alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Strategi Sri Mulyani Bawa RI Keluar dari Middle Income Trap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09c98fdac13e18698b4567/strategi-sri-mulyani-bawa-ri-keluar-dari-middle-income-trap

Strategi Sri Mulyani Bawa RI Keluar dari Middle Income Trap

Jakarta - Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memiliki strategi khusus agar Indonesia keluar dari jebakan middle income.

Middle income trap merupakan sebuah istilah untuk negara yang masyarakatnya terjebak di pendapatan menengah. Indonesia saat ini disebut sebagai negara yang masuk dalam kategori tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, Indonesia masih berada di kategori middle income karena pendapatan per kapitanya masih di kisaran 5.000-15.000 dolar Amerika Serikat (AS). Negara yang masuk kategori ini akan sulit keluar dari perangkap middle income.

Baca juga: Jokowi: Kita Tidak Boleh Terkena Middle Income Trap

Menurut Sri Mulyani, ada 4 langkah utama yang bisa membawa RI keluar dari jebakan middle income.

"Hanya sedikit di dunia yang terhindar (dari middle income trap). Rangenya US$ 5.000 dolar per kapita hingga lebih dari US$ 15.000 dolar per kapita. Kuncinya ada empat (untuk keluar)," ujarnya di Novotel Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12/2018).

Pertama fokus kepada peningkatan kualitas SDM. Mulai dari meningkatkan kualitas pendidikan, keahlian hingga kesehatan penduduk.

"Gimana caranya kembangkan program pendidikan dan pelatihan sesuai kebutuhan dan bisa cetak masyarakat yang sehat dan produktif," jelas dia.

Kedua, pembangunan infrastruktur, dengan tujuan untuk bisa meningkatkan daya saing dan produktivitas. Sri Muyani menjelaskan, pembangunan harus dilakukan untuk pembangunan ekonomi jangka panjang.

"Indonesia ini adalah negara kepulauan, maka ini pembangunan infrastruktur menjadi penting," kata dia.

Baca juga: Ingin Maju, Sri Mulyani: RI Harus Tinggalkan Sumber Daya Alam

Ketiga membenahi birokrasi menjadi lebih fleksibel namun tetap ketat mengawasi segala penyelewengan yang mungkin dilakukan.

Ia juga menjelaskan, Indonesia perlu belajar dari beberapa negara yang berhasil keluar dari middle income seperti Hong Kong, Singapura, Taiwan, Israel, Jepang, dan Korea Selatan.
Negara-negara ini memiliki instansi yang birokrasinya yang teratur dan bersih.

"Mereka itu selalu negara yang kualitas institusi public dan swastanya bagus, reformasi birokrasi itu penting," kata dia.

Terakhir, transparansi kebijakan dan membuka diri pada kolaborasi dengan negara lain.

"Negara terbuka itu disiplin. Tidak ada negara tertutup yang bisa lewat atau keluar dari middle income," tutur dia. (dna/dna)

sumber https://finance.detik.com/berita-eko...le-income-trap
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
rejim last minute bentar lagi lungsur
sudah lah jangan banyak gaya, selamatkan diri kamu sri
Jokowi kan digembor2in infratsrukturnya tuh.. Klo pak prabowo apa ya program utama nya , ada yg tau?serius ane mau nanya.. Biar bs mendukung prabowo sepenuh hati.
Stop impor, gak kerja sama sama pihak asing.. Kan nonsense bgt. Yang benar2 masuk akal dan sesuai realita di indonesia ada ?
Diubah oleh gogoYubari
caranya ya ngutang lg
Quote:


Jiah, sama SMI udah dijabarin 4 cara untuk keluar dari Middle Income Trap. Gak Functional Illiterate kan? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

Kalo ente bicara gimana membiayai semua langkah2 tersebut, namanya ngelumpat lumpat. Caranya melakukan 4 langkah tersebut bisa lewat kebijakan Pemerintah yg dibiayain APBN ataupun kebijakan pemerintah yang memberikan kesempatan kepada Swasta lebih besar.

Dari situ baru ngemeng terkait pembiayaan. Kalo udah bicara pembiayaan baru bicara opsinya, dimana salah satunya adalah utang.


Quote:


Indo itu termasuk negara yg paling illiterate gan.....
Sebaliknya tingkat partisipasi ngetwitnya termasuk paling tinggi di dunia....

Artinya......

Orangnya ga suka mikir, kl mikirpun logikanya suka keliru. Tapiii.. Banyak bacot... Yg penting bacot duluan, mikir belakangan.
KALAU KATA SI ULAMA SU'U TENGKU TUJUAN MERDEKA BUKAN BUAT BANGUN INFRASTRUKTUR


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di