alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Akui Serang Pekerja di Papua, OPM: Kami Menuntut Kemerdekaan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09edffdc06bd4d0f8b4567/akui-serang-pekerja-di-papua-opm-kami-menuntut-kemerdekaan

Akui Serang Pekerja di Papua, OPM: Kami Menuntut Kemerdekaan

Akui Serang Pekerja di Papua, OPM: Kami Menuntut Kemerdekaan
TEMPO.COJakarta - Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Sebby Sambom membenarkan bahwa kelompoknya, sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), bertanggung jawab atas pembunuhan pekerja proyek di Nduga, Papua. Menurut dia, penyerangan dilakukan dengan alasan untuk menuntut kemerdekaan Papua Barat.

"Kami menuntut hak kemerdekaan kami untuk berdaulat," ujar Sebby melalui sambungan telepon kepada Tempo, Kamis, 6 Desember 2018.

Sebby mengatakan TPNPB memang sengaja menyerang para pekerja yang ada dalam proyek pembangunan jembatan Trans Papua. Sebab, kata dia, TPNPB menolak pembangunan yang ada di Papua Barat. "Prinsipnya kami berjuang menolak semua program pembangunan di Papua Barat. Kami hanya menuntut kemerdekaan."

Sebelumnya, 31 orang pekerja proyek jalan Trans Papua yang sedang bekerja membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Nduga, Papua, dibunuh kelompok bersenjata TPNPB pada Senin malam, 3 Desember 2018. Sebby mengatakan penyerangan itu dipimpin Egianus Kogoya sebagai Panglima Komando Daerah Operasi III TPNPB.


Menurut Sebby, TPNPB sebelumnya sudah pernah menyerang anggota TNI karena tak senang dengan pembangunan proyek itu. Namun, kata dia, pembangunan proyek itu masih saja tetap dilakukan. "Mereka tak mengindahkan, mereka kembali ke Yigi dan proyek itu masih tetap jalan. Jadi mereka harus diberi peringatan."

Sebby menuturkan pembunuhan terhadap pekerja proyek di Nduga, Papua sudah direncakakan sejak tiga bulan lalu. TPNPB telah memantau proyek itu ternyata dikerjakan oleh pekerja TNI dari Jayapura. "Itu salah satunya yang kemarin bebas melarikan diri kami identifikasi ternyata anggota TNI."

SUMBER : https://nasional.tempo.co/read/11527...n/full&view=ok 

Bulan ini pembayaran divestasi saham
Freeport dan mereka sekarang nuntut merdeka.


Perang proxy dimulai...


31 orang pekerja Proyek Trans Papua sudah jadi Korban, dan ditambah lagi 15 jasad yg ditemukan oleh TNI, ayo Pak Presiden Joko Widodo habisi mereka.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
jokowi mah taon depan baru gerak emoticon-Cape d...
kalau saya (sendiri) sebagai warga Indonesia dari Ras Melayu Austronesia sudah biarkan saja itu warga Papua (Melanesia) mendirikan negara sendiri.

Paling nasibnya juga bakal mirip negara Afrika terbelakang macem Kongo Sudan Zimbabwe .

Di ajak maju sedikit malah gak mau, kembali aja ke zaman batu sana.
Diubah oleh matthysse67
tangkap dan dibina
kalau gagal yah binasa kan
eh.. coba lepasin dulu ham hem hem ke sono
ini baru namanya gerakan makar . udah terang terangan tuh . habisi saja , klo yg melindungi pidanakan saja .
coveran wilayah opm se papua atau sampe papua nugini atau pengen mereia sendiri atau pengen gabung nugini????
sebagai orang yg belum pernah kesana, azli penasaran ama kondisi disana

paling timur ane mainnya cuma ke makassar / maluku tok
Balasan post matthysse67
Quote:


kasihan temen2 Papua yang mau maju bray

bakal menderita gara2 segelintir orang2 taek yg teriak2 merdeka
nuntut merdeka yg diserang ta bersenjata aka kuli
emoticon-Leh Ugaemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Leh Uga
Quote:


Betul pembangunan papua justru akan dianggap mengahmbat propaganda papua merdeka dimana merekan menginformasikan bhwa papua seolah ditelantarkan pusat sehingga minta merdeka.
Makanya program2 pembangunan berusaha dicegah.
Ane penasaran, mereka sehari hari pake mata uang model gimana sama bahasa sehari hari pake bahasa apa gitu. Bukan rupiah dan bahasa indonesia kah?

Serius nanya
Balasan post mamorukun
Quote:


papua merdeka bakaln sprti libya, perang antar suku dan asing dg tenang senang gembira nyedot SDA tanpa risau dilindungi suku2 yg di perdayakan emoticon-Big Grin
Diubah oleh rumputteki99
Di satu sisi, bajingan2 OPM ini emang pinter sih cari timing nya bikin rusuh.

Kalau pemerintah ngelakuin operasi militer / nerapin DOM (sekarang) di Papua, kemungkinan suara Jokowi tergerus di kalangan suku/etnis asli.

Tapi klo pemerintah diem aja, yah diserang abis2an sama oposisi.
Diubah oleh baka1412
Kita bung nataliuspigai sebagai negosiator emoticon-Recommended Seller
merdeka atau mati katanya
Balasan post baka1412
Quote:


maksudnya petahana lebih mementingkan elektabilitas timbang kedaulatan nkri?
Balasan post sognb
Quote:


Jelas lah, salah sedikit gerandong menyerang
salah pusat sih, yang dibangun jawa mulu, gunung emas papua dikeduk ampe jadi kawah, yang nikmatin amrik sama pusat.

batu bara kalimantan, dikirim ke jawa buat pembangkit listrik, kalimantan sendiri mati lampu mulu.

udah merdeka budaya ditonjolin jawa, ngomong dipopulerin jawa.

emoticon-Malu

waktu perang ngajak bersatu, udah merdeka 73 tahun, pembangunan terpusat di jawa, baru pas zaman gusdur aja dikasih otonomi daerah, pembangunan juga dimulai setelah reformasi.

kalo begini paling yang jerit2 nkri ya di jawa.

emoticon-Malu

Akui Serang Pekerja di Papua, OPM: Kami Menuntut Kemerdekaan
Diubah oleh rajin.meremas
Balasan post ayy.lmao
Quote:


menjaga kedaulatan gak ada yang salah harusnya
Balasan post unwell
Quote:


dari kemaren-kemaren bukannya udah gerak gan... klo ga gerak namanye mati.. emoticon-Embarrassment
Balasan post doronpa31
Quote:


kata Pace temen gw sih biasanya OPM pada pake USD

cuma bahasa sehari-hari pake bahsa indonesia. Bahkan lagu kebangsaan sampe bahasa resmi aja pake nya bahasa indonesia kok
Balasan post rajin.meremas
apa soeharto dan kroni-kroninya yang telah wafat harus dibangunkan dari kematiannya ?

selalu ada waktu sebelum kematian menjemput

Quote:


gerakan separatis anti pemerintahan akan selalu ada dimana dan kapan saja

bahkan di negara maju seperti amerika atau inggris gerakan anti pemerintahan ada.


udah sunatullah sampai akhir jaman
Diubah oleh pgcililitan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di