alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Pentingnya Testimoni untuk Bisnis Onlinemu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08ce1d96bde65e488b456c/pentingnya-testimoni-untuk-bisnis-onlinemu

Pentingnya Testimoni untuk Bisnis Onlinemu

Apakah kamu punya bisnis online? Menjalankan bisnis online memang sedikit berbeda dengan bisnis konvensional karena calon pembeli tidak dapat melihat langsung produk yang akan dibeli. Mereka hanya melihat produk tersebut dari gambar yang telah diupload. Hal inilah yang membuat calon pembeli yang kurang percaya dengan produk online yang ditawarkan. Apalagi banyak pelaku bisnis curang yang tidak bertanggungjawab dan mengirim produk yang tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi.

Pentingnya Testimoni untuk Bisnis Onlinemu
 
Jika kamu menjalankan bisnis online, inilah tantangan untukmu untuk menarik lebih banyak pembeli. Memang, salah satu cara yang bisa kamu pilih ialah dengan menggunakan online ads, namun bagaiman untuk pebisnis online pemula yang belum memiliki modal besar untuk online ads? Jawabannya ialah dengan memanfaatkan testimoni yang diberikan oleh para konsumen. Faktanya, testimoni sangatlah penting untuk membantu mengembangkan bisnismu. Bagaimana bisa? Simak penjelasan singkatnya pada ulasan di bawah ini.
 
1. Membangun citra baik bisnismu

Dengan adanya testimoni dari para pelanggan, inilah kesempatan untuk membangun citra baik bisnismu. Namun hal ini hanya berlaku untuk testimoni dengan komentar positif saja bukan sebaliknya. Karena itulah kamu harus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pelangganmu sehingga kamu bisa dapatkan testimoni positif.
 
Berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Pertama, pastikan jika kamu menjual produk yang sesuai dengan gambar dan deskripsi. Selain itu, pelayanan yang baik seperti packing rapi, pengiriman tepat waktu dan juga respon chat yang cepat. Jika kamu telah mendapatkan testimoni positif, secara otomatis citra bisnismu pun akan lebih baik.
 
2. Dapat membantu evaluasi bisnis

Jika testimoni positif akan sangat membantu dalam membangun citra bisnis yang baik, maka testimoni negative bukan berarti tidak berguna. Memang bagi pemilik bisnis testimoni yang satu ini sama sekali tidak diinginkan. Akan tetapi kenyataannya, kamu juga perlu mendapatkan kritikan melalui ketidakpuasan para pelanggan melalui testimoni yang kurang memuaskan.
 
Dengan adanya testimoni tersebut kamu dapat belajar untuk mengevaluasi bisnis onlinemu. Jangan pernah merasa kecewa dengan adanya testimoni negative, justru menfaatkan untuk memperbaiki kekurangan bisnismu sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk memberikan permintaan maaf untuk ketidakpuasan pelanggan dan terima kasih untuk saran yang mereka berikan.
 
3. Membantu membangun kepercayaan customer

Hal penting lain dari adanya testimoni ialah membantumu dalam membangun kepercayaan konsumen. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya jika kepercayaan konsumen terhadap produk online bisa dibilang lebih rendah jika dibandingkan dengan produk bisnis konvensional. Karena itulah, kamu memerlukan testimoni-testimoni positif yang akan membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.
 
Dengan semakin banyak pelanggan yang memberikan testimoni positif maka kesempatanmu merebut kepercayaan pelanggan akan semakin besar. Tidak heran memang, calon pembeli akan melihat review konsumen lain ketika ingin membeli produk secara online.

4. Dapat dijadikan materi iklan

Bukan hanya 3 hal di atas saja, dari testimoni kamu juga bisa membuat materi iklan. Untuk kamu yang sedang tidak memiliki ide iklan untuk bisnis onlinemu, kamu bisa mengecek testimoni dari pembeli dan buatlah materi iklan dari ulasan yang diberikan oleh konsumenmu.
 
Misalnya saja ialah kamu menjual produk fashion seperti kaos dan mendapatkan review mengenai bahan yang nyaman. Dari testimoni tersebut, kamu kembangkan menjadi materi iklan ciri-ciri bahan kaos yang berkualitas yang nantinya akan mengajak audience berkunjung ke toko onlinmu. Ide yang menarik, bukan?
 
5.  Merupakan pemasaran tanpa biaya

Pernahkah kamu berpikir untuk melakukan pemasaran tanpa biaya alias gratis? Hal ini bukan sesuatu yang tidak mungkin karena kamu bisa melakukannya melalui berbagai testimoni yang telah kamu dapatkan dari para konsumenmu. Contohnya saja ialah saat konsumenmu memberikan komentarnya melalui media sosial yang mereka miliki dan tag akun online shopmu. Secara otomatis kamu telah mendapatkan promosi secara gratis dari konsumenmu. Tapi ingat, jika kamu ingin mendapatkan hal ini, kamu pun wajib memberikan pelayanan terbaik sehingga akan ada semakin banyak konsumen yang melakukan hal yang sama.
 
Jadi, kini kamu sudah tahu pentingnya testimoni untuk bisnis onlinemu, bukan? Untuk kamu yang belum memulai bisnis, kamu telah mendapatkan ilmu baru dalam berbisnis dan segera manfaatkan ilmunya untuk membuka bisnis onlinemu sekarang juga!


Sumber 1
Sumber 2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di