alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bobol Verifikasi, Petani Bawang Putih Merugi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c095c205a5163a0438b4570/bobol-verifikasi-petani-bawang-putih-merugi

Bobol Verifikasi, Petani Bawang Putih Merugi

Spoiler for nyengir:


Cerita sedih mengenai ratusan petani bawang di Jawa Tengah yang tertipu, harusnya tidak perlu terjadi. Para petani bawang putih di Getasan, Jawa Tengah itu, menjadi korban penipuan dari importir bawang putih. Karena importir tidak menjalankan kewajiban tanam 5 persen dari kuota impornya.

Importir tersebut membuat perjanjian kontrak dengan petani untuk memberikan bibit bawang putih. Namun, perjanjian tersebut tidak dijalankan dan petani bawang tidak bisa menanam di lahannya sendiri.

Kisah penipuan itu, harusnya tidak terjadi. Itu bisa dicegah sejak awal. Kunci sekaligus penjaga utamanya adalah Kementerian Pertanian (Kementan).

Pasalnya, sebelum memperoleh ijin impor, Kementan mewajibkan agar para importir bawang putih itu mengalokasikan dana untuk sarana produksi, bibit, dan segala sesuatu yang terkait dengan produksi bawang putih. Setidaknya, para importir itu mesti bisa membantu petani bawang putih untuk memproduksi sebanyak 5% dari total kuota impor yang mereka peroleh.

Ketentuan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Rencana Impor Produk Hortikultura (RIPH), disebutkan bahwa pengusaha atau importir diwajibkan menanam 5 persen bibit bawang putih di dalam negeri dari jumlah rencana impor yang akan diajukannya. Alih-alih ditepati, para importir yang sudah diverifikasi Kementan itu, kini ingkar janji.

Ironisnya, Kementan lewat Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, mengakui bahwa cerita penipuan semacam ini tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Tapi juga terjadi di wilayah lain di Indonesia. Modusnya sama. Importir tidak memenuhi komitmennya. Padahal petani sepakat menyiapkan lahan, sedangkan importir wajib memenuhi sarana produksi dan bibit.

Setelah para petani tertipu, pihak Kementan sekarang Cuma bisa menjanjikan akan memasukkan para importir ke dalam daftar hitam. Sehingga mereka tidak bisa lagi mengajukan ijin impor. Namun tidak tertutup kemungkinan, para importir daftar hitam ini bisa kembali beraksi dengan nama dan rupa yang berbeda. Mungkin saja mereka sadar bahwa Kementan kita kurang jeli.

Sebenarnya, ada hal lain yang bisa dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman bagi para petani bawang putih. Ketimbang duduk pasif dan berpeluang lagi dikadali, Mentan bisa saja lebih aktif memperkuat petani bawang putih dalam negeri.

Misalnya dengan memberikan subsidi benih unggul dan pupuk kepada petani bawang agar dapat meningkatkan kualitas serta jumlah produksinya. Selain itu, pemerintah juga perlu membuat kebijakan menambah luas tanam dan memperkuat kerja sama antara pihak swasta bersama petani dengan asas saling menguntungkan.

sumur

Spoiler for keinjek:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gak usah nyalahin jokolah lah mentri pertanian dan pejabat terkait yg perlu dimaki
Balasan post yuswijaya
Quote:


Dalam pemerintahan negara ga sama dengan perusahaan. Pimpinan punya tanggung jawab yang dinamakan kewajiban pengawasan melekat. Yang artinya kegagalan dan kesalahan anak buah itu harus ditanggung pimpinan karna itu dia, ada kewajiban pengawasan melekat.

LAN RI (1997: 160), mengemukakan pengertian Pengawasan melekat (Waskat) yaitu pengawasan yang dilakukan oleh setiap pimpinan terhadap bawahan dan satuan kerja yang dipimpinnya.

https://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/10/pengawasan-melekat.html?m=1

Gagal ngawasin mentri nya menyebabkan banyak rakyat sengsara sudah seharusnya presiden juga harus tanggung jawab.
Diubah oleh Critical.4x


Quote:


Dah dibilang urusan mentri ya urusan mentri

emoticon-Marah

Masak semua sampek ke presiden, urusan ecek2

emoticon-Marah

Dasar 212 kampreters nyinyir aja bisanya
Balasan post bang.oma
Quote:


Trus kenapa sudah tau menyusahkan rakyat tapi mentri nya ga diganti presiden? Artinya secara tidak langsung presiden juga mau menyusahkan rakyat.
Gw bukan kampret, hanya rakyat waras.
Balasan post Critical.4x
Quote:


dasar kampret pura2 aja bisanya

emoticon-Marah

bisa2nya bilang presiden menyusahkan rakyat, dasar radikal teroris anti nkri 212 mania hti

emoticon-Marah
Quote:


gan, id bang.oma itu cuma sarkas ke cebong2 baik, lu baperan amat jd org emoticon-Big Grin
Balasan post wj2004
Quote:


Iya yah

Gw tau si abang sealiran kita emoticon-Shutup


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di