alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Tips Jitu Memilih Mobil Kredit.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a3c5eb41d301de557816f/tips-jitu-memilih-mobil-kredit

Tips Jitu Memilih Mobil Kredit.

Tips Jitu Memilih Mobil Kredit.
( Foto : www. astra-daihatsu.id)


Pada umumnya saat berkunjung ke pameran automotive atau sedang jalan-jalan ke mall, bahkan ketika kita sedang di pom bensin, pasti kita akan temukan sales atau marketing dealer membagikan flyer list harga mobil terbaru berikut harga promo dan gimmick bonus lainnya. Tentunya jika sahabat membutuhkannya tentang informasi harga mobil pasti akan menyimpannya dong, hingga suatu saat membutuhkannya. 
 
Apalagi diakhir penghujung tahun ini, penyedia produsen mobil sebisa mungkin untuk menutup tahun fiskal. Pastinya mereka sedang gencar-gencarnya untuk menutupi target. Bahkan mereka berani mengiris marjin keuntungan lebih tipis, agar memenuhi target penjualan.
 
Desember adalah waktu yang tepat bagi Anda yang membutuhkan kendaraan. Sebab, lembaga pembiayaan merespon kebijakan dengan menaikkan suku bunga leasing. Kalau begini, biasanya bunga transaksi pembelian mobil naik pada awal tahun.
 
Jika bulan ini anda punya kesempatan dan target untuk membeli mobil baik kredit maupun tunai bisa dipastikan akan mendapatkan keringanan bagi konsumen. Meski jika membeli secara kredit, harus disesuaikan dengan penghasilan bulanan, agar tak terjadi kredit macet (NPL).
 
Jika sahabat memilih untuk kredit, yang dirasamemang urgen untuk menunjang aktifitas sahabatbekerja atau menjadi kebutuhan keluarga tentunya hal yang umum diketahui pastinya merk mobil yang sahabat inginkan, setelah itu bandingkan harga tersebut di masing-masing dealer. Dirasa cocok harganya dan sesuai yang kita inginkan tinggal mengatur keuangan kita. 
 
Kalau mencukupi akan lebih baik tunai karena selain harganya tidak berlipat-lipat juga tidak terkena bunga cicilan. Namun jika dirasa harus kredit maka ada cara jitu agar cicilan itu dapat terasa lebih ringan. 

Hal yang harus diperhatikan adalah:

1.     Susun Anggaran
Susun anggaran keuangan sahabat dengan tepat. Hitung pendapatan tetap yang sahabat peroleh setiap bulannya dan runut kembaii alokasikan yang selama ini wajib untuk dikeluarkan setiap bulannya. Akan lebih bagus jika membuat persentase pengeluaran serta kepentingan lainnya atau membuat mind finansial secara simple agar menjadi panduan anda dan target yang harus dipenuhi selama ini, Hingga gampang untuk dimonitor.

Jika dirasa stabil dan aman, sahabat bisa mengalokasikan dan tambahan tersebut untuk kebutuhan selanjutnya. 

2. Temukan Leasing yang Tepat
Saat ini, banyak penyedia kredit kendaraan, dengan angka cicilan dan downpayment yang bervariasi. Bandingkan leasing-leasing tersebut dengan kondisi keuangan sahabat saat ini. Sahabat bisa cari tahu di flyer yang sudah sahabat  simpan, jika masih kurang puas, tanyakan kepada teman, saudara dan keluarga, atau bisa browsing di internet. Bisa juga langsung ke kantor cabang terdekat di rumah sahabat.
 
Ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih sebuah leasing. Ilustrasi sederhannya adalah mobil dengan grade yang tinggi tentu lebih mewah dan berkelas. Itu biasanya ditentukan oleh merek mobil yang ditawarkan sebuah produsen mobil yang mendunia dan termasuk produsen kelas satu. Tentunya, harga mobil yang ditawarkan produsen tersebut menjadi relatif lebih tinggi dibandingkan mobil sejenis yang diproduksi oleh produsen lainnya.

Patokan standar untuk sahabat apabila memilih leasing, di antaranya:
 
·        Reputasi dan layanan yang mereka berikan.
·        Besaran bunga yang mereka tetapkan.
·        Kemudahan dalam memenuhi proses persyaratan pengajuan
dan juga jangka waktu proses yang mereka
butuhkan.

·        Berbagai macam biaya yang harus Anda bayarkan.
·        Kemudahan pembayaran yang mereka tawarkan.
·        Proses pengambilan BPKB, jika masa cicilan telah usai.
·        Jumlah penalti yang harus Anda bayarkan, jika sewaktu-waktu melakukan pelunasan hutang kredit di 
          awal.

Agar tidak menyesal, cermati beberapa kriteria tersebut, agar sahabat menjadi puas apa yang sahabat pilih. 


3. Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan
Saat akan membeli sebuah mobil, maka sahabat harus tahu jenis dan tipe mobil apa yang sahabatbutuhkan. Seperti apa mobil yang sesuai dengan kebutuhan? Jika sahabat adalah pria atau wanita yang masih single, maka sahabat tidak membutuhkan kendaraan yang besar atau berkapasitas tempat duduk yang banyak. Sebuah mobil model hatchback merupakan kebutuhan yang tepat dan sesuai bagi Anda. Namun jika yang sudah berkeluarga sebaliknya; membutuhkan ruang luas dan kursi yang banyak seperti minibus atau van. 

Namun perlu untuk selalu diingat, bahwa selain kebutuhan, sahabat juga harus mempertimbangkan dana yang sahabat miliki untuk membawanya pulang. Kondisi ini sangat dilematis, yang kerapkali membuat kita menjadi tergiur untuk membeli mobil berkelas, sementara isi kantong tidak memungkinkan. Karena itu, tentukan kemampuan terlebih dahulu. Buang rasa gengsi. Jangan membeli mobil hanya karena sahabat ingin terlihat keren atau berkelas, terutama jika sahabattidak memiliki kemampuan untuk mendapatkannya. Hal seperti ini hanya akan membuat sahabat mengalami sejumlah masalah dalam melunasi cicilannya, kelak dipastikan mobil sahabat akan berujung pada tindakan penyitaan.
 
Langkah selanjutnya,  setelah sesuai dengan pendanaan dan mobil yang diinginkan pas di kantong segeralah membayar uang muka (Down Payment/DP) beserta cicilannya dalam sebuah periode tertentu. Umumnya, lembaga pembiayaan mematok porsi uang muka setidaknya 10-30 persen dari harga mobil. Usahakan uang muka setidaknya 40-50%, agar cicilan menjadi ringan
[img]file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg[/img]

4. Pilihlah cicilan berjangka (tenure) panjang
Semakin panjang jangka cicilan (tenure) atau tenor yang diambil tentu saja ada lebih banyak waktu untuk menyicil, sehingga beban cicilan jadi ringan, bahkan dapat mencapai Rp. 1 jutaan, asalkan mobil yang dibeli masih di bawah Rp. 200 juta. Perlu sahabat  ketahui bahwa beberapa perusahaan pembiayaan ada yang menyediakan tenor kredit mobil sampai delapan tahun.

Tenor cicilan yang panjang dapat membantu beban cicilan agar nilainya kecil setiap bulan. Namun perlu diingat, tenor panjang berarti beban bunga pun akan ikut bertambah. Jadi, semakin lama masa kredit yang sahabat pilih, maka akan semakin besar hutang bunga yang harus sahabat bayarkan. Karena itu, ada baiknya agar tenor cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan.


Diubah oleh onlineshopper16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di