alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Kala Sandiaga Reproduksi Ulang Program OK OCE untuk Kiai, Janji Manis?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a5ce1e0522724468b4567/kala-sandiaga-reproduksi-ulang-program-ok-oce-untuk-kiai-janji-manis

Kala Sandiaga Reproduksi Ulang Program OK OCE untuk Kiai, Janji Manis?

Kala Sandiaga Reproduksi Ulang Program OK OCE untuk Kiai, Janji Manis?

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno kembali menebar janji-janji manis. Di hadapan para kiai, dia menjanjikan pusat pelatihan wirausaha bagi para kiai dalam program One Kiai for One Center Enterpreneurship (OKE OCE).

Hal ini disampaikan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dalam acara bertajuk Curhat Kiai Kampung kepada Bang Sandi yang digelar di Hotel Syariah Radho, Kota Malang, Kamis (6/12).

Program di atas diakui Sandiaga merupakan adopsi dari sistem OK OCE di Jakarta yang mendorong setiap kecamatan memiliki satu unit usaha. Program terbaru dari Sandiaga Uno ada satu kampung satu tempat usaha. Bahkan ia menyiapkan terobosan baru satu kiai satu unit usaha.

Sebelum kita mempercayai janji tersebut, sebaiknya kita melihat perkembangan dari OK OCE yang diterapkannya di Jakarta terlebih dahulu.

Masalahnya, Program OK OCE Anies-Sandi di Jakarta ternyata gagal total mencapai target. Kegagalan ini tercermin dari beberapa program yang tidak dapat mencapai target awal, diantaranya dari 54 ribu warga yang sudah mendaftar OKE OCE, hanya sedikit yang berhasil hingga mendirikan izin usaha atau sekitar 3,31%.

Selanjutnya, dari 44 target pembangunan OK OCE Mart hanya dibangun 7 gerai, bahkan terdapat satu gerai yang ditutup karena tidak sanggup membayar sewa.

Kemudian, program lainnya seperti Program OK Otrip yang diubah menjadi Jak Lingko juga dinilai tidak dapat memenuhi target penumpang. Sementara pengadaan rumah DP Rp 0 juga tidak dinikmati warga miskin karena cicilan yang sangat tinggi dan pengendalian banjir juga mandek.

Nah, bila di Jakarta saja sudah terbukti gagal, mengapa Sandi akan mereproduksi ulang program tersebut? Program OKE OCE sepertinya hanya dijadikan iming-iming untuk merebut simpati dan dukungan dari kalangan guru ngaji dan kiai yang selama ini cenderung mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Janji kampanye Sandi untuk menyejahterakan guru ngaji dan kiai dengan mendirikan pusat pelatihan wirausaha melalui Program One Kyai for One Center Enterpreneurship (OKE OCE) itu kemungkinan besar juga akan sama hasilnya dengan program sebelumnya, yaitu GAGAL atau dengan kata lain tidak dapat direalisasikan.

Dalam konteks ini, Sandi hanya pandai dalam teori dan konsep program, namun tidak mampu merealisasikannya. Jakarta adalah saksi bisu kegagalannya mengelola harapan warga.

Tentunya, program-program tersebut tidak dapat direalisasikan karena hanya asal dalam membuat konsep dengan tema bahasa yang nyentrik, namun tidak ada bobotnya.

Konsep program itu juga tidak pernah dilengkapi dengan hasil survey dan penelitian terkait dengan substansi. Yang penting bisa menarik suara pemilih, dan nanti tinggal minta maaf jika gagal.

Lebih baik kita memilih pemimpin yang benar-benar berhasil mewujudkan harapan warga dengan kerja nyata. Bukti kerja itu terlihat dari realisasi, bukan permintaan maaf ataupun janji.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Okeh Ngoceh New Version

Kala Sandiaga Reproduksi Ulang Program OK OCE untuk Kiai, Janji Manis?
mantap dah


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di