alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal OPM, BPN Singgung Pemberantasan Teroris Berlabel Islam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a0053c0d77016528b4568/soal-opm-bpn-singgung-pemberantasan-teroris-berlabel-islam

Soal OPM, BPN Singgung Pemberantasan Teroris Berlabel Islam

Soal OPM, BPN Singgung Pemberantasan Teroris Berlabel Islam

BPN Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin menilai aksi keji kelompok OPM tersebut, menunjukkan selama ini pemerintah tidak tegas memberantas kelompok separatis.

Padahal, selama ini pemerintah melalui aparat kepolisian dielu-elukan soal kesuksesan memberantas jaringan teroris, yang selalu dilabelkan dengan 'kelompok Islam'. "Kami kira pemerintah dan aparat perlu meningkatkan ketegasannya memberantas kelompok ini, seperti menindak teroris berlabel 'Islam'," tegas Direktur Pencapresan DPP PKS ini kepada wartawan, Rabu (5/12).

Alih-alih pemerintah semangat memberantas kelompok teroris berlabel 'Islam', Suhud melihat, justru kelompok separatis seperti OPM inilah yang seharusnya juga masuk dalam kategori teroris. Pengkategorisasian kelompok separatis sebagai kelompok teroris tersebut merujuk pada UU Nomor 5/2018, tentang Perubahan UU Terorisme.

Dalam UU tersebut, menurut dia, sangat jelas bahwa aksi OPM masuk kategori terorisme. Di mana aksi tersebut telah berujung kekerasan dan pembunuhan, yang menimbulkan suasana teror dan menyerang objek strategis publik, dan bermuatan politik.

"Konsekuensinya aparat dalam penindakan harus memperlakukan OPM sebagai kejahatan luar biasa, bukan sekadar aksi kriminal," terang Suhud menambahkan.

Terkait aksi kesadisan yang ditunjukkan OPM tersebut, Suhud menyebut, atas nama BPN turut prihatin dan belasungkawa kepada para korban dan keluarga korban. BPN mengharapkan pemerintah melalui aparat yang berwenang memberikan kompensasi yang layak bagi keluarga korban, dan warga di berada di kawasan tersebut saat insiden kekerasan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menyebutkan, polisi maupun militer dapat mengejar pelaku pembunuhan puluhan pekerja di Nduga, Papua. Pelaku diduga merupakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

"Ya kita kejar, namanya gerakan kriminal separatisme bersenjata, polisi maupun militer boleh kejar," ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (5/12).

Dengan begitu, Wiranto menjelaskan, para pelaku pembunuhan pekerja PT Istaka Karya akan terus dikejar, ditangkap, dan dibersihkan. Menurutnya, kejadian pembunuhan itu merupakan sesuatu kejadian yang tidak disangka-sangka.

https://m.republika.co.id/berita/nas...berlabel-islam

Masih baper dengan istilah teroris...emoticon-Mewek
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Apa Beda Terorisme dan Separatisme?

TILIK.ID, Jakarta--Setelah UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme disahkan oleh DPR, Jumat (25/5/2018), anggota DPR dari PDIP Jimmy Demianus Ijie menganggap UU tersebut setengah hati dan belum menempatkan untuk kepentingan bangsa dan negara. Menurut Jimmy, dalam UU ini pelaku terorisme masih dibela dari sisi HAM, sementara separatisme seperti di Papua justeru ditumpas habis.

"Terorisme dan separatisme itu sama, yakni sama-sama membahayakan keamanan negara. Tapi kenapa beda perlakuannya. Di Papua terkait separatisme dilibatkan intelijen dan TNI. Mereka bisa menggeledah siapa saja yang disinyalir akan melakukan tindak pidana separatisme. Tapi kenapa terorisme seperti diberikan hal istimewa, bahkan dibela soal HAM-nya," kata Jimmy.

Lebih lanjut Jimmy menegaskan, ini jelas-jelas ada orang atau sekelompok orang yang ingin mendirikan paham baru dan hanya untuk golongan tertentu yang merusak kesatuan dan persatuan, tetapi justru masih dibela mati-matian dengan menggunakan alasan HAM.

