alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda Bangkrut
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09e771dcd770963a8b4571/7-modus-kecurangan-karyawan-ini-bisa-menyebabkan-restoran-anda-bangkrut

7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda Bangkrut

Kecurangan karyawan adalah salah satu masalah krusial yang sering dihadapi para pebisnis. Menurut survei yang dilakukan sebuah perusahaan konsultan Jack L. Hayes International, 1 dari 40 karyawan ditangkap karena ketahuan mencuri di toko ritel majikannya.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa kemungkinan seorang karyawan mencuri bisa mencapai 75% lebih besar dibanding pihak luar.

Tentu, sebagai pebisnis Anda wajib waspada tentang segala kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan Anda.
Jangan sampai hanya karena sibuk memikirkan strategi bisnis, Anda tidak menyadari ternyata ada ‘tikus’ dari dalam yang merugikan bisnis Anda.

Karena itulah, Anda perlu memahami modus kecurangan yang biasa dilakukan karyawan untuk mengambil keuntungan pribadi.
Kali ini Intermezzo akan membahas secara khusus tentang 7 modus kecurangan karyawan restoran yang perlu Anda pahami. Kami juga menambahkan langkah solutif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya modus kecurangan tersebut.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal

Modus Kecurangan Karyawan Restoran
7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda Bangkrut
Berikut adalah 7 modus kecurangan karyawan restoran, mulai dari kecurangan yang umum dilakukan, hingga yang jarang dideteksi majikan. 

1. Mencuri Uang/ Stok Bahan Baku

Kecurangan paling umum yang dilakukan oleh karyawan adalah mencuri uang hasil penjualan atau stok bahan baku.
Kalau di restoran, karyawan yang paling sering melakukan kecurangan ini adalah mereka yang berurusan secara langsung dengan uang dan bahan baku, antara lain: kasir yang bertugas menerima pembayaran atau  tim marketing yang memiliki keleluasaan bertransaksi dengan klien.

Sedangkan mereka yang berurusan dengan bahan baku diantaranya adalah stokis, kepala gudang, atau bahkan chef.
Namun, tidak menutup kemungkinan jika selain oknum tersebut juga bisa melakukan pencurian uang atau stok bahan baku.
Jadi, Anda pun harus selalu teliti dalam mengawasi kinerja karyawan Anda.

2. Menaikkan Harga Makanan

Jenis kecurangan ini lebih mungkin dilakukan karyawan yang memiliki kesempatan bertransaksi secara langsung dengan pelanggan. Dengan menaikkan harga, karyawan curang ini bisa mendapat keuntungan pribadi. 

Tentu hal ini akan merugikan Anda sebagai pemilik restoran. Karena restoran Anda akan dikenal lebih mahal oleh konsumen. Sehingga, bagi beberapa konsumen yang sensitif dengan harga akan memilih beralih ke restoran lain yang lebih murah

3. Tidak Menyerahkan Struk

Kasir curang yang berniat mengambil keuntungan pribadi akan dengan sengaja tidak menyerahkan nota pembayaran kepada pembeli. Biasanya hal ini sengaja dilakukan agar pelanggan restoran Anda tidak tahu berapa biaya yang seharusnya mereka keluarkan.

Salah satu modus yang biasanya dilakukan kasir curang ini adalah dengan mengatakan printer rusak, sehingga tidak bisa mencetak struk. Padahal, mereka sengaja berbohong agar total harga sebenarnya tidak diketahui oleh pelanggan restoran Anda.

4. Tidak Menyerahkan Uang Kembalian

Jangan anggap remeh uang kembalian yang hanya ribuan rupiah saja. Karena jika dikalikan dalam setahun, uang tersebut bisa mencapai ratusan ribu dan bahkan sampai jutaan rupiah. Tentu, Anda bisa mengalami kerugian yang cukup banyak akibat kecurangan tersebut.

