alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09b9fedcd770ce438b4567/kisah-jimmy-pura-pura-mati-hingga-selamat-dari-pembantaian-opm

Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM

Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM


Rabu, 05 Desember 2018 - 12:29 WIB

Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM


Salah satu korban selamat dari pembantaian OPM menceritakan sempat pura-pura mati hingga berhasil kabur. Foto: Ilustrasi



WAMENA - Jimmy Aritonang, salah satu karyawan PT Istaka Karya yang selamat dari pembantaian Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), atau Organisasi Papua Merdeka (OPM). Bahkan ia sempat pura-pura mati usai rekannya diberondong peluru.

Pria ini menceritakan ia dan rekannya pura-pura mati, seusai OPM memberondong puluhan pekerja lainnya sesama karyawan PT Istaka Karya yang sebelumnya telah disandera.

Kepada pasukan penyelamat dari Satgaspamrahwan Kodam XVII/Cenderawasih Jimmy menceritakan kronologi peristiwa yang dia alami selamat dari pembantaian OPM, bahwa pada Sabtu 1 Des 2018 seluruh karyawan PT Istaka Karya memutuskan untuk tidak bekerja karena pada hari itu ada upacara peringatan 1 Desember yang diklaim sebagai hari kemerdekaan OPM dan dimeriahkan dengan upacara bakar batu bersama masyarakat.

Jimmy menuturkan, sekitar pukul 15.00 WIB kelompok OPM mendatangi Kamp PT Istaka Karya dan memaksa seluruh karyawan berjumlah 25 orang keluar selanjutnya digiring menuju Kali Karunggame dalam kondisi tangan terikat dikawal sekitar 50 orang OPM bersenjata campuran standar militer.

Keesokan harinya, kata Jimmy, Minggu 2 Desember 2018 pukul 07.00 WIT seluruh pekerja dibawa berjalan kaki dalam keadaan tangan terikat menuju bukit puncak Kabo, di tengah jalan mereka dipaksa berbaris dengan formasi 5 shaf dalam keadaan jalan jongkok.

"Tidak lama kemudian para anggota OPM dalam suasana kegirangan menari-nari sambil meneriakkan suara hutan khas pedalaman Papua, mereka secara sadis menembaki para pekerja. Sebagian pekerja tertembak mati di tempat sebagian lagi pura-pura mati terkapar di tanah," ungkap Jimmy dikutip dari keterangan tertulis yang dikirimkan Pendam Cenderawasih ke SINDOnews, Rabu (5/12/2018).

Setelah itu. lanjut dia, OPM meninggalkan para korban melanjutkan perjalanan menuju bukit Puncak Kabo. Lalu sebanyak 11 orang karyawan yang pura-pura mati berusaha bangkit kembali dan melarikan diri

"Namun malangnya mereka terlihat oleh sejumlah anggota OPM sehingga mereka dikejar. Kemudian lima orang tertangkap dan digorok oleh OPM (meninggal di tempat), enam orang berhasil melarikan diri ke arah Mbua, dua orang diantaranya belum ditemukan sedangkan empat orang satu diantaranya saya selamat setelah diamankan oleh anggota TNI di Pos Yonif 755/Yalet di Mbua," ujarnya.

Jimny kembali menceritakan, bahwan pada Senin 3 Desember 2018 sekitar pukul 05.00 WIT Pos TNI 755/Yalet tempat dia dan rekan lainnya diamankan diserang oleh anggota OPM bersenjata standar militer campuran panah dan tombak. 

"Rupanya mereka tetap melakukan pengejaran. Serangan diawali dengan pelemparan batu ke arah Pos sehingga salah seorang anggota Yonif 755/Yalet atas nama Serda Handoko membuka jendela sehingga tertembak dan meninggal dunia. Anggota pos membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak dari jam 05.00 pagi hingga 21.00 WIT. Karena situasi tidak berimbang dan kondisi medan yang tidak menguntungkan, maka pada Selasa 4 Desember pukul 01.00 WIT, Danpos memutuskan untuk mundur mencari medan perlindungan yang lebih menguntungkan, saat itulah salah seorang anggota atas nama Pratu Sugeng tertembak di lengan," paparnya.

Kemudian, menurut Jimmy pada hari Selasa 4 Des 2018 pukul 07.00 WIT Satgas gabungan TNI-Polri berhasil menduduki Mbua dan melaksanakan penyelamatan serta evakuasi korban.

"Jumlah korban yang dipastikan meninggal dunia dibantai oleh OPM di lereng bukit puncak Kabo adalah 19 orang," tandas Jimmy.

Sumber Berita
=====================
Komen TS

Waduuhhh.. bagaimana ini sodara...sodara.. Berita ini harus ditutupi dan diganti... Pokoknya jangan sampai dijuluki teroris.. harus dijuluki kasih.. 

Thread ane lainnya ttg berita terkait

IKT Belum Tahu Jumlah Warga Toraja Korban Penembakan KKB Papua
Ini Daftar Pekerja PT Istaka Karya yang Jadi Korban OPM di Papua
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Kelompok penembak dgn kasih
turut emoticon-Berduka (S) buat korban..
Balasan post TraderBT
Quote:


iya, kasih tembak dan kasih matiemoticon-Ngakak
Balasan post abigiga2
Quote:


Turut berduka juga buat nastaik yg blunderemoticon-Kaskus Banget
Jangan diviralkan yg beginian, bisa buat OPM hati2

Sebaiknya surat kabar apapun, jgn nulis cara mereka selamat, cukup tulis mereka telah selamat itu saja
Waduh kalo terorisnya tau lain kali dipastikan semua.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Pasti nanti d sangkut pautkan ke oposisi

Nastak emg tolol
Habisi saja sudah
Masa cuma segerombolan manusia primitif gitu gak bisa dibasmi

Kalo perlu pentolannya yg di luar negri disikat sekalian
Quote:


opm papua gak menyerang di pulau lain selain papua
beda dengan komunis hti menyebar dimana mana layaknya kanker yang harus dibasmi
Quote:


Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
rasmonyet
Ya syukurlah selamat.
Yang komen menyangkut pautkan dengan agama mereka sebenarnya orang goblok. Giliran ada pemboman "teroris tidak beragama", ketika OPM bergerak langsung nyari alasan buat nyerang. MANUSIA GOBLOK. Pantes Indonesia gampang diprovokasi, isinya manusia dari sperma basi.
Mending lu urus agamamu sendiri. Tuh Habib Bahar lagi kena kasus, memalukan apa kagak? Ustad kok teriak teriak mengujarkan kebencian. Apakah ini ajaran agamanya?
kenapa banyak yang nafsu pengen nama KKB diganti jadi TERORIS ya?

apa mereka orang orang yang sakit hati pahlawan pujaannya dicap teroris lalu dihukum mati?
Quote:

apa lalu pengikut habib bahar membabi buta menyerang orang laen dengan senjata?
Quote:

kenapa gak boleh dengan kata teroris? apakah teroris banya diperuntukkan buat orang muslim aja? apakah kekerasan yg dilakukan para simpanse ini buat lu adalah hal yg wajar dan lumrah? 👏
Quote:


sah sah aja dianggep teroris, malah kalo statusnya jadi teroris densus88 dan Satgultor81 bisa turun. btw, yang sering bilang cuma muslim aja yang disebut teroris sebenarnya salah. ada juga kristen garis keras disebut teroris, contohnya Anders Behring Breivik emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di