Jimmy merasakan adanya diskriminasi antara tindak pidana terorisme dan separatisme. Tindak pidana separatisme bisa diperlakukan apa saja, tapi kalau terorisme tak bisa karena alasan pelanggaran HAM.

"Kalau separatisme dilarang dengan tegas, harusnya terorisme juga sama dilarang. Tapi dengan RUU ini sekarang separatisme ditumpas habis, namun terorisme dibiarkan dengan alasan HAM," kata Jimmy lagi.

Lalu apa beda antara terorisme dan separatisme? Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian gerakan separatis di berbagai daerah di Indonesia tidak terlalu berbahaya, sebab para separatis bersenjata itu masih takut mati. Tito menilai lebih berbahaya para teroris yang tak takut lagi mati, mereka bahkan mencari kematian. Kalau perlu mereka mati kala diterjang peluru aparat.

"Kalau OPM itu masih takut mati, selama saya jadi Kapolda di sana (Papua), mereka yang ditangkap (separatis) masih takut mati. Kalau teroris ini malah berharap mati kalau ketemu kita," ujar Tito di acara dialog antar umat beragama di Kantor Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC) di Jakarta Pusat, Kamis 4 Agustus 2016.


http://www.tilik.id/read/2018/05/26/...an-separatisme
Diubah oleh nataliupigai.
Serahkan semuanya kepada TNI-POLRI
mulai mau cari suara

Kalian sama mereka itu sama saja TAIK emoticon-Ngakak
Diubah oleh ferina.
Soal OPM, BPN Singgung Pemberantasan Teroris Berlabel Islam

emoticon-Christmas
Tersinggung ya emoticon-Big Grin
justru semakin terlihat kebodohan nya kalo menyamakan gerakan separatis dengan terroris emoticon-Traveller
tempur gass
Ribuan orang berkhianat, bergabung dengan ISIS, begitu pulang pun ga diproses.. Emang kaum anjing! Ga tau diuntung, pengkhianat negara..
emoticon-fuck
Quote:


Gue juga pernah jelaskan gan, tapi nasbung pada kejang-kejang.. Padahal kondisinya belum terpenuhi untuk dikatan teroris..

Fix, nasbung goblok..

Hulaihi...!
emoticon-Belgia
seprtinya suhud perlu belajar lebih dalam sebenarnya apa yg menjadi pokok permasalahan di papua & metode apa yg paling cocok. ya mungkin karena politisi, asal ngomong saja

kalau di papua TNI-polri langsung hajar saja, itu dampaknya sampai ke dunia internasional juga. ingat, papua jadi sorotan dunia, terutama negara-negara oceania.
ini separatis pemberontak adili gantung
Baca lagi kamus bahasa indonesia pak
ngomong ma junjungan situ kemarin jadi danjen kopassus kerjaannya ngapain ? OPM gak dibasmi tuntas mahasiswa malah diculik-culikin?
gw haran ma gerombolan ini udah tau papua disorot ma dunia internasional malah pengen semua operasi militer dijabarkan sejelas-jelasnya loe pikir gimana reaksi dunia internasional ?? ato loe pengen papua jadi tambah berantakan gitu ?? ato loe pengen tambah panas panasin papua biar pemerintah terdesak ma tekanan dunia internasional gitu ???
Diubah oleh namdokmai
Separatis mati jadi bangke, teroris mati dapet bidadari.
Lebih menarik jadi teroris.
Sama sama Taik
Tapi teroris lebih Taik

emoticon-Ngakak
GAM yang ampe puluhan tahun aja masih eksis
malah bisa dibilang separatis sukses
ga boleh gitu yah papua , kasihan rakyat yang sedang ngebangun papua dibunuhi macam nembak babi hutan emoticon-Wagelaseh
kalo gampamg ditumpas dari jaman soeharto udh abis opm ini

lah lu kira opm baru muncul jaman jokowi jangan jangan
orang taek, capres lo lum pernah kesana sok ngomongin papua
Teroris mah emang gag takut mati..kalau opm mah mash takut mati..
Buktinya gag ada opm mau ngeledakin diri.wkwkw
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di