alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2c048e7414f563a115dc6f/serba-serbi-pertama-dari-semua-presiden-republik-indonesia

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

Seperti yang kita tahu, Presiden merupakan suatu jabatan yang bisa dibilang menjadi yang tertinggi di suatu negara republik seperti Indonesia ini. Biasanya, presiden di Indonesia dipilih 5 tahun sekali sesuai dengan apa yang telah disampaikan di Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 7.

Nah, ngomong-ngomong soal Presiden Indonesia, tanpa banyak cingcong lagi, saya mau kasih tahu serba-serbi pertama dari semua Presiden Indonesia yang pernah menjabat maupun yang sekarang. Sebagai tambahan saja, thread ini saya buat karena keresahan saya akan suasana politik di Indonesia yang kian hari kian panas saja. Toh daripada saya ikut-ikutan ngeributin capres-cawapres yang bakalan berlaga di Pemilu nanti, mending saya bikin thread ini aja, toh lebih berguna juga kan ? Iya gak ? Hehehe.

Yap, tanpa berlama-lama lagi, mending langsung saja deh simak ulasannya berikut ini.

1. Soekarno

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama
  2. Presiden Indonesia pertama yang lahir di Jawa Timur
  3. Presiden Indonesia pertama yang berasal dari kalangan sipil
  4. Presiden Indonesia pertama yang punya gelar Sarjana (Teknik Sipil TH Bandung (sekarang ITB))
  5. Presiden Indonesia pertama yang menjadi presiden untuk pertama kalinya di usia 40-an (beliau dilantik saat berusia 44 tahun)
  6. Presiden Indonesia pertama yang menjabat lebih dari 20 tahun (1945-1967)
  7. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang pernah dilantik sebagai 'Presiden Seumur Hidup'
  8. Presiden Indonesia pertama yang menjadi cover majalah Time pada tahun 1946
  9. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang pernah memiliki Perdana Menteri
  10. Presiden Indonesia pertama yang menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu)
  11. Presiden Indonesia pertama yang mengeluarkan sebuah dekrit presiden
  12. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang pernah merangkap suatu jabatan (sebagai Perdana Menteri pada tahun 1959-1966)
  13. Presiden Indonesia pertama yang memberi perintah pencaplokan suatu wilayah (Irian Barat) dan akhirnya berhasil berkat campur tangan PBB dengan mempertemukan kedua belah pihak (Indonesia dan Belanda)
  14. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang memberi pernyataan soal keluarnya Indonesia dari keanggotaan PBB
  15. Presiden Indonesia pertama yang dimakzulkan oleh MPR (saat itu namanya masih MPRS)
  16. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang anaknya juga menjadi Presiden di masa depan (Megawati Soekarnoputri)
  17. Presiden Indonesia pertama yang punya masa pasca-kepresidenan kurang dari 5 tahun (1967-1970)
  18. Presiden Indonesia pertama yang wafat di usia 60-an (beliau wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di usia 69 tahun)
  19. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional
  20. Presiden Indonesia pertama yang namanya diabadikan sebagai nama landmark (Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Gelora Bung Karno)

2. Soeharto

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama yang lahir di Yogyakarta
  2. Presiden Indonesia pertama yang tidak mengenyam pendidikan tinggi (beliau hanya sampai SMP)
  3. Presiden Indonesia pertama yang berlatar belakang militer
  4. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang berpangkat Jenderal Besar
  5. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang menjabat lebih dari 30 tahun (1967-1998)
  6. Presiden Indonesia pertama yang dilantik oleh MPR
  7. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang pernah menjabat sebagai Panglima ABRI (sekarang Panglima TNI)
  8. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai menteri (Menhankam pada tahun 1966-1973)
  9. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang merangkap lebih dari satu jabatan saat menjadi presiden (merangkap sebagai Menhankam (1967-1973) dan Panglima ABRI (1968-1973))
  10. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang sempat menjabat sebagai Pejabat Presiden (1967-1968)
  11. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang menjabat hingga 7 periode kepresidenan (1968-1973, 1973-1978, 1978-1983, 1983-1988, 1988-1993, 1993-1998 dan 1998)
  12. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang pernah membawahi 6 orang Wakil Presiden (untuk lebih jelasnya lihat di sini)
  13. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang menunjuk Sultan Yogyakarta sebagai Wakil Presiden (Sri Sultan Hamengkubuwono IX (menjabat dari tahun 1973-1978))
  14. Presiden Indonesia pertama yang menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat (RIchard Nixon) ke Jakarta pada tahun 1969
  15. Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi tanah Papua saat menjadi presiden pada tahun 1969
  16. Presiden Indonesia pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya
  17. Presiden Indonesia pertama yang wafat di usia 80-an (beliau wafat pada tanggal 27 Januari 2008 di usia 86 tahun)

