alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Himbau Pengusaha & Investor Untuk Tidak Ekspor Bahan Mentah Lagi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08ae73dbd770b9298b4567/jokowi-himbau-pengusaha-amp-investor-untuk-tidak-ekspor-bahan-mentah-lagi

Jokowi Himbau Pengusaha & Investor Untuk Tidak Ekspor Bahan Mentah Lagi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau pengusaha untuk menghentikan ekspor bahan mentah. Mereka diminta fokus mengembangkan industri hilir.

Jokowi mengatakan, Indonesia butuh untuk segera mengembangkan hilirisasi. Negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah namun kekayaannya tak bisa dinikmati.

Jokowi Himbau Pengusaha & Investor Untuk Tidak Ekspor Bahan Mentah Lagi

Dia mencontohkan kekayaan mineral bauksit. Setiap tahun Indonesia mengekspor jutaan ton dengan harga di kisaran US$ 35 per ton. Namun di saat yang sama, pabrik aluminium di dalam negeri mengimpor ratusan ribu ton alumina, produk turunan bauksit. "Kalau dari dulu dibangun industri alumina, impor tidak perlu terjadi," katanya.

Kasus yang sama juga terjadi terhadap batubara. Jokowi mencatat, Indonesia mengekspor kurang lebih 480 juta ton batubara mentah. Padahal sumber daya tersebut bisa diolah untuk LPG, TNT, hingga avtur. Indonesia sendiri mengimpor 4 juta ton LPG tiap tahun.

Jokowi mengatakan pengembangan industri hilir kelapa sawit juga berpotensi menguntungkan Indonesia. Produksi CPO Indonesia per tahun mencapai 42 juta ton. Dengan hilirisasi, contohnya dengan B20, Indonesia bisa menghemat jutaan ton impor solar.

Dampak dari hilirisasi, menurut Jokowi, akan sangat bermanfaat. Terutama, bagi defisit transaksi berjalan (CAD) yang sangat menjadi perhatian khusus Jokowi selama dua tahun terakhir. Dengan hilirisasi, impor dapat ditekan dan mengurangi CAD.

Hilirisasi juga mampu mendorong PDB Indonesia. Jokowi merujuk pada kasus nikel. Indonesia telah mengekspor jutaan ton nikel dengan harga US$ 30 per ton. Dengan hilirisasi nikel menjadi feronikel, dia mencatat ada empat kali nilai tambah yang mampu dihasilkan. "Coba kalau kita bangun industri nikel 100 persen daro dulu. Akan naik 400 persen GDP, naik 4 kali lipat," ujarnya.

Spoiler for Sumber:



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
hmmmmm...
klo dibutuhkan terus dr dlm negri belom bisa memenuhi terus piye jal??
Cuman himbauan nih pak dhe?
makanya gak boleh export CPO
yg di export Gorengan aja emoticon-Leh Uga
Namanya kitak tak ada ilmu sainstek untuk mengolah bahan mentah menjadi barang bernilai jauh lebih tinggi kyk mobil, komputer, smatphone, pesawat .
Balasan post masmomon
Quote:


Kan bahas ekspor mbah... emoticon-Embarrassment
Balasan post 73873673
Quote:


ooo iya ya..
kirain tadi impor.
ya sudah
lanjutken
Masalah nya alat alat nya masih mahal, beli mesin press , mesin potong logam. Ngecor logam. Makanya sulit berkembang.
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di