alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a523d56e6af500c8b456f/sembilan-jenazah-teridentifikasi-pekerja-istaka-karya

Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya

Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya
Keluarga korban berada di dekat peti berisi jenazah korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat diserahterimakan di hanggar Avco Bandara Moses Kilangin Timika, Mimika, Papua, Jumat (7/12/2018).
Aparat keamanan berhasil mengidentifikasi sembilan dari 19 jenazah yang ditemukan pasca-penembakan massal oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Jumat (7/12/2018).

Kesembilannya merupakan pekerja proyek jembatan Trans Papua yang dikerjakan oleh PT Istaka Karya selaku kontraktor. Mengutip AntaraNews, nama-nama kesembilan jenazah yang teridentifikasi tersebut adalah Agustinus T, Jepry Simaremare, Carly Zatrino, Alpianus, Muh. Agus, Fais Syahputra, Yousafat, Aris Usi, dan Yusran.

Seluruh jenazah langsung diserahkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Polisi Martuani Sormin kepada Direktur Utama PT Istaka Karya yang selanjutnya kepada keluarga di Hanggar Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua.

Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Infanteri Dax Sianturi menyatakan sampai Jumat, pukul 12.00 WIT, aparat telah menemukan 16 warga sipil yang meninggal dunia akibat penembakan. Dax meyakini jumlah warga sipil yang menjadi korban meninggal dunia mencapai 19 orang.

Dikutip dari tempo.co, saat ini pihak Rumah Sakit Charitas Timika tengah melakukan proses otopsi terhadap tujuh jenazah lainnya. Sementara, tiga jenazah lainnya masih dalam pencarian.

Selain korban meninggal, aparat juga menemukan 24 warga sipil yang selamat dari tragedi penembakan. Tidak dijelaskan apakah warga sipil ini merupakan pekerja atau warga sekitar lokasi kejadian.

Adapun korban dari personel gabungan TNI-Polri tercatat mencapai tiga orang. Satu adalah anggota TNI bernama Serda Handoko dengan status meninggal dunia. Dua lainnya adalah anggota TNI Pratu Sugeng dan satu anggota Polri Bharata Wayu yang mengalami cedera akibat luka tembak.

Dari rilis kronologi yang dibagikan Pangdam Cenderawasih, usai membantai pekerja PT Istaka Karya di bukit Puncak Kabo, KKB kemudian melakukan penyerangan ke Pos TNI Yonif 755/Yalet di Mbua.

Dalam baku tembak itu, Serda Handoko menjadi sasaran tembak setelah dirinya membuka jendela pos untuk melakukan serangan balik.

Kelompok yang disebut bertanggung jawab adalah Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Makodap III Ndugama pimpinan Egianus Kogaya.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengirim perintah untuk mengejar dan menangkap terduga pelaku. Namun, hingga kini belum diketahui perkembangan terbaru terkait upaya pengejaran ini.

Di sisi lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan pembangunan jembatan pada Kali Yigi dan titik-titik pada proyek Trans Papua di Kabupaten Nduga akan kembali dilanjutkan pada pekan depan.

Hal ini mengikuti instruksi presiden agar pembangunan terus berlanjut meski sudah ada korban dari pekerja oleh aksi penembakan KKB.

"Kami menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya bagi keluarga korban. Mereka adalah pahlawan pembangunan Papua. Mereka sudah memberikan dedikasi yang tinggi bagi bangsa dan negara," ucap Hadi dikutip dari tempo.co (h/t AntaraNews).

Di Jakarta, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen (Purn) Kiki Syahnakri meminta pemerintah mengevaluasi kinerja intelijen di Papua.

Menurutnya, jika fungsi intelijen berjalan dengan baik, maka peristiwa penembakan puluhan pekerja proyek Trans Papua tidak akan terjadi. Apalagi, intelijen seharusnya mewaspadai adanya gerakan separatis di Papua setiap tanggal 1 Desember, sebagai peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Kami menyarankan masalah intelijen dievaluasi menyeluruh dan komprehensif karena kesannya kejadian tersebut tidak ada keterpaduan," ucap Kiki, dilansir AntaraNews.

Selain itu, Kiki juga menilai intelijen dapat mendeteksi senjata selundupan yang banyak digunakan kelompok bersenjata untuk menyerang warga sipil dan prajurit TNI-Polri.

Insiden penembakan terjadi di dua proyek jembatan yang sedang dikerjakan oleh PT Istaka Karya, tepatnya pada titik 102+525 kilometer (km) Kali Yigi dan 103+975 km Kali Aurak, Kabupaten Nduga. PT Istaka Karya mengklaim progres pembangunan jembatan sudah mencapai 70 persen.

Titik itu merupakan bagian dari proyek infrastruktur jalan Trans Papua, tepatnya Segmen 5, yang membentang sepanjang 278 kilometer. Ada 35 jembatan yang rencananya akan dibangun pada jalur tersebut.

Keseluruhan proyek tak hanya dikerjakan oleh PT Istaka Karya, melainkan dibagi dengan PT Brantas Abipraya yang mengerjakan 21 jembatan. Saat ini, Istaka Karya tengah menggarap 11 dari 14 jembatan yang dijatahkan, sementara Brantas baru mengerjakan lima dari target 21 jembatan.

Masuknya KKB berdampak besar terhadap keamanan Yigi. Distrik Yigi yang semula masuk kategori aman akhirnya menjadi zona merah atau daerah rawan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam jumpa pers Senin (3/12/2018), mengklaim pihaknya telah melakukan penyisiran keamanan sebelum proyek ini dimulai.

Persoalan pembebasan lahan pun telah diselesaikan dengan dibantu oleh Pangdam. Pihaknya pun tak menduga bakal terjadi insiden seperti ini. Aparat keamanan masih belum mengungkap motif terjadinya penembakan terhadap puluhan pekerja ini.
Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-istaka-karya

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya Polisi tidak berhenti pada Bahar bin Smith

- Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya Penjualan E-KTP dikhawatirkan disalahgunakan dalam Pemilu

- Sembilan jenazah teridentifikasi pekerja Istaka Karya Serikat Pekerja PLN ancam mogok kerja, tuntut ganti direksi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di