alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Indihome tidak bisa multiple VPN ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c1218e5f4d695396473c046/indihome-tidak-bisa-multiple-vpn

Indihome tidak bisa multiple VPN ?

Misi,

Saya setup 1 koneksi VPN di 3 unit laptop ber Windows 10 (L2TP/IPsec with PSK) dengan internet Indhome Netizen 2.
Tapi ketika laptop pertama sudah tersambung, maka leptop kedua & ketiga tidak bisa tersambung.
Bila laptop pertama di matikan koneksi VPN nya, makan leptop kedua baru bisa tersambung dengan laptop ketiga tidak bisa.
Dan seterusnya, hanya bisa jalan 1 koneksi aktif dalam 1 waktu.

(Konfigurasi VPN sudah benar, di modem VPN Passthrough sudah Aktif)

Akan muncul warning :
The L2TP connection attempt failed because the security layer encountered a processing error during initial negotiations with the remote computer.

Jadi apakah memang dari indihome ini tidak bisa ada 2 atau lebih koneksi L2TP bersamaan ?
Diubah oleh frozenark
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
vpn nya allow multi login? biasanya kan bisa di set 1 profile akun vpn cuma 1 login aktif saja
Coba ditelusuri lebih jauh dimanakah letak permasalahannya mengenai soal ini.

Berdasarkan penjelasan agan, maka saya asumsikan ketiga laptop tersebut berada pada posisi behind NAT (dibelakang routernya Indihome), dimana 3 alamat ip private dari ketiga laptop tersebut ditranslasikan ke 1 alamat ip public.

Sebut saja laptop A sudah berhasil terhubung dengan VPN L2TP, entah server l2tp jenis apa yang digunakan agan tidak sebutkan. Maka ini bisa diasumsikan kalau tidak ada masalah dengan settingan router Indihomenya. Settingan vpn passthrough di router berfungsi baik.

Begitupula dengan outgoing port juga nggak diblokir oleh Indihome. (Soalnya kalau ONT Indihome dapat IP NAT, biasanya outgoing ke port 22, 1723, 4500 kena blokir).

Nah soal laptop B & C yang nggak bisa terkoneksi ke VPN L2TP setelah laptop A bisa terhubung, kemungkinan masalahnya terjadi pada server VPN nya. Entah itu soal konfigurasi ataupun limitasi dari aplikasi vpn server yang digunakan. Soal ini bisa ditelusuri error log apa yang muncul di server vpnnya.

Ini contoh aja yang terjadi di server vpn yang menggunakan openswan, strongswan, dan aplikasi vpn l2tp lainnya yang menggunakan core/library sejenis. Ketika lebih ada client lain dibelakang NAT yang juga mencoba terhubung ke server VPN L2TP, maka:

Spoiler for "strongswan":


Tetapi ketika laptop B dicoba dikoneksikan ke server vpn l2tp lainnya, ternyata bisa terhubung tanpa masalah. Jadi bisa diasumsikan kalau sebenarnya masalahnya terjadi di server vpn l2tpnya, dimana tidak bisa lebih dari 1 client dengan ip public yang sama bisa terkoneksi pada vpn tersebut.

Kalau saya telusuri lebih jauh dan coba cari-cari info soal error log di servernya, memang ini soal limitasi dari server l2tp nya (dalam hal ini openswan dan termasuk hal yang sama terjadi di strongswan).

Jadi solusi lain soal ini adalah:
  • Menggunakan jenis protokol vpn lainnya (misal OpenVPN, SSL VPN, SSTP)
  • Tetap menggunakan VPN L2TP untuk semua client.
    Hanya saja masing-masing client terkoneksi ke server L2TP yang berlainan.
  • Tetap menggunakan VPN L2TP untuk semua client dengan hanya 1 server L2TP
    Hanya saja disini server L2TP nya perlu disetiing untuk listen di beberapa ip address sekaligus (1 server vpn dengan multiple ip address listen di port yang sama).

Saya seh pake openVPN trus server VPNnya pake indihome ga ada masalah gan. Login lebih dari 10 client dengan user berbeda. Ada multiple user yang login dari 1 alamat ip juga ga masalah
VPNnya mungkin gan, gak boleh multi login


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di