cuma mamarika yg bisa
emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Balasan post ghostavic
boleh minta sumber gan soal freedom itu... ane baru tahu
kalau mau negara damai maka bersiap-siaplah untuk perang, itu pepatah lama...

karena A.S sebagai faktor utama pihak pemenang PD II dan pemenang era Cold War maka pemerintah A.S ada dorongan untuk jadi polisi Dunia...

cukup banyak faktor sih...

yang pasti mereka kuat militer karena mereka juga di sokong sama riset teknologi... dan jaringan informasi
hmm lumayan
Simple aja jawabannya, karena ekonomi Amerika adalah yang terkuat dan dollar Amerika jadi mata uang dunia.

Ekonomi amerika jadi yang terkuat adalah hasil perjalanan bangsa tersebut selama puluhan tahun dimana ekonomi nya terus berkembang dan tidak terhalang perang termasuk perang dunia 1 dan 2, ditunjang sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Berkat ekonomi yang terkuat dan pembangunan SDA selama sekian lama, maka Amerika punya akumulasi teknologi yang tertinggi.

Berkat kemenangannya di PD 2 dan kekuatan ekonominya yang terbesar setelah PD 2 maka Dollar Amerika berhasil menjadi mata uang dunia.
Berkat mata uang dollar yg menjadi mata uang dunia, maka Amerika bisa menjalankan anggaran negara yang defisit gila2 an tanpa harus menderita inflasi yang tinggi, itu kenapa mereka bisa belanja militer gila-gilaan yang ga bisa di samai negara lain.

Tapi Amerika sedang menghadapi tantangan besar yang belum pernah dialami dalam sejarah mereka, yaitu kebangkitan China. Kekuatan ekonomi China bisa meruntuhkan dominasi US Dollar sehingga US dapat kehilangan privilege yg ane sebut diatas.

Ekonomi China akan segera menyusul ekonomi Amerika tahun 2025, bahkan secara PPP sudah mengalahkan Amerika.
Teknologi China akan segera menyusul (beberapa sudah mengalahkan) teknologi Amerika
Militer China jika dibiarkan bisa menyamai militer Amerika pd tahun 2030.

Saat ini anggaran militer China memang hanya 1/3 anggaran militer Amerika, tapi jangan lupa: harga peralatan perang Chna serta perawatannya mungkin cuman 1/2 dari biaya yg Amerika harus tanggung, disamping China tidak punya beban pangkalan2 milliter di seluruh dunia yg harus dibiayai seperti halnya yang ditanggung Amerika; dan anggaran militer China akan terus berkembang seiring dng pertumbuhan ekonominya yg diatas Amerika. Kapa induk amerika yg sekarang 12 biji tahun 2030 mungkin tinggal 8 biji krn sebagian pensiun, sementara pd tahun tsb kemungkinan China punya 6 kapal induk bahkan lebih.
Quote:


This statement is way overconfidence alias ngawur.
Kekuatan ekonomi Cinak tidak akan meruntuhkan dominasi US Dollar.
Karena RMB SAMPAI SAAT INI MASIH DI PEG terhadap US Dollar.
Logikanya: Ente boncengan satu motor lari kenceng, Dollar yang bawa motor dibonceng Yuan. Kalau Yuan nabok kepala si Dollar sampe teler memangnya si Yuan juga selamat? emoticon-Smilie

Quote:

Ini terjadi kalau militer dan tehnologi terapan Amerika cuma jongkok lagi boker gan. Alias diem ditempat.

Quote:


Benar secara statistik ekonomi Cinak memang telah melampaui Amerika dalam pertumbuhannya. Tetapi bukan berarti pemerataan penerimaan ekonomi sudah berjalan di Cung Kuo. Demikian juga militernya, bahwa peralatan canggih PLA masih belum nampak ditempatkan secara merata di setiap pasukannya.

Lagipula ente terlalu mengagungkan Purchasing Power Parity yang sebenarnya secara ekonomerika bukanlah suatu indikator yang tepat dalam melihat kualitas ekonomi suatu negara. Kelemahan PPP itu terletak pada;

1. Transport costs.
2. Govt sales Tax (VAT)
3. Govt Intervention in Import Tariffs yang terakhir ini yang dilakukan POTUS Donald J Trump sehingga Cinak bertekuk lutut pasang bendera putih.