3. Bacharudin Jusuf Habibie

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama di era Reformasi
  2. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang lahir di luar Pulau Jawa (lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan)
  3. Presiden Indonesia pertama yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden
  4. Presiden Indonesia pertama yang menjadi presiden untuk pertama kalinya di usia 60-an (beliau dilantik saat berusia 61 tahun)
  5. Presiden Indonesia pengganti pertama (beliau menggantikan Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998)
  6. Presiden Indonesia pertama yang punya gelar Doktor (Doktor Ingineur Studi Penerbangan RWTH Aachen, Jerman)
  7. Presiden Indonesia pertama yang masa jabatannya kurang dari 5 tahun (hanya 517 hari)
  8. Presiden Indonesia pertama yang menolak untuk mencalonkan kembali sebagai presiden
  9. Presiden Indonesia pertama yang pernah melepaskan sebagian kecil wilayah Indonesia (Provinsi Timor Timur pada tahun 1999)
  10. Presiden Indonesia pertama dengan masa pasca-kepresidenan lebih dari 19 tahun (1999-sekarang)

4. K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama di abad ke-21
  2. Presiden Indonesia pertama berlatar belakang santri
  3. Presiden Indonesia pertama yang punya gelar kiai
  4. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjadi anggota DPR (beliau pernah terpilih menjadi anggota DPR dari Golkar pada tahun 1987)
  5. Presiden Indonesia pertama yang terpilih secara demokratis (terpilih via voting yang dilakukan oleh MPR pada saat itu)
  6. Presiden Indonesia pertama yang dilantik pada tanggal 20 Oktober
  7. Presiden Indonesia pertama yang menjadi presiden untuk pertama kalinya di usia 50-an (beliau dilantik saat berusia 59 tahun)
  8. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai pimpinan ormas (Nahdlatul Ulama)
  9. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjadi pimpinan tertinggi sebuah partai Islam (Ketua Dewan Penasihat Partai Kebangkitan Bangsa)
  10. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang didampingi oleh wakil presiden wanita selama menjabat (Megawati Soekarnoputri)
  11. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang digantikan oleh presiden wanita
  12. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang tidak menyelenggarakan Pemilu

5. Megawati Soekarnoputri

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia wanita pertama (sebelumnya juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia wanita pertama)
  2. Presiden Indonesia pertama yang lahir setelah Indonesia merdeka (beliau lahir pada tanggal 23 Januari 1947)
  3. Presiden Indonesia pertama yang sebelumnya juga sempat menjadi anak presiden (beliau merupakan anak kedua dari Presiden Soekarno)
  4. Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Korea Utara pada Maret 2002 (sempat bertemu dengan Pemimpin Korea Utara saat itu, Kim Jong-il)
  5. Presiden Indonesia pertama yang kalah dalam sebuah pemilihan presiden (Pilpres) secara langsung baik itu oleh MPR maupun oleh rakyat (kalah di Pilpres 1999 oleh MPR, lalu Pilpres 2004 dan 2009 oleh rakyat)
  6. Presiden Indonesia pertama yang menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung oleh rakyat
  7. Petahana pertama yang kalah dalam pemilihan presiden (Pilpres 2004)
  8. Presiden Indonesia pertama yang sempat menjabat sebagai ketua umum partai sebelum jadi presiden (PDI dan PDI Perjuangan)
  9. Presiden Indonesia pertama yang masih menjabat sebagai ketua umum suatu partai meskipun sudah lengser dari kursi kepresidenan (PDI Perjuangan)
  10. Presiden Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang punya Bapak Negara yaitu Taufiq Kiemas (suaminya)

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama yang terpilih melalui pemilihan presiden secara langsung oleh rakyat (tahun 2004)
  2. Presiden Indonesia pertama yang menggantikan presiden wanita (Megawati Soekarnoputri)
  3. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator (Menkopolkam pada tahun 2000-2004)
  4. Presiden Indonesia pertama yang terpilih kembali menjadi presiden pada pemilihan presiden berikutnya (tahun 2009)
  5. Presiden Indonesia pertama pasca-Orde Baru yang menjabat selama 2 periode (10 tahun)
  6. Presiden Indonesia pertama yang terpilih menjadi ketua umum sebuah partai saat menjabat sebagai presiden (menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada tanggal 30 Maret 2013)
  7. Presiden Indonesia pertama yang punya panggilan berupa inisial nama lengkapnya (SBY)

