alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09ba361ee5df016a8b4567/jubir-opm-blak-blakan-pada-jawa-pos-ini-isi-dialog-lengkapnya

Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya

Di balik Pembantain Pekerja Trans-Papua

Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya
06 Desember 2018, 16:52:54 WIB 
Editor: Dimas Ryandi

Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya
Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan sudah merncanakan penyerangan itu sejak jauh-jauh hari. (Facebook TPNPB)

JawaPos.com - Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom blak-blakan kepada Jawa Pos. Ia mengungkapkan hal-hal penting terkait penembakan para pekerja proyek PT Istaka Karya di Nduga, Papua.

Sebby pun mengakui pihaknya bertanggung jawab atas penembakan yang nemewaskan belasan nyawa. Bahkan, elite OPM itu mengklaim bahwa pekerja proyek adalah intelijen dari TNI.


Berikut petikan wawancara wartawan Jawa Pos Ilham Dwi Wancoko dengan Sebby:


Bagaimana kabarnya, Bang Sebby?
Baik.


Apa yang membuat TPNPB-OPM yakin bahwa pekerja proyek itu intelijen dari TNI?
Semua proyek infrastruktur jalan trans-Papua yang mengerjakan TNI. Hal itu merupakan rahasia umum di Papua.

Apakah pekerja itu melawan dengan senjata?
Iya (Sebby lalu mengirimkan sebuah video yang berisi pekerja berkaus loreng dan bersenjata laras panjang. Dalam video, mereka sedang berlindung di balik kendaraan proyek).


Berapa pekerja yang ditembak mati?
24 orang.


Awal mula penyerangan, apakah karena ada pekerja yang mengambil foto saat upacara 1 Desember?
Itu kan versi TNI dan Polri. Kami menyerang secara terencana. Setahun lalu kami juga menyerang proyek pembangunan.


Adakah pekerja yang disandera?
Tidak ada, semua tewas. Kami menyerang proyek dan sebuah pos TNI. Kami yang bertanggung jawab.


Bukankah proyek itu untuk menyejahterakan rakyat Papua?
Kami tidak membutuhkan pembangunan. Yang kami butuhkan adalah kesempatan menentukan nasib sendiri dengan referendum.


Ada warga sipil yang diketahui menjadi korban, bagaimana itu?
Jika mengetahui ada warga sipil, tentu kami tidak akan melukai. Bila benar ada warga sipil menjadi korban, tentunya itu tanggung jawab TNI. Seharusnya serahkan semuanya ke sipil. Selama ada TNI, kami serang.


Bagaimana bila pemerintah melobi TPNPB-OPM?
Tidak ada lobi, yang ada bila mau ditempuh adalah perundingan tingkat tinggi. Dengan tiga pihak, Indonesia, TPNPB-OPM, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Perundingan segi tiga untuk menentukan nasib rakyat Papua.


Mengapa begitu kerasnya ingin menentukan nasib sendiri?
TNI dan polisi Indonesia ini memperlakukan kami seperti binatang. Banyak pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Pada 1977, ada pembantaian 500 ribu orang tua kami. Warga Papua diberangus. Itulah mengapa kami membentuk militer.


Berapa kekuatan TPNPB-OPM?
Kami memiliki 29 Komando Daerah Pertahanan (Kodap). Setiap Kodap memiliki 2.500 personel. Saya pastikan TPNPB-OPM merupakan militer 


Tapi, jumlah TNI kan lebih banyak, bagaimana itu?
Mereka boleh lebih banyak, tapi alam bersama kami. Hutan bersama kami, lembah bersama kami, dan kami tidak akan menyerah. Kami punya moto, satu butir senjata melawan seribu butir senjata.


Setelah ini apa yang akan dilakukan?
Serangan kami berlanjut hingga revolusi total. Saat ini masih revolusi tahapan, serangan kecil ke titik-titik tertentu. Saat sampai revolusi tetap, semua warga non-Papua akan kami usir dari negeri ini.

https://www.jawapos.com/nasional/han...log-lengkapnya

-------------------------------

APEL SIAGA TNI & POLRI  di Jakarta hadapi aksi damai "Reuni 212" ...



KOMPAS tv Reuni 212 Berjalan Aman dan Tertib



Sayang, kewaspadaan tinggi itu jebol di Papua ...