Oh mengenai tehnologi kapal induk Cinak,
sampai saat ini belum BELUM ADA YANG BERTENAGA NUKLIR.
Semua masih berasap emoticon-Smilie

Mudah mudahan membantu.
Lihat 4 balasan
Balasan post TheTick
Ente klonengannya si TS ya.. sama2 muja amerika secara ga realistis emoticon-Smilie

Quote:


Belajar dulu yg bener sebelum ngoceh.

China sudah tidak peg yuan thd USD lagi ... gogling sendiri sana; belum lama China depresiasi Yuan thd USD krn perang dagang tujuannya supaya barang2 nya lebih murah. emoticon-Ngakak (S)

Sekalipun di peg pun juga tidak berarti dollar Amerika ga bisa runtuh. Kalau China mengalihkan cadangan devisa nya yg berdenominasi USD ke mata uang lain maka otomatis peg nya lepas, maka nilai USD bisa jatuh dipasaran; apalagi kalau tindakan ini diikuti oleh Rusia, dan disusul oleh negara2 lain yg mengalihkan sebagian cadangan devisa nya dari USD ke yuan maka semakin besar kemungkinan USD runtuh sebagai denominasi cadangan devisa negara2 dunia.

Quote:


Ente ngomong ga berdasarkan fakta yang aktual. Saat ini China larinya lebih kencang dari Amerika, sehingga gap teknologi antar mereka semakin mengecil.
China’s military closing technology gap with the US, says American air force chief
https://www.scmp.com/news/china/dipl...us-forces-says

bahkan beberapa Amerika sudah dilampaui,

Work: U.S. at Risk of Losing Military Technology Edge to China in Two Years
https://news.usni.org/2018/06/21/wor...hina-two-years

contohnya: Rail Gun. Kalau larinya lebih kencang, ya suatu saat akan dilampaui.


Quote:


Pemerataan ga ada hubungannya dng kekuatan ekonomi yg sedang gw bicarakan. Even amerika dan china juga sama2 sangat tidak merata ekonominya.

Sepertinya ente ga ngerti apa itu PPP dan dampaknya ya?

Gini loh ... : Katakan GDP China baru 2/3 nya GDP nya US; katakan anggaran militer china cuman 1/3 nya anggaran militer Amerika.

Tapi: harga destroyer made in China cuman 1/2 harga destroyer made in USA, harga J-20 cuman 1/2 harga F-22, harga kapal selam made in china cuman 1/3 harga kasel made in Amerika, dan harga lain2 nya cuman 1/3 sd 1/2 dari harga Amerika. Gaji researcher di China cuman 1/3 gaji researcher di US, gaji tentara china cuman 1/3 bahkan 1/4 gaji tentara US.

Artinya: belanja militer China dll secara PPP ga terlampau jauh dng Amerika! Gitu loh artinya PPP. emoticon-Embarrassment

Nah secara PPP GDP China sudah mengalahkan Amerika; secara nominal diramalkan GDP China akan mengalahkan Amerika sebelum 2030. Hal ini sangat beralasan, krn pertumbuhan ekonomi China 6.7% yg 2x lipat lebih besar dari Amerika yg cuman 3% an.

Kalau GDP nominal China sudah mengalahkan Amerika, maka budget militer China juga tidak tertutup kemungkinan menyamai bahkan mengalahkan budget militer Amerika ... dengan harga2 barang militer made in china dan gaji tentara china yg lebih murah, dimana china ga perlu spend money utk belasan pangkalan2 militer diseluruh dunia.


Quote:


Saat ini masih berasap? well OK.

Tapi kita bicara masa depan yaitu tahun 2030 kan?

Ente tau ga China berencana punya 6 kapal induk (tdk tertutup kemungkinan lebih), dinama kapal induk generasi ke 3 nya akan bertenaga nuklir? Dan semuanya akan menggunakan EMALs? (liaoning dan CV17 kemungkinan hanya utk training).

Diubah oleh anis.sandi1
Balasan post Sassan
Biasakan menyebut nama negara lain dengan benar, kamu tersinggung gak kalau dipanggil orang luar pakai panggilan Indon

Beri respek pada siapapun
Bahkan kalau itu lawan, beri respek yang pantas
Respek itu di dapat bukan hadiah
sekarang ada china yang mulai mengantikan posisi rusia

gimanapun militer mengikuti kekuatan ekonomi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di