7. Joko Widodo

Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia

  1. Presiden Indonesia pertama yang lahir di Jawa Tengah
  2. Presiden Indonesia pertama yang pernah menjadi kepala daerah (Walikota Surakarta (2005-2012) dan Gubernur DKI Jakarta (2012-2014))
  3. Presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari elit politik maupun elit militer
  4. Presiden Indonesia pertama yang wakil presidennya pernah memerintah di era sebelumnya (Jusuf Kalla pernah menjadi wakil presiden pada tahun 2004-2009 di masa pemerintahan SBY)

Penutup

Nah, itulah serba-serbi pertama dari semua Presiden Indonesia yang pernah menjabat maupun yang sekarang. Jika ada yang keliru atau ada yang kurang dari pembahasan di atas, silahkan tinggalkan uneg-uneg kalian di kolom komentar. OK, cukup sekian dan terima kasih.

GIF
Polling
1 Suara
Menurut kalian, apakah thread ini bermanfaat buat kalian ? 
Diubah oleh tim2one
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Rinci sekali info nya Gan...
Lihat 1 balasan
Balasan post vickymalmsteenz
Quote:


Yap, memang harus rinci infonya, hehehe
wowo jangan jadi presiden deh.. ntar jadi presiden pertama tanpa ibu negara emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
OK sih, tp banyak yg maksa emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post xneakerz
Quote:


Hehehe bener jg yah
soekarno kurang yg paling penting dan oke gan, presiden pertama yg punya banyak istri gan yeaaah..

idola ane nih..

sebagai tambahannya, bersrti penggantinya suharto adalah presiden pertama yg istrinya cuma 1..

koreksi, sby bukan presiden oeetama yg terpilih kembali, suharto udah berkali2 malah.. (walaupun ga secara lansung dan pemilunya rada abal2)

mgkn bisa dikoreksi menjadi terpilih kembali dengan cara pemilihan secara lansung..
Diubah oleh red23rd
Lihat 1 balasan
Balasan post red23rd
Quote:


Wow, kalo masalah rumah tangga, ane gk mau ikut2an ah, hahaha
Balasan post gloria12
Quote:


Wow, bisa jadi rekor baru tuh sis klo beliau kepilih, hehehe
Loh bukannya semua gelar pertama di pegang si kowih? Negara ini bukannya baru ada sejak tahun 2014? emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Quote:


gan, perjuangan pahlawan jgn dianggap angin lalu..
.
mereka susah payah mempertaruhkan nyawa utk melawan penjajah..
Quote:


Tetep aja 70 tahun yg sia2..

Presiden sebelumnya ngapain aja? emoticon-Mad
Balasan post filusufkacang
Quote:


Wow, sungguh sindiran yang lumayan kerad gan
pesinden wowok kok gk ada gan, padahal fotonya ada di kantor m.topik
Lihat 1 balasan
Joko Widodo

c.Presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari elit politik maupun elit militer


Yakin??
Ga ada satupun capres yg bukan elit politik karena dalam peraturan seorang capres harus melalui partai politik, tidak bisa independen.
Lihat 1 balasan
Balasan post red23rd
Quote:


Ngomong2 soal SBY yg kepilih kembali, udh ane tambahin keterangan "....terpilih kembali menjadi presiden pada pemilihan presiden berikutnya (tahun 2009)"

FYI, Pak Harto bisa kepilih terus karena dulu MPR isinya Golkar semua gan, hehehe
Balasan post samudra6969
Quote:


Maksud elit di sini ialah petinggi parpol maupun petinggi militer. Lagipula, Pak Jokowi itu kan statusnya cm kader PDIP aja, bukan petinggi PDIP
Balasan post lawaklub
Quote:


Pak Wowo coming soon aja kalo nanti kepilih, hehehe
Quote:


iya gan, tp kan golkarnya menang pake pemilu juga (walaupun err abal2 dan akhirnya pak harto selalu jd calon tunggal), baru kemudian wakil rakyat terpilih yg mengadakan voting utk memilih presiden, sama kaya gitu sampai wkt gusdur terpilih..

namanya pemilihan presiden tidak lansung...
Diubah oleh red23rd
Lihat 1 balasan
Balasan post red23rd
Quote:


Iya sih, pilpres era orde baru itu sebenernya cuma formalitas aja kalo menurut ane, toh pemenangnya juga udah ketebak juga pasti, hehehe
Serba-Serbi Pertama dari Semua Presiden Republik Indonesia
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di