alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Amarah Prabowo pada Pers Dinilai Bisa Jadi Bumerang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09ccf7c0d770ee6c8b4567/amarah-prabowo-pada-pers-dinilai-bisa-jadi-bumerang

Amarah Prabowo pada Pers Dinilai Bisa Jadi Bumerang

Amarah Prabowo pada Pers Dinilai Bisa Jadi Bumerang

Semarang, CNN Indonesia -- Pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengecam profesi jurnalis terkait dengan pemberitaan Reuni 212 dinilai akan menjadi bumerang baginya. Seharusnya, kritik terhadap media itu disalurkan lewat pengaduan di Dewan Pers.

"Ungkapannya Pak Prabowo sangat tidak pas. Sangat disayangkan. Ini dikhawatirkan bisa menjadi bumerang bagi elektabilitas Pak Prabowo sebagai capres. Mengkritik media, jurnalis, tidak begitu caranya," kata pengajar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang,M Yulianto, di Semarang, Kamis (6/12).

"Pers punya kekuatan besar di negara Demokrasi, harusnya bisa direngkuh dan diajak berteman, tidak dimusuhi. Bisa jadi bumerang yang menyerang," ia menambahkan.

Sebelumnya, Prabowo sempat geram karena banyak media tak meliput Reuni 212, di Monumen Nasional (Monas), Minggu (2/12). Selain itu, Prabowo mengeluhkan soal pemberitaan tentang jumlah massa Reuni 212. Dia menganggap media sudah berpihak dan bahkan meminta pendukungnya tak usah menghormati wartawan.

Menurut Yulianto, pernyataan itu terlalu kasar dan membuat kalangan pers menjadi tidak simpatik kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu. Terlebih, kata Yulianto, Prabowo kerap mencibir jurnalis.

"Kalau yang keluar nadanya keras dan disampaikan di depan publik, terlihatnya kasar. Dan tidak sekali ini saja lho Pak Prabowo itu mengkritik media," ujar dia.

Amarah Prabowo pada Pers Dinilai Bisa Jadi Bumerang


Diketahui, ada sejumlah kasus yang melibatkan Prabowo dengan jurnalis. Pada 25 Oktober 2013, Prabowo menyerukan agar masyarakat tidak lagi mempercayai pemberitaan di media massa karena wartawan bisa disogok. Keesokan harinya, Prabowo meminta maaf kepada para wartawan.

Pada 9 Juli 2014, di Hambalang, Bogor, Ketua Umum Partai Gerindra ini marah besar kepada sejumlah reporter televisi. Ia menilai pemberitaan yang ditayangkan oleh beberapa media televisi kerap menyudutkan dirinya.

Pada 14 Juli 2014, Prabowo kembali melontarkan amarahnya saat jumpa pers di Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Prabowo menolak menjawab pertanyaan yang diberikan oleh wartawan The Jakarta Post karena tudingan keberpihakan dari pemilik media tersebut.

Lalu, Agustus 2017, Prabowo menyinggung gaji wartawan yang menurut dia kecil. "Kita belain para wartawan. Gaji kalian juga kecil kan? Kelihatan dari muka kalian. Muka kalian kelihatan enggak belanja di mal. Betul ya? Jujur, jujur," kata Prabowo.

April 2018, Ketua Umum Partai Gerindra ini kembali menyinggung gaji wartawan yang kecil di hadapan ratusan pengurus, kader dan juga simpatisan Partai Gerindra. Prabowo menilai para wartawan memiliki kesamaan nasib dan perasaan dengan rakyat kecil yang mendukung Partai Gerindra, yakni sama-sama memiliki gaji kecil.

Yulianto melanjutkan bahwa kejengkelan Prabowo terhadap produk jurnalistik itu seharusnya bisa disampaikan lewat jalur yang relevan, yakni Dewan Pers, atau bertanya langsung dengan pimpinan media yang disebut.

"Ya kalau ada yang tidak benar atau salah di pemberitaan, Pak Prabowo bisa [mengajukan] komplain melalui Dewan Pers atau mungkin datang ke kantor media yang disebut untuk mengklarifikasi dan meluruskan," tutur Yulianto.

Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Imam Wahyudi menganggap pernyataan Prabowo itu sebagai sebuah kritik yang dilakukan oleh seorang warga negara.

"Saya cuma melihat ini sebagai sebuah kritik. Kritik itu sebagaimana juga kritik dari siapapun, ambil manfaatnya. Namun, jika kemudian terjadi penghalang-halangan artinya ada aksi untuk menghalang-halangi jurnalis untuk meliput, itu melanggar undang-undang," kata Imam saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Komen TS

ngapain media ngurus masalah yang kayak gini.  jelas Prabowo itu anti media mainstream, ya jangan dipaksa menyukainya lah. emoticon-Thinking
Diubah oleh munarmansh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
cari musuh kok sama jurnalis

emoticon-Wkwkwk
Dulu ngejek wartawan sekarang dimusuhi, diboikot emoticon-Malu

Lama2 gak punya temen dehemoticon-Cape deeehhemoticon-Traveller
Semakin yakin dua periode
Semua dihina
Semua direndahkan
Udah ngatai-ngatain orang boyolali
Ngatai-ngatain wartawan

Nih orang temannya siapa ya??

Oh iya
Prabowo Sandi kan lebih hebat dibandingkan Nabi Yusuf
Nabi Yusuf mampu dalam 7 Tahun
Prabowo Sandi mampu dalam 3 Tahun

KOPLAK emoticon-Ngakak

Hulahi emoticon-Belgia
Hulahi emoticon-Belgia
Maha Benar Wowo

emoticon-Nyepi
Ini kan bukan acara politik.
Kenapa lu yang sewot dah emoticon-Cape d...
omg omg omg
marah itu tidak menyelesaikan masalah. kebijaksanaan seseorang bisa dilihat dari cara dia mengontrol amarahnya.
"Ungkapannya Pak Prabowo sangat tidak pas. Sangat disayangkan. Ini dikhawatirkan bisa menjadi bumerang bagi elektabilitas Pak Prabowo sebagai capres. Mengkritik media, jurnalis, tidak begitu caranya," kata pengajar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang,M Yulianto, di Semarang, Kamis (6/12).

=================================
sdh terjadi om wowo turun jadi 31%
moga wowok beneran di boikot ma media ........... emoticon-Toast
gk jelas bgt si wowo ini,
ngotot bgt harus 11 juta, malah kereta penuh sama gerombolan mereka pula.
biarkan saja, wowok masih punya zombie media dari PKS.

buruan minta maap wok. ga usah gengsi

abis itu ngoceh ngawur lg deh wok
Prabowo gk tau kalo tulisan jurnalis ini lebih mematikan drpda senjata api ..dan skrng jurnalis dimusuhin ..yg boleh wawancara cuma tv one ..2014 yg nyebarin hoax prabowo menang cuma tv one .wkkwk
maksa minta diliput.... hulahi... hulahi... hi.. hi.. hi... emoticon-Big Grin
cebokin lagi, apa ga cape tuh

jr
berak sembarangan lagi neh pak wowoemoticon-Big Grin
Nanti media photo2 sampah, diperkusi dan malah disalahin...ya mending sekalian nggak usah diliput
Orang gini mau jadi presiden..wkwkkw
Yang kritik bisa dimatiin
Jurnalis mah berita yang mempunyai nilai jual yg diliput..
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di