alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Lampu Utama Tertutup Embun, Lakukan Langkah Mudah Berikut Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09e824dad770e30a8b456a/lampu-utama-tertutup-embun-lakukan-langkah-mudah-berikut-ini

Lampu Utama Tertutup Embun, Lakukan Langkah Mudah Berikut Ini

Alo agan agan bro and sis sekalian, ketemu lagi ni di thread ane yang ngebahas seputar otomotif

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh


Gan sis and bro, musim hujan udah dateng ni. Salah satu kondisi yang kerap terjadi adalah embun pada kaca lampu utama atau headlamp.


Lampu Utama Tertutup Embun, Lakukan Langkah Mudah Berikut Ini


Nah kondisi ini bisa terjadi karena umur sil atau mika dalam kaca yang membuat udara luar dapat masuk ke dalam. Udara yang terperangkap tersebut kemudian akan mengalam perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Jadilah embun dalam headlamp.


Kenapa bisa sil kebuka? biasanya karena si pemilik kendaraan memarkirkan kendaraan di luar ruangan dan terkena panas mentari. Panas ini kan ga bagus buat karet gan, plus juga mika bisa retak. Panas dari bohlam juga bisa jadi penyebabnya gan.


Apa emang bahayanya embun di dalem headlamp? Pertama warna nya kusam karna jamur juga tumbuh di tempat lembab. Kemudian mempengaruhi penerangan yang dibutuhkan pengendara di malam hari.


Kemudian bisa juga membuat bohlam pecah gan. Saat bohlam nyala kan bukan hanya cahaya yang dihasilkan, tapi juga panas. Bila embun menyentuh bohlam, kaca bohlam bisa pecah gan. Ini termasuk korsleting listrik yang bisa terjadi ketika air menyentuh kabel lampu. Bisa kebakaran gan.


Cara mengatasinya, kalau di jalan ni gan, berhenti di tempat yang tidak terkea hujan. Lalu nyalakan lampu beberapa menit. Embun akan menghilang dengan sendirinya. Ini tergantung pori-pori lampu utama. Kalau headlamp kebanjiran sampai ada air di dalam nya, bikin akuarium aja gan. Becanda gan. Ya mau ga mau dilepas gan headlampnya.


Cara bukanya, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Hilangkan embun melalui lampu sein dengan melepasnya searah jarum jam. Ketika terlepas, nyalakan lampu utama selama beberapa saat sampai menghilang.


 


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di