alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemarin Dolar AS Menguat, Darmin: Karena Petinggi Huawei Ditahan Kanada
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a44b4dbd770b75f8b4571/kemarin-dolar-as-menguat-darmin-karena-petinggi-huawei-ditahan-kanada

Kemarin Dolar AS Menguat, Darmin: Karena Petinggi Huawei Ditahan Kanada

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku heran atas naik turunnya harga rupiah. Salah satu yang dia soroti adalah pelemahan nilai Rupiah yang dipicu penangkapan putri pendiri telekomunikasi China Huawei, Meng Wanzhou kemarin.

Dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat. Sebelumnya, dolar AS melemah ke level Rp 14.200, kemarin menguat ke level Rp 14.500-an.

Mengutip data penutupan perdagangan Reuters, Jumat (7/12/2018), nilai tukar rupiah berhasil rebound dan berakhir terapresiasi 40 poin atau 0,28% di level Rp14.480 per dolar AS

Baca juga: IHSG Ditutup Naik 0,18% ke 6.126

Darmin mengaku bingung dengan respons pasar global terhadap hal ini. Apalagi respon pasar justru malah menekan nilai mata uang rupiah.

"Ya, tahu tahu melemah, ini memang dunia ini aneh sekali. Ada CFO nya Huawei ditangkap, malah goyang dunia," ungkapnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (7/12/2018).

Lebih lanjut, Darmin juga menilai keadaan pasar yang memburuk setelah ditangkapnya petinggi Huawei sangat berlebihan. "Pasar itu ada penyakitnya satu, rada suka lepas dia reaksinya, berlebihan," pungkasnya.

Meskipun begitu, Darmin yakin dengan penguatan nilai rupiah. Asalkan, pemerintah Indinesia terus menjaga kepercayaan dan iklim pasar.

"Ada tetap ada, yang penting kita tetap pelihara confidence dari market. Kita bikin kebijakan misalnya untuk ekspor apa, kita pelan pelan lah, satu per satu dipelihara iklim dan confidence nya, itu (nilai rupiah) akan menguat," ungkapnya.

Baca juga: November, Cadangan Devisa Naik US$2 Miliar

Kemarin, Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou ditangkap oleh pihak berwajib Kanada. Penangkapan tersebut didasari oleh permintaan pemerintah Amerika Serikat terkait pelanggaran yang dilakukan Huawei.

Wanzhou, yang juga adalah putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap di Vancouver pada Sabtu lalu dan terancam diekstradisi ke AS. Ia ditangkap atas permintaan AS atas dugaan pelanggaran embargo Iran yang dilakukan oleh Huawei.

Pihak pemerintah China sendiri menyebut pemerintah Kanada dan AS belum mengklarifikasi alasan penangkapan tersebut, dan menyebut pihaknya sudah memberikan bantuan hukum terhadap Wanzhou. (dna/dna)

sumber https://finance.detik.com/bursa-dan-...ditahan-kanada
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
jawabannya gitu amat -_-
Wuih..... Ditangkep krn embargo emoticon-Matabelo
kapan-kapan boleh ga salahin arab yang ga mau bantu investasi di negara kita yang katanya seumat dengan mereka, giliran ke negeri cinak sana ga tanggung2, sampe $60Milyar Dollar emoticon-Imlek emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kenapa gak sekalian salahin pangeran dipenogoro, coba dia perangnya gak pake kuda.. Tapi pake tank baja.. Pasti rupiah akan semakin perkasa!!
busyet dan US..
Huawei embargo negara lain..
US malah yg kepanasan.. emoticon-Hammer
modemnya jd lebih murah ga?
Quote:


Ya emang faktanya gitu..

Kemaren nguat juga kan bukan karna kerjaan si darmin..

Gara2 cina sama us gencatan senjata selama beberapa pekan.. emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di