alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Khasiat 12 Makanan Untuk Sakit Tulang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08c1d6e0522799408b4567/khasiat-12-makanan-untuk-sakit-tulang

Khasiat 12 Makanan Untuk Sakit Tulang

Tulang merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Tulang sendiri membutuhkan nutrisi khusus agar tetap kuat dan juga sehat, Kandungan kalsium serta vitamin D adalah merupakan dua hal yang kebanyakan orang tahui. Namun, tahukah anda bahwa protein, asam lemak omega-3, vitamin A, C, K, dan juga magnesium juga penting untuk kesehatan tulang.

Menurut pepatah mengakatakan apa yang kau tanamn, itu yang kau tuai. Hal ini tentu saja berlaku dalam segala aspek, termasuk pola hidup. Apabila anda menerapkan pola hidup sehat, maka tentu saja tubuh sehat lah yang akan anda dapatkan.


Jika anda menginginkan sendi, otot, dan tulang yang sehat dan kuat hingga tua nanti, maka dari itu, anda sudah harus menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. Salah satunya yakni dengan cara menjaga asupan nutrisi makanan. Berikut ini adalah beberapa Makanan Untuk Sakit Tulang, diantaranya :

1. Telur

Kandungan vitamin D yang besar di dalam telur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, vitamin D tersebut hanya terdapat di dalam kuning telur. Maka dari itu, apabila anda lebih memilih untuk mengkonsumsi dadar dari putih telurnya, anda harus mendapatkan vitamin D dari sumber makanan lainnya.

2. Ubi Manis

Tidak hanya vitamin D dan kalsium saja, magnesium dan pottasium pun mampu mendukung kesehatan tulang. Apabila kekurangan magnesium, anda juga dapat mengalami masalah pada keseimbangan vitamin D dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kekuatan tulang anda.

Kandungan pottasium sendiri menetralkan asam dalam tubuh yang menyedot kalsium dari tulang. Salah satu cara untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut adalah dengan mengkonsumsi ubi manis yang dipanggang tanpa garam.

3. Almond Butter

Kacang almond memiliki jumlah kalsium tertinggi dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Selain itu, anda juga dapat mendapatkan manfaat kalsium yang sama dalam bentuk mentega. Almond butter ini tidak mengandung kolesterol dan lebih rendah lemak dibandingkan dengan selai kacang biasa. Terlebih lagi, kacang almond ini mengandung pottasim serta protein dan nutrisi lainnya yang memiliki peran pendukung dalam membentuk kekuatan tulang.

4. Susu

Minuman yang satu ini merupakan sumber kalsium yang sangat baik yang mampu membantu tulang anda tetap kuat. Satu cangkir susu ternyata mampu memberi hampir sepertiga kebutuhan nutrisi kalsium harian anda. Selain itu, susu juga diperkaya dengan kandungan vitamin D, untuk memastikan tubuh anda menyerap kalsium, bersama dengan beberapa vitamin tambahan vitamin A juga. Konsumsi susu yang rendah lemak.

5. Paprika Manis

Sayuran yang satu ini sangat baik untuk tulang anda dikarenakan mengandung vitamin A dan juga C. Selain itu, paprika manis ini juga memiliki beberapa vitamin K. Hal ini tentu saja membuat diet anda menjadi baik karena rendah kalori dan juga merupakan sumber vitamin B dan serat yang baik.

6. Ikan Salmon

Kandungan vitamin D serta asam lemak omega-3 terdapat di dalam ikan salmon ini. Kandungan yang ada pada ikan salmon tersebut dibutuhkan tulang anda agar tetap kuat dan sehat, dan salmon juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Meskipun kaya akan lemak sehat, ternyata ikan salmon juga tidak tinggi kalori.

7. Jus Jeruk

Perlu anda ketahui bahwa segelas jus jeruk segar secara alami tidak mengandung vitamin D atau pun kalisum. Akan tetapi, jus ini seringkali diperkaya dalam proses produksinya untuk mengandung kedua nutrisi tersebut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa asam askorbat di dalam jus jeruk dapat mendukung penyerapan kalsium.

8. Protein Vegetarian

Salah satu contoh dari protein nabati adalah tahu yang merupakan andalan dalam masakan Indonesia. Dari setengan cangkir tahu mengandung lebih dari 400 miligram kalsium. Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan isoflavone dalam kedelai sangat bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

9. Sayuran

Terdapat banyak kandungan kalsium di dalam sayuran. Sayuran yang memiliki daun gelap seperti selada air, sayuran collard, arugula, dan juga kale, merupakan sumber kalsium non-susu terbaik. Satu cangkir dari sayuran lobak yang dimasak mengandung sekitar 200 miligram kalsium yang mampu mencukupi 20% dari kebutuhan harian anda.

10. Buah Ara

Makanan selanjutnya untuk sakit tulang adalah buah ara. Sekitar 90 miligram kalsium dan nutrisi pendukung lainnya seperti magnesium dan pottaisum bisa didapat hanya dengan mengkonsumsi 5 buah ara. Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa mengkonsumsi buah ara setiap hari, bersama dengan suplemen kalsium dan vitamin D, dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan memperlambat pengeroposan tulang.

11. Sirut Tebu

Beda halnya dengan gula putih yang halus, sirup tebu sendiri adalah merupakan sumber kalsium. Sekitar 1 sendok makan sirup tebu untuk pengganti gula, biasanya anda akan mendapatkan 41 miligram kalsium. Biasakan untuk menggunakan sirup tebu daripada madu di atas yoghurt anda atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

12. Biji Labu

Salah satu makanan terakhir yang mengandung protein dan juga kalsium adalah biji labu. Selain kandungan-kandungan tersebut, magnesium dan asam lemak omega-3 di dalam biji labu ini sangat baik. Tidak hanya itu saja, biji labu ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai cemilan yang bagus atau penambahan di dalam salad.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di