alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menyulap Hutan Kota Kemayoran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c086dfddcd7706d5a8b4567/menyulap-hutan-kota-kemayoran

Menyulap Hutan Kota Kemayoran



17 jam yang lalu
https://www.indopos.co.id/read/2018/...kota-kemayoran
Menyulap Hutan Kota KemayoranKREATIF- Taman mini multifungsi. JOESVICAR IQBAL/INDOPOS
INDOPOS.CO.ID - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran terus melakukan revitalisasi hutan kota di kawasannya. Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Riski Renando menjelaskan, sejak 2016, pihaknya terus melakukan revitalisasi hutan kota Kemayoran yang direncanakan selesai akhir 2019. ''Sebelum dilakukan revitalisasi, hutan kota Kemayoran dengan luas 22,3 hektare kondisinya tak terawat, tak terjamah manusia, banyak semak, sampah, bahkan binatang melata yang membahayakan. Tempat tersebut juga terkesan mubazir karena tidak dimanfaatkan,'' ujarnya di Jakarta, Selasa (4/12).
Saat ini, kata Riski, suasana sudah berbeda. Tanaman enceng gondog dan lumpur sudah tidak ada lagi. Bahkan hutan kota Kemayoran yang masih dalam proses revitalisasi itu masuk dalam top 99 inovation. ''Bulan yang lalu, diberi anugerah oleh Menpan RB,'' katanya.
Menurut Riski, Pusat Pengelola Komplek Kemayoran bekerja sama dengan Pemprov DKI melakukan proyek revitalisasi meliputi mengeruk danau yang ada, kemudian membersihkan semak, memperbaiki jalan, serta menambahkan sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti jogging track dan jembatan. ''Rencananya hutan kota yang telah direvitalisasi itu akan dijadikan tempat rekreasi, edukasi serta konservasi, bukan hanya warga Jakarta tetapi juga dari daerah lainnya. Sedangkan waduk yang ada di lokasi tersebut juga dapat dijadikan penampungan banjir di wilayah kemayoran,’’ tambahnya.
Sementara itu, Kantor Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Kota Administrasi Jakarta Selatan, memanfaatkan lahan tidur yang berada di samping kantor kelurahan untuk menciptakan taman mini multifungsi, Selasa (4/12) siang.
Lurah Cipulir Adi Krisno Prayogo menuturkan, taman ini nantinya akan diisi oleh sayur dan toga. Selain itu, taman tersebut juga memanfaatkan bahan daur ulang di setiap sudut tamannya. "Sebelum sebagai taman, tempat seluas 10x6 meter tersebut dulunya hanya ada empat pohon besar yang rindang. Sehingga kurang memiliki nilai estetika," ujarnya, Selasa (4/12) siang.
Lurah Adi menambahkan, pembentukan taman juga akan digunakan sebagai contoh bagi para RW untuk dapat mengikuti pembuatan taman dan menanamkan gerakan gemar menanam supaya lingkungan menjadi asri. "Tanaman yang ada di sini antara lain daun bawang, seledri, mangkukan, kunyit, dan jahe," urainya. (dew/ibl)


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Keren.
bagus ini
bisa buat nambah2 uang dapur
Bagus nih, biar adem.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di