alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Divestasi Saham Freeport Rampung Sebelum 15 Desember 2018, Bisakah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08ad5514088d11678b4572/divestasi-saham-freeport-rampung-sebelum-15-desember-2018-bisakah

Divestasi Saham Freeport Rampung Sebelum 15 Desember 2018, Bisakah?

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan proses divestasi Freeport akan rampung dalam dua minggu ke depan. Selama periode waktu itu, masih ada proses finalisasi dalam perpajakan dan lingkungan.

Persoalan perpajakan dan lingkungan, kata Rini merupakan hal yang masih dalam proses finalisasi. Dia mengatakan bagian tersebut masih akan dibahas bersama Menteri Keuangan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Mungkin makan waktu dua minggu lagi," kata Rini di kediaman pribadinya, Sabtu, 30 Juni 2018.

Divestasi Saham Freeport Rampung Sebelum 15 Desember 2018, Bisakah?

Dalam hitungannya, kata Rini, harga divestasi Freeport akan mencapai US$ 3,5 miliar hingga US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 56 triliun. "Antara US$ 3,5 miliar sampai US$ 4 miliar, ini masih finalisasi," ucap dia. .

Nilai tersebut, kata Rini, sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sebelum hari raya Idul Fitri. Selanjutnya, proses yang akan diselesaikan ialah soal detil perjanjian antar dua pihak.

Rini berujar, kerja sama ini merupakan hal yang krusial. Dia menginginkan pengelolaannya secara transparan dan profesional. "Bagaimana menjaga supaya tidak mengintervensi pemerintah dan benar-benar dikelola secara terbuka," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan melakukan pertemuan tertutup dengan CEO Freeport Richard Adkerson di Hotel Four Seasons, Washington, Senin siang atau Selasa dini hari, 25 Juni 2018.

Menurut Jonan, seluruh isu dalam perundingan dengan pihak Freeport relatif sudah disepakati. Poin terakhir yang tengah dalam tahap finalisasi adalah divestasi saham Freeport Indonesia sebesar 51 persen.

Terkait dengan divestasi, Jonan menyatakan hal tersebut akan sangat bergantung pada kesiapan PT Inalum (Persero) sebagai badan usaha milik negara yang akan membeli saham Freeport Indonesia. Menurut dia, Inalum perlu mencari pinjaman untuk proses akuisisi tersebut.

"Kalau itu siap, saya harap minggu depan bisa ada joint statement bersama antara CEO Freeport McMoRan dan pemerintah bahwa ini (divestasi) sudah sepakat 51 persen, dikelola bersama, sepakat membangun smelter, sepakat menjadi IUPK (izin usaha pertambangan khusus), dan penerimaan negara lebih tinggi,” kata Jonan saat itu.

Spoiler for Sumber:

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
"Mungkin makan waktu dua minggu lagi," kata Rini di kediaman pribadinya, Sabtu, 30 Juni 2018.

emoticon-Stick Out Tongue
Divestasi Saham Freeport Rampung Sebelum 15 Desember 2018, Bisakah?
Bagikan:
inShare

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menegaskan pembayaran divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) oleh PT Inalum (Persero) rampung sebelum tanggal 15 Desember 2018.

Rini mengatakan, pada saat yang bersamaan pun Kementerian Hukum dan HAM akan mencatat bahwa pemerintah telah menguasai 51% saham Freeport Indonesia.

"Jadi sekarang kita targetkan bisa sebelum tanggal 15 (Desember) kita melakukan pembayaran. Kalau waktu kita melakukan pembayaran pada hari yang sama itu Kemenkumham mencatat kita memiliki 51%," ujarnya di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Ia menambahkan, setelah dicatat maka bakal menyampaikan laporan tersebut kepada Menteri ESDM, Ignasius Jonan agar menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk Freeport Indonesia.


"Setelah tercatat 51% kita bawa ke Menteri ESDM, saya sudah punya 51% tolong keluarkan IUPK yang baru," katanya.

Ia menjelaskan, persoalan rumusan perpajakan hingga lingkungan yang selama ini harus diselesaikan pun sudah masuk dalam draft IUPK. Khusus mengenai perpajakan, skemanya tetap mengedepankan stabilitas investasi tanpa mengurangi pendapatan negara. Oleh karena itu, pihaknya berharap pada tanggal 15 Desember 2018 seluruh proses divestasi saham Freeport Indonesia bisa diselesaikan.

"Harus satu hari itu, dari pagi sampai sore harus beres, insya Allah, doain ya," harapnya.

kok bisa beda isi ?
emoticon-Stick Out Tongue
kita lihat saja
15 udah dekat
semakin takut sama gerakan Papua merdeka nih

emoticon-Takut
Diubah oleh nyairara
ketahan isu lingkungan neh jgn2. emoticon-Shutup
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di