alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tanggapi Gaya Ceramah Habib Bahar Bin Smith, TGB : Jangan Mengumpat kepada Pemimpin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a6528ded770fd7d8b4568/tanggapi-gaya-ceramah-habib-bahar-bin-smith-tgb--jangan-mengumpat-kepada-pemimpin

Tanggapi Gaya Ceramah Habib Bahar Bin Smith, TGB : Jangan Mengumpat kepada Pemimpin

TRIBUNNEWS.COM - Penceramah Habib Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka kasus video ceramahnya terhadap Presiden RI, Jokowi yang diduga mengandung ujaran kebencian.

Bareskrim Polri telah menetapkan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka terkait kasus dugaan diskriminasi ras dan etnis.

Penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik memeriksa Habib Bahar bin Smithpada Kamis (6/11/2018).

Gaya ceramah Habib Bahar bin Smithmemang dikenal cukup berapi-api ketika berada di depan jamaahnya.

Habib Bahar bin Smith pun dilaporkan terkait video ceramahnya saat peringatan Maulid Nabi di Palembang, Sumatera Selatan, pada 8 Januari 2017 yang viral di media sosial.

Menanggapi hal itu, mantan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) pun tak sependapat dengan gaya ceramah Habib Bahar bin Smith.

TGB menjelaskan, memang sebuah kewajiban bagi umat muslim untuk memberikan nasihat satu sama lain, termasuk dari rakyat kepada pemimpin.

"Cuma masalahnya bagaimana cara kita bernasihat, apakah bernasihat dengan mengumpat di podium itu cara yang diberikan tuntunanya oleh Rasulullah SAW? saya pikir tak seperti itu," katanya dikutip dari Tribunnews.com.

TGB menganggap bernasihat harus dengan cara yang baik.

Tak hanya substansinya yang baik, namun caranya juga harus baik.

"Kalau menyampaikan sesuatu dengan cara yang tidak tepat itu bisa kontraproduktif, bisa timbul fitnah dan bisa timbul pergunjingan," ucapnya.

Ia menyarankan sebagai tokoh umat, seharusnya berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan keadiban Islam yang baik di ruang publik, termasuk pola interaksinya.

"Jauhkan dari menghujat, mengumpat apalagi sesama anak bangsa termasuk kepada pemimpin. Keadaban Islam itu mengharuskan kita menyampaikan nasihat dengan cara yang baik bukan dengan menghujat," kata TGB.

Seperti diketahui, Video ceramah Bahar dilaporkan oleh ormas Cyber Indonesia dengan sangkaan mengandung ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Habib Bahar bin Smith belum dilakukan penahanan. Penyidik sebelumnya hanya meminta Imigrasi melakukan pencegahan bepergian ke luar negeri.

Syahar menjelaskan, penyidik menilai Habib Bahar bin Smith masih kooperatif dalam proses penyidikan sehingga tidak ditahan.

“Tersangka diyakini tidak melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, dan tidak akan mengulangi perbuatannya,” tutur Syahar.

Bahar dijerat dengan sangkaan berlapis, yaitu Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 207 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.



http://bogor.tribunnews.com/2018/12/...PLm6sj8OnpX1f7

Ntaapz mana suaramuemoticon-Big Grin
Diubah oleh albetbengal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Nasbung pura2 lupa sm tokoh ini, setelah sekian lm dielu2 kan sbgai hafidz,sholeh,dan termasuk kndidat kuat calon pmimpin yg islami emoticon-Traveller

Diubah oleh Ady Dirnt
"Jauhkan dari menghujat, mengumpat apalagi sesama anak
bangsa termasuk kepada pemimpin. Keadaban Islam itu
mengharuskan kita menyampaikan nasihat dengan cara yang
baik bukan dengan menghujat," kata TGB.
emoticon-Leh Uga


emang udah ciri khasnya yang emang brutalemoticon-Leh Uga
berasa masuk di tridnya si NTAPZZZ emoticon-Leh Uga
nah ada juga yg sopan.
mengharumkan agama kepercayaannya.
emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
Saran yang baik
Ya tanpa seorang TGB menilai pun..masyarakat yang waras n otaknya masih clear..pasti sudah bisa menilai secara yakin seyakin nya bahwa model ceramah semit bukan ceramah seorang ulama,..tapi ceramah tongkrongan sehabis pesta arak + rica rica.emoticon-Traveller
ya memang betul. kritik itu ada adabnya
Semoga dpt yg bih baik emoticon-Big Grin
ulamantapzzz emoticon-Wowcantik
Diubah oleh unwell
ngumpat atau.ngumpet
Ntapzzz

Ntapzzz bagaimana pendapatmu....emoticon-Big Grin

Benar

Bagus spt TGB dia mengkritik Bahar akan kekeliruan nya . Lain dgn yg satu lagi terlihat segan andai teman nya berbuat salah diam & malah terlihat spt memaklumi ???? Tiada Bahar tidak seru ??? Ucapan apa spt ituuu ???

Tahukah nt nenek moyang anjing neraka di zaman rasul kenapa dia bisa di vonis nabi saw sbg anjing neraka ??? Dia tidak beradab . Dia bentak / hardik rasul di depan umum untuk bertaqwa & bersikap adil yg membuat sahabat murka ingin di bunuh melihat kekurangan ajaran nya TAPI di larang rasul . Dari manusia tdk beradab itulah tercetus ucapan rasul yg terkenal sepanjang masa ttg seseorang / kaum yg membaca Quran tapi tdk melewati tenggorokan nya . Membaca TAPI tdk mengerti / di resapi / di ambil hikmah / pelajaran nya . Spt orang menghafal tapi tdk mengerti apa yg di hafal kan .

Mungkin si anjing neraka itu lah nenek moyang si Bahar . Siapapun muslim bergaya spt Bahar ingat lah kisah adab buruk anjing neraka yg membuat rasul murka . Mau kah nt masuk gol anjing neraka ???
Diubah oleh zonda3
Pemimpin yg msh memimpin dan jadi dr hsl pemilihan oleh rakyat itu semua atas ridho Alloh. Jd siapapun yg menghujat berarti menghujat Alloh. Mrk2 itu kafir. Ngga ber Tuhan. Agama cuma kedok buat meraih duniawi terutama duit dan wanita.
TGB,
dari dulu memang mantab bpk ini. 👍
yahhh yang ini udah ga diaku lagi sama nasbung....

Padahal Dulu ???

ada berapa ID yg gila gilaan bela...
selama yang jadi pemimpin itu bukan imam imigran arab, gaya bahasa imam-imam kecil dibawahnya memang begitu. kan mereka sesama imigran arab juga. kita deportasi saja semua dari mereka. kirim balik ke yemen.
Barangsiapa yang menghina pemimpin di muka bumi, niscaya Allah akan menghinakannya


Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata mensifati sebagian jenis khawarij: “Dan kaum Al-Qa’adiyyah yaitu kelompok yang melicinkan pemberontakan terhadap pemerintah sekalipun tidak langsung membrontak”.

Bahkan, kadang-kadang orang yang mengompori untuk berontak lebih jelek daripada yang langsung memberontak sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud dalam Masail Ahmad hal. 271 dar Abdullah bin Muhammad berkata: “Khawarij jenis Al-Qa’adiyyah adalah sejelek-jeleknya kelompok khawarij!”.




Baca selengkapnya https://muslim.or.id/28366-mencela-pemimpin-ciri-khas-kelompok-khawarij.html
apa yg keluar dr mulut si dedemit sebenarnya gambaran dia sendiri.
referensi ceramahnya dr curhatan hati yg terdalam.
Diubah oleh entecavir
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di