Misalnya saja dalam sehari terjadi 20 kali transaksi, dan kasir mengambil uang kembalian sebesar Rp. 500 per orang. Maka dalam sehari si kasir curang bisa mendapatkan Rp. 10.000. Jika dikalikan dalam setahun, kasir tersebut bisa mengumpulkan uang kembalian hingga 3 juta rupiah lebih.

Tentu angka yang cukup fantastis, mengingat dalam sehari bisa terjadi lebih dari 20 kali transaksi, dan nilai uang kembaliannya pun bisa lebih besar dari Rp. 500.

5. Menyalahgunakan Data Member

Dengan keleluasaan akses data member, karyawan restoran Anda juga bisa menyalahgunakan data tersebut untuk mengambil keuntungan pribadi.

Biasanya, sebelum transaksi, kasir akan menanyakan apakah pelanggan punya kartu member atau tidak.

Bila tidak, kasir bisa saja memasukkan nomor ID dari member yang mereka hafal. Sehingga laporan transaksi yang terekam di mesin kasir menunjukkan harga yang lebih murah karena mendapatkan potongan harga normal.

Namun, si kasir menyebutkan total harga normal kepada pelanggan, dan menggunakan selisih harga (potongan member) sebagai keuntungan pribadi.

Sama halnya dengan kecurangan sebelumnya. Mungkin uang yang diambil tidak seberapa. Tapi jika dilakukan rutin pasti bisa terkumpul uang yang banyak dan merugikan bisnis restoran Anda.

6. Menyalahgunakan Program Promo

Salah satu bentuk kecurangan karyawan restoran yang keenam adalah menyalahgunakan program promo.

Biasanya, jika ada promo potongan harga, bonus makanan, dll, karyawan curang tidak akan memberitahu program promo tersebut kepada pelanggan, tapi malah memanfaatkan promo tersebuut untuk kepentingan pribadi.

7. Mengakali Laporan Penjualan

Jenis kecurangan ini lebih mungkin dialami bagi Anda yang masih mempercayakan pembuatan laporan keuangan secara manual pada karyawan.

Biasanya, karyawan curang akan mengakali laporan keuangan dengan menambahkan banyak pengeluaran dan mengurangi jumlah pemasukan, agar total yang sebenarnya bisa diambil keuntungan pribadi.
 
Cara Mengatasi Karyawan Curang
7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda BangkrutSetelah mengetahui 7 modus kecurangan karyawan restoran, sekarang saatnya Anda mempersiapkan diri melakukan pencegahan. Jangan sampai karyawan di restoran Anda melakukan salah satu dari 7 modus kecurangan tersebut.
Berikut adalah 7 langkah strategis untuk mengatasi karyawan curang di restoran Anda.

1. Selektif dalam Merekrut Karyawan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari kecurangan adalah selektif dalam merekrut karyawan. Perhatikan betul track record atau pengalaman kerjanya selama ini.

Selain itu, jangan hanya fokus merekrut karyawan dengan kualitas hard skill yang mumpuni. Tapi, pertimbangkan juga bagaimana attitude dan soft skill mereka.

2. Lakukan Uji Kejujuran

Anda juga bisa melakukan uji kejujuran sederhana untuk mengetes kejujuran karyawan Anda. Misalnya, coba letakkan uang secara diam-diam dekat karyawan Anda, dan coba perhatikan bagaimana reaksinya. Apakah dia akan mengambil uang tersebut tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu, atau pun sebaliknya.

3. Lakukan Audit Internal secara Rutin dan Mendadak

Untuk meningkatkan kinerja karyawan Anda, terutama dalam perekapan data administrasi, Anda perlu melakukan audit internal secara rutin. Sehingga, karyawan Anda terbiasa bekerja sesuai prosedur dan terhindar dari melakukan kecurangan.

Anda juga bisa melakukan audit internal secara mendadak untuk memastikan karyawan Anda bekerja dengan baik kapanpun.

