alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Detik - detik Longsor di Cilandak: Suara Gemuruh, Anak Menangis
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c087d6dddd7704f4c8b4567/detik---detik-longsor-di-cilandak-suara-gemuruh-anak-menangis

Detik - detik Longsor di Cilandak: Suara Gemuruh, Anak Menangis

Detik - detik Longsor di Cilandak: Suara Gemuruh, Anak Menangis


Gemuruh keras suara tanah longsordi tepi saluran air Jalan Haji Miran, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, masih terngiang-ngiang di telinga Sani Pah (53 tahun). Warga yang mengontrak tak jauh dari lokasi kejadian tersebut merekonstruksi peristiwa longsor petang kemarin, 4 Desember 2018.



"Suaranya kencang. Bruuuuuk," kata Sani saat bercerita kepada Tempo pada Rabu, 5 Desember 2018. 

Sani berkisah sambil menempelkan kedua tangannya di telinga, seolah-olah suara tanah longsor itu benar-benar terdengar kembali.
Saat itu, orang-orang keluar rumah. Beberapa anak kecil juga terdengar menangis lantaran kaget.

Sani, yang kontrakannya berada 100 meter dari lokasi longsor, langsung menuju lokasi arah datangnya suara. Bersama puluhan tetangga, ia menyaksikan turap yang menyangga sebuah rumah di tepi saluran air tersebut sudah ambrol. 


Detik - detik Longsor di Cilandak: Suara Gemuruh, Anak Menangis

Sejumlah kuli bangunan memperbaiki turap yang longsor pada Selasa malam di saluran PHB Muhasin, Cilandak Barat, Rabu, 5 Desember 2018. TEMPO/Francisca Christy Rosana



Di atas tanah yang longsor itu terdapat sebuah rumah kontrakan berisi tiga kamar. Warga setempat menyebut kontrakan ini milik H. Zaenudin. Rumah itu baru dibangun dan dua kamar di antaranya belum dihuni penyewa.



Dinding turap yang yang ambrol itu kira-kira 2 x 3 meter. Akibatnya, reruntuhan menutup saluran air di bawahnya. Warga setempat sempat ketakutan bakal terjadi banjir.

Apalagi saat longsor terjadi, hujan deras baru usai. Cuaca pun masih mendung.



Ini juga yang membuat Sani resah sepanjang malam, keluar-masuk rumah untuk mengecek kondisi saluran air. Sebab, daerah itu tergolong rawan banjir. "Meski belakangan sudah enggak pernah (banjir) lagi," ucapnya.



Warga Cilandak Barat belum bisa langsung membersihkan reruntuhan turap yang menyumbat saluran air karena cuaca belum mendukung. Lurah Cilandak Barat Agus Gunawan mengatakan pihak kelurahan bersama dinas terkait baru menyingkirkan bebatuan yang menumpuk pada pagi tadi.



Petugas gabungan ini terdiri atas pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan.


Sore tadi, sejumlah kuli bangunan membangun kembali turap. Tiang-tiang pancang sudah terpasang. Dinas setempat juga telah membantu pemasangan cerucuk atau bronjong untuk mengantisipasi tanah kembali longsor. Pembangunan turap ini diperkirakan kelar lebih-kurang 5 hari.



Detik - detik Longsor di Cilandak: Suara Gemuruh, Anak Menangis

https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/detik-detik-longsor-di-cilandak-suara-gemuruh-anak-menangis/ar-BBQykmF?ocid=spartanntp


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
semoga tidak ada korban ....emoticon-Berduka (S)
semoga perbaikan turapnya cepat kelar
biar tar gag longsor lagi
Emang rawan kalo bangun rumah di tepi tanah terjal
Harus langsung di urus tuh,,, Soalnya udh masuk musim Ujan emoticon-raining
Harus hati-hati kalau buat bangunan ya.
tolong pejabat sekitar merevitalisasi lokasi dan mengantisipasi supaya tidak ada kejadian lagi, bila perlu di relokasi bila kemungkinan longsor kembali itu tinggi...
Turut berduka buat yg kena musibah, Gubernurnya kebanyakan retorika sih daripd kerjanya
semoga cepat dikerjakan oleh pemerintah
nampaknya alam sudah gerah liat kelakuan panasbung dan junjungan panasbung yg baru ini
berikutnya apa?emoticon-Takut (S)
itu daerah pemukiman liar atau bukan ?
kalau liar ane komeng alhamdullileh
kalau ada korban ane tetep komeng alhamdullileh
ada yang modyar tetap alhamdillileh
emoticon-Belgia
bikin turap begini diawasin arsiteknya ga sih ? apa asal semen asal cor keliatan padet aja ?
monggo nies, masalah nyawa lebih penting daripada janji.

relocate dulu, cuekin aja nastak mau bilang apaan.

Dulu di awal janji kudu dipikir matengnya juga.
Quote:


Jangan gt gan, orangtuanya mungkin blangsak, tapi anak2nya yang masi kecil punya dosa apa?
Balasan post dr.anonymous
Biasanya sih yang beginian kagak pake arsitek bray, langsung corrr.....
Bebannya kegedean kayanya
Ditambah curah hujan tinggi
hmmmmm...harus mau pindah nih warga disitu emoticon-Cool
Daerah pinggir kali harus bebas bangunan....
Itu musibah jadi ngga bisa diantisipasi
Solusinya ya doa emoticon-Smilie


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di