Ujian untuk TNI dan Pori ... rakyat tentunya akan menunggu dan melihat bagaimana mereka menyelesaikan masalah yang mengancam kedaulatan NKRI itu.

emoticon-Sorry
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Kok mendekati pemilu OPM kian ganas ya ada apa ini
Quote:

Yg Di quote itu aja
Tar kalo merdeka apa cecunguknya bakal mikir orang orang papuanya sendiri? emoticon-Embarrassment

Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya
Indonesia lagi dikeroyok luar dalam

gpp, yg penting sepopokemoticon-Angel
Begini Kesaksian Korban yang Berhasil Lolos, KKB Biadab!
Kamis, 06 Desember 2018 – 15:20 WIB

Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya

jpnn.com, WAMENA - Pasukan gabungan TNI – Polri telah menemukan 15 jenazah karyawan PT Istaka Karya yang menjadi korban kebiadaban KKB (kelompok kriminal bersenjata).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal menjelaskan, jenazah ditemukan tim evakuasi di Gunung Kabo, Distrik Yal Kabupaten Nduga, Rabu (5/12). Dengan ditemukannya 15 jenazah, Kamal menyebutkan hingga saat ini korban tewas berjumlah 19 orang yang terdiri dari 16 masyarakat dan karyawan PT. Istaka Karya, 2 anggota TNI, dan 1 anggota Polri.

“Sebelumnya ada satu masyarakat juga yang meninggal ditemukan sebelum 15 orang jenazah ini ditemukan sehingga ada 16 dari masyarakat. Dari Polri 1 Orang dan TNI 2 Orang. Saat ini 15 jenazah itu telah berada di tangan tim evakuasi yang sudah berhasil masuk ke Distrik Yal,”ungkap Kamal didampingi Kapolres Jayawijaya, AKBP. Jan Bernard Reba saat menggelar jumpa pers di Media Center Polres Jayawijaya, Rabu (5/12) malam.

Kamal menyebutkan, evakuasi terhadap anggota TNI atas nama Serda Handoko sudah dilakukan. Termasuk anggota Brimob atas nama Bharata Wahyu yang mengalami luka tembak di lengan sebelah kanan atas, juga sudah tiba di Batalyon 756 Wimane Sili, kemarin sekira pukul 18.05 WIT dan langsung dibawa ke RSUD Wamena untuk mendapat perawatan medis.

“Perlu kami informasikan tidak lama setelah anggota dievakuasi ke Jayawijaya, tim TNI-Polri sudah menguasai lereng puncak Kabo yang mana terjadi kontak tembak dan tim evakuasi menemukan 15 jenazah korban pembantaian,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan berdasarkan keterangan 12 masyarakat yang selamat, dipastikan bahwa yang meninggal itu adalah teman kerja mereka. Mereka juga kenal betul apa yang dilakukan KKB dan bagaimana cara melakukan penganiayaan itu.

“Besok (hari ini) akan kita evakuasi korban dan melanjutkan pencarian beberapa orang yang belum dapat kita temukan,” tandasnya.

“Untuk jumlah seluruh karyawan Istaka Karya ada 24 orang ditambah pimpinannya 1 orang jadi 25 orang sehingga informasi yang kita dapatkan itu 19 meninggal, 12 selamat, tinggal 2 orang yang masih dilakukan pencarian atau hilang,” sambungnya.

Untuk lokasi penganiayaan lanjut Kamal, nanti dari hasil olah TKP dan keterangan yang didapatkan akan membawa tim ke tempat-tempat yang diduga terjadi pembunuhan dan akan ditindaklanjuti serta akses ke lokasi juga cukup terjal.

Dari informasi yang dikumpulkan kepolisian sebelum pembunuhan, para karyawan ini didatangi oleh KKB pukul 15.00 WIT setelah mereka melasanakan acara bakar batu . Mereka didatangi dan dibawa, kemudian dipaksa jalan ke suatu tempat lalu dieksekusi.

“Keterangan dari saksi yang lolos, ada beberapa rekannya yang juga dieksekusi tidak jauh dari tempat itu, sehingga mereka ada yang melarikan diri kemudian dibacok dan ditembak. Untuk 8 orang yang dibawa ini merupakan laporan awal yang masih terus digali kebenarannya,”tegasnya.

Secara terpisah, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi menyebutkan 15 jenasah tersebut belum teridentifikasi.

