alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c087f02ddd7700c5d8b4569/tips-menciptakan-website-yang-mobile-friendly

Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly

Website yang mobile friendly sangatlah penting di era millenials saat ini, terutama dalam hal perkembangan traffic website anda saat menggunakan jasa domain hosting. Pasalnya, Google telah menciptakan sebuah kebijakan baru bernama Mobilegeddon. Dalam kebijakan ini, mereka akan mengurangi ranking atau peringkat website yang tidak mobile friendly. Dengan kata lain, tak perlu heran jika tiba-tiba rangking situs anda menurun drastis, meskipun anda sudah melakukan berbagai cara SEO. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya jumlah pengunjung yang berkunjung ke situs anda menggunakan gadget atau smartphone. Kebijakan tersebut juga dikarenakan total penggunakan perangkat smartphone yang meningkat untuk membuka web-web yang ada di internet. Artinya desktop bukan lagi satu-satunya alat yang dipakai untuk membuka situs.

Hal ini kemudian mendorong algoritma Google untuk berubah. Karena itulah, para pemilik web wajib berpikir tentang cara menciptakan sebuah website yang mobile friendly. Dengan memiliki tampilan yang nyaman untuk pengguna maka sudah pasti mereka akan betah berkunjung lagi atau berlama-lama di situs yang anda miliki. Disinilah traffic anda pun juga akan terkena pengaruh, yakni semakin banyak mengikuti algoritma mesin pencari saat ini. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa anda terapkan untuk membantu anda menciptakan website yang mobile friendly.

Terapkan Desain Yang Responsif

Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly


Penerapan desain yang responsive adalah bagian dari website yang mobile friendly yang paling penting. Seorang web developer wajib untuk membuat website yang bisa tampil dengan beragam ukuran apabila perangkat yang dipakai user berbeda. Dengan memiliki tampilan yang responsive, maka pengguna pun akan bisa merasa nyaman pada saat menggunakannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain tata letak visual, ukuran layar, dan juga orientasi pengguna. Pasalnya, pengunjung membutuhkan website yang mampu menampilkan gambar lebih fleksibel dan penempatan item yang efektif sehingga tidak mengganggu pandangan mata.

Sesuaikan Ukuran Font dan Tombol

Ukuran juga harus diperhatikan terutama dalam hal tombol dan font. Jika ukurannya pas, maka pengguna smartphone akan mudah mengakses situs tersebut. Disini ukuran font yang dianjurkan sebaiknya 14px. Dengan ukuran ini maka pengguna tidak akan kesulitan membaca isi dari web tersebut. Bahkan terkadang mereka sampai harus melakukan zoom karena apa yang dibaca tidak kelihatan. Jangan memberi ukuran kurang dari 12px karena itu adalah batas minimum ukuran font yang anda gunakan. Penerapan font dan tombol web untuk pengguna smartphone memang sangat penting karena ini berkaitan langsung dengan user experience atau pengalaman penggunanya.

Selalu Pakai Gambar Dengan Resolusi Tinggi

Hal yang perlu ditekankan lagi adalah penggunaan gambar dengan resolusi yang tinggi! Meskipun nanti dipakai untuk website yang mobile friendly, anda juga harus tetap menyuguhkan gambar yang baik dilihat penggunanya. Pengalaman pengguna yang melihat gambar dengan resolusi jelek pasti akan terganggu. Gambar yang jelek juga akan kurang sedap dipandang mata. Hindari menggunakan gambar yang terlalu blur sehingga tidak dipahami apa maksudnya. Utamakan menggunakan gambar dengan resolusi yang bagus agar siapa saja paham dengan maksud yang anda utarakan didalamnya.

Non Aktifkan Fitur Default Zoom

Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly


Fitur Auto Zoom merupakan fitur yang sangat mengganggu pengguna smartphone. Jika fitur ini tetap ada dikhawatirkan akan membuat semua tata letak dan konten navigasi menjadi kacau. Untuk bisa memperbaiki masalah ini, sebaiknya anda menghapus fitur default zoom tersebut sehingga website yang mobile friendly akan tercipta dengan mudahnya.  Semua itu akan memberikan banyak manfaat signifikan yang anda butuhkan didalamnya.