7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda BangkrutAnda bisa melengkapi restoran Anda dengan kamera tersembunyi (CCTV) agar kinerja karyawan Anda bisa diawasi secara lebih optimal. Dengan begitu, karyawan akan lebih disiplin dan berpikir berulang kali sebelum melakukan kecurangan.

Untuk mendapatkan CCTV dengan fitur dan harga terbaik, Anda bisa kunjungi pusat CCTV terlengkap dan berkualitas disini.

Baca Juga: Manfaat Pentingnya CCTV dalam Dunia Bisnis

5. Miliki Alat Kasir/ POS Modern Berbasis Software

Dari pembahasan 7 modus kecurangan karyawan di atas, hampir semuanya mengarah pada kecurangan kasir. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melengkapi restoran Anda dengan alat kasir/ POS (Point of Sales) modern yang bisa meminimalisir kecurangan.

Dalam memilih software POS, Anda perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih software restoran yang bisa cek stok bahan baku secara real time kapanpun dan dimanapun. Sehingga dapat mengurangi potensi pencurian stok bahan baku.

Anda juga perlu memilih software POS yang bisa menyajikan laporan omzet secara otomatis setiap harinya, sehingga Anda tidak perlu susah payah hitung manual lagi.

6. Buat Laporan Keuangan Anda dengan Software Akuntansi

Akan lebih efektif jika Anda memilih software POS yang terintegrasi secara langsung dengan software akuntansi. Sehingga Anda bisa mendapatkan laporan akuntansi secara lebih lengkap dan detail.

Mulai dari perhitungan laba-rugi, arus kas, hingga faktur pajak. Sehingga, potensi kecurangan karyawan untuk mengakali laporan keuangan bisa diminimalisir.

 7. Lakukan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan Anda

Pencegahan kecurangan karyawan yang ketujuh yaitu lakukanlah komunikasi yang baik dengan semua karaywan Anda. Pahami kebutuhan mereka dan cari tahu bagaimana latar belakang kehidupannya sehari-hari.

Bersikap lebih dekat dan akrab dengan semua karyawan akan membuat mereka lebih nyaman kepada Anda. Sehingga mereka pun akan lebih sungkan untuk melakukan kecurangan.

Selain itu, jika karyawan Anda mengalami keculitan finansial, mereka akan lebih terbuka mengatakannya kepada Anda daripada memilih berbuat curang.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
 
Di era serba IT ini, sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit untuk mencegah kecurangan karyawan. Dengan memiliki teknologi canggih dalam usaha restoran Anda, kemungkinan karyawan berbuat curang bisa diminimalisir.

Untuk itu, pastikan restoran Anda memiliki sistem POS yang memadai untuk mencegah kecurangan karyawan. Pilih software POS yang telah terintegrasi software akuntansi, sehingga memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara otomatis.

Software InterActive MyResto adalah software restoran nomor 1 yang telah digunakan lebih dari 3000 restoran di seluruh Indonesia. Fitur-fitur InterActive MyResto tidak hanya memudahkan Anda dalam manajemen resto sehari-hari, tapi juga membantu Anda dalam mencegah kecurangan karyawan.

Kabar baiknya, software InterActive MyResto kini bisa diintegrasikan dengan software akuntansi online. Sehingga Anda pun tak perlu kebingungan lagi dalam menghitung omzet, laba-rugi, hingga membuat faktur pajak.

Karena semua laporan neraca keuangan, arus kas, hingga faktur pajak bisa dibuat secara otomatis oleh software.

Hebatnya lagi, karena software ini berbasis online, Anda bisa cek laporan keuangan restoran Anda kapanpun dan dimanapun.
Mau menjalankan bisnis restoran semudah ini? Plus terhindar dari berbagai modus kecurangan pada karyawan Anda? Software InterActive MyResto solusinya. Dapatkan harga terbaik software InterActive MyResto disini.


Sumber: https://intermezzo.id/7-modus-kecura...awan-restoran/
Diubah oleh interactivedm
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di