“Dari laporan awal yang kami terima, ada 19 orang namun yang baru ditemukan anggota gabungan TNI-Polri sebanyak 15 orang. Tidak menutup kemungkinan masih ada korban lainnya,” ucap Aidi melalui sambungan telepon, Rabu (5/12).
Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya

--------------------------------

Berani nggak yak! Jokowi datangi TKP untuk memberikan semangat dan simpati pada para pekerja disana sehingga mereka tak takut untuk tetap meneruskan proyek infrastruktur di Papua itu sesuai keinginan Jokowi sebelumnya? Itulah ancaman riel NKRI sebenaanya, pakde .. yaitu separatisme Papua itu ... bukan kerumunan orang-orang baik yang reunian di Monas itu!

emoticon-Sorry

"Gaj ahmada oh gaj ahmada antum di klaim sebagai pejabat beragama hindu oleh kaum kuffar sekarang warisan perjuanganmu di sia siakan oleh rezim thoghut laknatullah pengkriminal ulama" - fulan bin fulan laskar komando alumnus 212. 41thn status masa ta'aruf, pekerja outsource PT. Changkem Mingkem

Hulaihi hulahi
Berlawanan opini dgn kita maka intoleran, radikal, mau bikin pemerintahan sendiri padahal gak ada angkat senjata.
Ini yg beneran, bunuh culik perkosa, memerangi, sepi dari teriakan NKRI harga mati karena seimin.


Quote:


Jubir OPM Blak-Blakan pada Jawa Pos, Ini Isi Dialog Lengkapnya
Balasan post TraderBT
Quote:


uit, nataik lagi bangun opini kasus ini konspirasi PKS tuh,

tar lama2 OPM jadi "korban" menurut nastaik emoticon-Wakaka

coba nastaik berani ke papua beneran dan bilang ke muka OPM "elu2 ini korban media PKS"
gak balik rumah tuh kayaknya emoticon-Wakaka
Salut... Dengan lantang mengakui, gak kayak kentut yang setiap ada kasus selalu denial dan sembunyi dibalik agama...
Hulaihi...!
emoticon-Belgia

Tapi gue tetep dukung TNI ganyang gerakan separatis bersenjata yang satu ini...
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kbeniadip
Quote:


29 x 2.500 = 72.500 pasukan. dikit lah. masih kalah jauh dibandingin angka 11 juta eh 8 juta eh 13 juta

Bukankah proyek itu untuk menyejahterakan rakyat Papua?
Kami tidak membutuhkan pembangunan. Yang kami butuhkan adalah kesempatan menentukan nasib sendiri dengan referendum.



fix mah ini udah pekok kuadrat.. dibantu kagak mau..
Diubah oleh biaozi
APEL SIAGA TNI & POLRI di Jakarta hadapi "aksi damai" Reuni 212 ...

Aksi damai kata Ts nya? Kalau damai mah di rumah saja bobok. Bilang saja merasa diri diperlakukan sebagai teroris dan merasa pemerintah pilih kasih.
Bleki lapar galak kenyang bego,btw nastaik lupa kasi makan kali emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ki.joko.cebong
Dengan sadisnya opm tidak membuat HTI auto pro NKRI,atau aksi togel 212 anjing menjadi pure gerakan keagamaan..

Same shit different place..

Papua hak penuh indonesia karena jajahan belanda beda dengan timor leste bekas jajahan portugis.


Ingat 31 pekerja yang di bantai sadis itu tanpa perlawanan di sandera,lalu di tembaki..


Anjing gayus fasis emoticon-fuck

Balasan post kartika2019
Quote:


Gan....jokowi itu presiden RI 1
jokowi kenapa2...efeknya besar bgt bagi negara ini....

SIAPA DALANGNYA HEHEHEHHEHE??

AUSSIE?
US??
APA KOMPOR POLITIK PILPRES??

JANGAN MAU JADI TIMOR LESTE KEDUA

MAU JADI NPG 2 ??
Diubah oleh mantanesdm
Balasan post kartika2019
Quote:


Presiden datangi tkp pemberontak...wow.logika yg bowo sekali.
Balasan post biaozi
Quote:

Ya kalo pake kacamata papua
Ibarat belanda yang bangun infrastruktur di tanah jawa. Tp msh diatur2 belanda mau kagak lu emoticon-Big Grin
Quote:


loh belanda bangun proyek tapi pake tenaga kerja pribumi dengan cara kerja rodi.. lah di papua.. mereka tinggal duduk sama mabok doank.. orang luar papua jg yg bangun infrastruktur buat mereka.. emoticon-Cape d... (S)
Weleh,

HAM, mana HAM
Giliran mereka di bantai, baru tereak2

emoticon-Cape d...
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di