alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!
4.83 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09e589dad77086628b456a/inilah-proses-membuat-sutra-yang-mahal-harganya

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!



Sutra !! Kain yang terkenal mahal dan berkelas harganya pun bisa mencapai ratusan juta loh 😃, tapi kalian pernah mengetahui cara pembuatannya ? Tentu saja bagi mereka yang bekerja di pabrik sutra sering melihat namun kalau orang awam macam kita bagaimana ? Yuk kita kulik gan.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Sutra dahulu sangat terkenal di negeri China, hingga perdagangan sutra pun masuk ke wilayah-wilayah peradaban maju saat itu hingga ke tanah Romawi karena banyaknya perampok suku-suku kecil maka di buatlah pertahanan dengan kerjasama dengan pihak lain hingga terbentuklah sebuah jalur khusus yang disebut jalur sutra. Kain yang lembut dan tak pernah terlihat lecek ketika di pakai sangat nyaman digunakan karena juga mengandung protein di dalamnya, bahkan sejak dahulu sutra pun menjadi kain yang sangat disuka oleh para bangsawan.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Awalnya benang sutra itu berasal dari ulat sutra atau Bombyx Mori L. Ulat sutra inilah yang kemudian akan menghasilkan kepompong yang akan diolah menjadi benang sutra. Dalam prosesnya benang sutra ini memakan waktu 28 hari.

Caranya dari pembibitan telur sutra yang menetas, dan menjadi ulat lalu diberikanlah makanan khas mereka daun murbei. Setelah ulat terlihat agak kekuningan taruhlah di potongan bambu-bambu agar ulat berubah menjadi kepompong.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Nah kepompong inilah yang kita ambil untuk dijadikan benang sutra, caranya

Pertama, kepompong harus dikeringkan dahulu agar pupa atau calon ngengat mati di dalamnya, proses menjadi ngengat ini perlu proses 12 hari. Agar kepompong tidak rusak maka pupa harus dimatikan dengan cara penjemuran, pengukusan, dan pengovenan.

Kedua, menghilangkan serabut serat atas pada kepompong tujuannya agar ketika proses penggulungan benang serabut ini sudah tidak ada lagi karena benang sutra yang bagus ketika di relling tidak terputus.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Ketiga, kepompong pun direbus agar menghilang kan zat serisin yang bersatu dengan filamen, agar kulit menjadi lebih mengembang dan lunak serta mempermudah ketika proses pemintalan nanti dilakukan.

Keempat, penggulungan benang sutra dari kepompong jangan sampai terputus karena kualitas sutra yang baik dimana serat benangnya tidak terputus untuk itu dilakukanlah quality control yang baik. Dan menurut catatan satu kepompong akan menghasilkan 1000 yard benang sutra.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Dari benang tersebut barulah bisa di tenun untuk menghasilkan kain sutra yang halus dan lembut. Bila kain sutra di pakai untuk membatik pun harus hati-hati karena halusnya kain sutra akan membuat tinta ketika membatik luber.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Nah ketika kita melihat proses panjang untuk sutra hingga di jadikan pakaian maka harga yang mahal, memang sangat wajar sekali. Karena di perlukan 5.500 ulat sutra untuk 1 kg sutra, wah...gimana kerenkan.

Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

Serupuutt dolo..


Inilah Proses Membuat Sutra Yang Mahal Harganya !!

c4punk@2018

referensi











Diubah oleh c4punk1950...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Sutra dot kaporit saiyah emoticon-Embarrassment
ternyata kain sutra toh ... emoticon-Big Grin
kalo sutra si biasanya buat pakain acara2 gitu.. blom pernah jumpa sutra dibuat kaos n dijual distro.. keren kali ya.. emoticon-Big Grin
Quote:


Wow...😊

Quote:


Iya gan emoticon-Malu

Quote:


Mungkin karena mahal kayanya ya gan dan kurang cocok di bikin kaos emoticon-Big Grin
ribet gak tuh
Quote:


Ribet...nunggu jadi kepompong 28 hari emoticon-Big Grin
Diubah oleh c4punk1950...
china emang maju gan

teknik batik juga asal usulnya dari sana khan

emoticon-Leh Uga
daripada sutra enak sagami gan, tipis ga berasaemoticon-Leh Uga
Quote:


Betul itu gan

Quote:


emoticon-Leh Uga
Tak kira sutra yang ituh emoticon-Malu
Saya sutra yg warna item. emoticon-thumbsup
Quote:


Hahaha..

Quote:


Apaan tuh...emoticon-Matabelo
kalo sutra yg entuh,pake ulat jg gk gan bikin nya?
sutra... ndamus
dilarang di pake bagi pria.

Balasan post silentreadrclub
Quote:


bagi umat muslim tentunya..
Quote:


Bukan ..emoticon-Big Grin

Quote:


Hehehe.

Quote:


Betul jawabannya di bawah ini

Quote:
proses yg panjang & kualitas yg mantap Gan, makanya harganya juga otomatis mahal..
Wajar mahal
Request donk, pembuatan kashmir. Kan katanya kashmir lebih mahal dari sutra
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di