alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
ini Dia Tips Aman Berdonasi Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09ef81ded770e46a8b4567/ini-dia-tips-aman-berdonasi-online

Ini Dia Tips Aman Berdonasi Online

ini Dia Tips Aman Berdonasi Online
Seiring dengan berkembangnya zaman, di mana teknologi semakin canggih, segala sesuatu bisa dilakukan secara online. Aktivitas apapun itu bisa dilakukan online, seperti belanja, membayar tagihan listrik dan sejenisnya, tagihan kartu kredit, bahkan berdonasi. Ya, sekarang berdonasi secara online sudah bisa dilakukan dengan aman dan cepat.
Kira-kira sepuluh tahun yang lalu, kita hanya bisa berdonasi secara langsung dengan memberikan sumbangan tunai melalui kotak-kotak amal di rumah ibadah, rumah sakit, atau yayasan-yayasan (lembaga non-profit) yang memang bertugas untuk menolong mereka yang membutuhkan. Namun sekarang, semua bisa dilakukan melalui koneksi internet, termasuk berdonasi pun bisa secara online, bahkan kapanpun dan di manapun Anda berada.
Meskipun semua transaksi sekarang sudah bisa dilakukan melalui koneksi internet, Anda tetap harus waspada dan memerhatikan  dengan seksama melalui platform apa Anda melakukan aktivitas tersebut. Sama seperti berbelanja online, berdonasi online pun Anda harus hati-hati, karena penipuan bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja.
Nah, untuk menghindari hal-hal buruk terjadi kepada Anda sekalian saat melakukan donasi secara online, berikut beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan:
1.      Buka situs resmi platform donasi online terpercaya di Indonesia, salah satunya adalah Peduli Sehat. Setelah membukanya, silakan lakukan pengecekan platform tersebut dengan membaca visi dan misinya, apa sudah terdaftar secara resmi di pemerintah atau belum, cari testimoni atau review yang diberikan oleh masyarakat, dan informasi lainnya. Intinya, Anda harus mengenal dengan baik platform/lembaga donasi online yang akan digunakan.
2.      Waspadai email yang Anda terima yang berisi informasi donasi dan jangan langsung mengklik hyperlink yang terdapat di email tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa website yang hyperlink-nya ada di dalam email bisa saja palsu, biasanya beberapa oknum mereplika sebuah situs (scam) terkenal dan dibuat semirip mungkin dengan aslinya, sehingga bisa saja Anda terkecoh. Lakukan pengecekan terlebih dulu mengenai lembaga yang mengirimkan email, atau jika Anda merasa tidak pernah memberikan alamat email Anda kepada lembaga atau organisasi tersebut, sebaiknya diabaikan saja.
3.      Perhatikan pilihan metode berdonasi yang terdapat di website donasi online tersebut. Jika ada yang melalui transfer bank, cek apakah nomor rekeningnya atas nama platform/lembaga donasi, jika atas nama pribadi (biasanya nama orang), patut dicurigai. Bisa juga Anda melihat dari segi jenis-jenis metode donasi yang sudah bekerja sama dengan platform/lembaga tersebut. Jika sudah terdaftar dan bekerja sama dengan banyak platform transfer atau pembayaran online yang berkredibilitas, seperti GO-PAY dan sejenisnya, maka platform/lembaga donasi tersebut dapat dipercaya.
4.      Pastikan website/situs resmi donasi online yang akan gunakan itu aman. Untuk hal ini, wajib Anda periksa keamanan dari situsnya sebelum berdonasi, karena bisa saja situs tersebut mengandung spyware atau semacamnya. Contohnya di situs/aplikasi Peduli Sehat, Anda hanya perlu login menggunakan nomor telepon, bahkan Anda bisa berdonasi tanpa perlu login sekalipun. Dengan cara ini, data-data pribadi Anda akan tetap aman karena tidak perlu didaftarkan ke situs resmi dan aplikasi Peduli Sehat. Cara lainnya, bisa juga Anda melihat adanya ikon gembok hijau (green padlock) pada kotak URL browser. Perlu Anda ketahui, bahwa ikon tersebut pasti akan muncul pada situs-situs yang memang aman untuk dikunjungi.
5.      Periksalah autentikasi pembayaran di situs resmi/website donasi online. Langkah ini merupakan salah satu yang terpenting, apalagi jika Anda berdonasi dengan metode kartu kredit atau debit online. Pastikan terdapat sertifikat verifikasi di laman tersebut, seperti MasterCard SecureCode, Verified by Visa, dan American Express SafeKey.
6.      Hindari melakukan donasi melalui perusahaan pengiriman uang atau secara langsung melakukan transfer ke sebuah bank dari sebuah lembaga/organisasi sosial yang belum dikenal, karena bisa saja metode ini tidak memberikan perlindungan yang semestinya untuk Anda (liability protection), jika terjadi penipuan transaksi. Hal seperti ini tidak akan terjadi jika Anda berdonasi online melalui Peduli Sehat, karena metode berdonasi semuanya dilakukan online, jadi Anda akan terlindungi dan terhindar dari penipuan transaksi yang dimaksud.
7.      Jangan takut melakukan donasi online melalui platform/lembaga yang memiliki website dan aplikasi, apalagi jika platform tersebut menjamin kemanan dan transparansi dana-dana yang disumbangkan oleh para donatur. Hubungi layanan customer care yang disediakan oleh platform tersebut, dan tanyakan sebanyak mungkin pertanyaan yang ingin Anda ketahui jawabannya. Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi Customer Care Peduli Sehat melalui telepon 081513967218 atau email di customercare@pedulisehat.id, Anda juga bisa gunakan fitur ‘Chat’ yang ada di situs resmi dan aplikasi Peduli Sehat.
Itu dia tadi 7 tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan donasi online. Dengan melakukan cara-cara ini, tentunya Anda akan terhindar dari penipuan dan penyalahgunaan donasi online. Apalagi dengan berdonasi online, akan sangat membantu Anda sekalian yang memiliki kesibukan sehari-harinya. Anda tetap melakukan pekerjaan Anda, namun Anda tetap bisa berbuat baik dengan menolong sesama yang membutuhkan dana untuk kesembuhannya.
 
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!
Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit penghasilan Anda untuk #BersamaRingankanLara mereka yang membutuhkan.
Diubah oleh PeduliSehat.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di