Biarkan Pengguna Memilih Mana Tampilan Yang Diinginkan

Ada dua jenis tampilan yang diinginkan pengguna, yakni tampilan mobile dan tampilan full version. Pastikan untuk memberikan fasilitas ini di website yang anda gunakan. Biasanya fitur ini tersedia di bagian bawah website dengan judul Go To Full Website dan View To Desktop Screen. Dengan cara ini, pengguna bisa memilih mana tampilan yang diinginkan, yakni versi full asli websitenya atau versi gadgetnya. Jangan pernah menghentikan keinginan visitor untuk membuat mereka merasa nyaman saat berkunjung ke situs tersebut. Ada beberapa orang yang mungkin lebih suka web anda versi full atau hanya versi mobile saja. Ini yang perlu anda pertimbangkan agar persentase mereka berkunjung ulang ke situs anda pun semakin meningkat.

Terus Berinovasi Menciptakan Website Yang Mobile Friendly

Menciptakan sebuah website yang mobile friendly adalah tugas yang mudah jika anda terus secara berkala. Anda perlu melakukan trial and error atau percobaan untuk melihat apakah metode yang diterapkan bisa sukses atau malah berimbas pada kesalahan fatal. Dengan memanfaatkan inovasi yang terbaik, sudah pasti anda akan bisa menciptakan web yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna Smartphone. Apabila anda sudah selesai dengan percobaan pertama dan berujung sukses, lakukan lagi percobaan kedua dan lihat hasilnya. Teruslah berinovasi hingga anda sukses dan mencapai kepuasan yang dibutuhkan. Pasalnya, perangkat mobile tidak hanya terbatas pada Android saja, tapi juga pada iPhone, Windows, dan peralatan tablet lainnya. Gunakan juga metode penilaian dari orang lain atau sertakan fitur rating terhadap tampilan website tersebut agar bisa menjadi acuan bagi anda menciptakan website yang lebih baik lagi untuk semua OS smartphone.

Kurangi Video Yang Tidak Perlu

Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly


Website yang mobile friendly adalah yang tidak terlalu banyak videonya yang hanya akan menghalangi pandangan dari pengguna. Pasalnya, sebuah video bisa menutupi sejumlah bagian dari layar smartphone yang anda gunakan. Hasilnya tentunya akan sangat kurang memuaskan jika video tersebut malah mengganggu pemberian informasi yang didapatkan oleh penggunanya. Kalaupun perlu memberi video, gunakan video YouTube saja karena lebih mudah diembed dengan tag standar HTML 5 yang notabennya bisa kompatibel untuk semua perangkat. Tapi tetap kembali ke tujuan utamanya, jangan terlalu banyak video karena pengguna akan merasa kuota mereka tersedot dengan mudah jika menonton video yang tidak diperlukan. Jadi pastikan mereka merasa nyaman dengan informasi yang anda berikan dan jangan masukan video yang tidak perlu.

Itulah beberapa langkah dalam membuat website yang mobile friendly yang bisa anda gunakan sekarang juga. Dengan menciptakan user experience yang bagus bagi pengguna, anda akan bisa mendapatkan kembali traffic anda untuk pengunjung yang membuka situs melalui gadget. Di era modern anda harus beradaptasi dengan kebiasaan dari visitor yang mungkin sudah banyak beralih ke smartphone ketimbang desktop. Dengan demikian, anda akan bisa membuat sebuah website yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini, yakni untuk perangkat smartphone para penggunanya. Satu hal yang perlu anda jadikan acuan adalah jangan membatasi pengguna untuk melihat tampilan situs yang bagus dan sesuai dengan keinginan mereka. Dengan cara ini, anda pun akan bisa lebih mudah memaksimalkan kepuasan yang bisa diberikan didalamnya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di