alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c081474902cfe65628b4567/4-presiden-indonesia-ini-jabatannya-berakhir-secara-tragis

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis


Menjadi presiden di suatu negara bukanlah perkara yang mudah. Apalagi di negara demokrasi yang majemuk seperti Indonesia. Harus siap dengan segala kunsekuensi yang ada. Diantaranya harus siap mendapatkan serangan bertubi-tubi dari lawan politik dan siap menerima protes keras dari rakyat yang tidak puas. 

Itulah sebabnya banyak presiden yang terpaksa mengundurkan diri sebelum masa kepemimpinan mereka berakhir atau tidak diperbolehkan lagi menjadi presiden. Di Indonesia sendiri ada 4 presiden yang harus mengakiri masa jabatan mereka dengan tragis. Ada yang disebabkan tuntutan rakyat, ada juga yang disingkirkan oleh lawan politik. Berikut adalah 4 presiden Indonesia tersebut.

1. Soekarno

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Tribunnews.com


Kisah paling tragis dialami oleh Bung Karno. Bapak proklamator ini harus melepaskan masa jabatannya karena disingkirkan oleh Soeharto yang merupakan lawan politiknya saat itu. Melalui Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang kontroversial, kekuasan Soekarno perlahan semakin berkurang dan akhirnya beralih ketangan Soeharto. 

Pasca beralihnya kekuasaan ketangan Soeharto, Soekarno ditetapkan sebagai tahanan kota. Diapun diasingkan di Wisma Yaso dan senantiasa menjadi objek introgasi. Berbagai fasilitas negara juga dibatasi terhadap dirinya. Termasuk fasilitas dokter kenegaraan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap Soekarno. Soekarno sendiri menghembuskan nafas terakhirnya pada 21 Juni 1970 akibat penyakit gagal ginjal yang dideritanya. 

2. Soeharto

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Kumparan.com


Pemerintahan Soeharto ibarat pisau bermata dua. Pada masa pemerintahannya, Indonesia mengalami pembangunan yang yang signifikan. Hingga Soeharto dijuluki sebagai bapak pembangunannya. Namun pada masa Soeharto pula Indonesia mengalami krisis politik sekaligus krisis ekonomi yang parah. Hal ini menyebabkan Soeharto harus melepaskan jabatannya akibat tuntutan dari rakyat.

Krisis politik dan krisis ekonomi yang dialami Indonesia membuat dukungan terhadap Soeharto semakin memudar. Soeharto pun tak berdaya setelah mendapatkan tuntutan dari berbagai pihak agar dirinya segera mengakiri masa pemerintahan. Pada 21 Mei 1998, Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya. Berbagai tuntutan juga menanti Soeharto pasca dirinya mengumumkan pengunduran diri, terutama terkait korupsi dan pelanggaran HAM.

3. BJ Habibie

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Mediaindonesia.com


BJ Habibie merupakan presiden Indonesia dengan masa jabatan paling singkat. Statusnya sebagai wakil presiden membuat Habibie secara konstitusi harus menggantikan posisi Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. 

Habibie dianggap melakukan kesalahan besar karena mengizikan dilakukannya jajak pendapat di Timur Leste. Saat itu rakyat Timor Leste diberi pilihan apakah tetap bergabung dengan Indonesia dan diberi status otonomi khusus, atau merdeka sepenuhnya dari Indonesia. Akibatnya Timor Leste lepas dari Indonesia karena mayoritas rakyatnya menginginkan merdeka. Laporan pertanggungjawaban Habibie ditolak oleh MPR sehingga dirinya memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi sebagai presiden Indonesia.

4. Abdurrahman Wahid

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis

Sumber : Nu.or.id


Lengserkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur murni karena persaingan politik. Dirinya dilengserkan melalui Sidang Istimewa MPR yang saat itu dipimpin oleh Amien Rais. Gus Dur sendiri sempat mengeluarkan dekrit presiden untuk menunda sidang tersebut. Salah satu isi dari dekrit tersebut adalah membuarkan DPR/MPR RI.

Namun Gus Dur tidak mendapatkan dukungan. Diapun terpaksa harus mundur meski masa jabatannya belum berakhir. 

Referensi :
http://bali.tribunnews.com/2018/06/2...elundupkan-ini
https://news.okezone.com/read/2018/0...luarkan?page=2
https://nasional.kompas.com/read/201...dan.Orde.Baru.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
ane presiden berikutnya emoticon-Big Grin

4 Presiden Indonesia Ini Jabatannya Berakhir Secara Tragis
Quote:

tak semudah itu ferguso
Quote:


kenapa tidak marimar?
Sebuah hal yang tragis dan memang itu sebuah sejarah. Ke depan barangkali bisa lebih bagus dan lebih adil. Namun kalau sistem ekonomi masih seperti sekarang ini, yang ada hanya ribut politik saja.
Quote:

Yakin gan? Ga mewek ntar kalau dijahatin sama oposisi? emoticon-Big Grin
Quote:

Iya. Indonesia dilemahkan oleh sistem
Quote:

Langkah habibie menurut saya sudah tepat. Pasalnya memang indonesia yang menganeksasi Timor Leste, bukan mereka yang secara sukarela ingin bergabung dengan Indonesia.
Balasan post risky.jahat
rela jd ajudannya gan wkwkk
Presiden dari segala presiden. tetep Bung Karno. semua presiden setelahnya adalah antek antek wahyudi bimbingan rockefeller, anak buahnya ya soeharto, dan seterusnya
semua ada sebab akibatnya....

emoticon-Shakehand2
gus dur paling tragis hihihi
Mejeng pejwan dulu di ht..
Baca nya nanti,, komen nya entar.
*soal sejarah ane cuma nyimak aja sih,, emoticon-Malu
paling parah yg menyebabkan timor leste lepas !!
untung singkat, kalo kagak bisa bubar semuanya !!!
emoticon-Leh Uga TRAGIS SIAPA YA CAPRES UDH SUJUD2 SYUKUR TYNYTA GA JD
Jadi siapa presiden RI berikutnya yang akan lengser gan emoticon-Big Grin
Quote:

Tapi menurut saya soekarno ada kekurangan yg mendasar. Bisa2 indonesia seperti korut karena sikapnya yg mengisolasi indonesia dari pergaulan dunia.
Yang lengsernya keren menurut ane karena mau membubarkan badan legislatif.
Quote:

Tapi dia jg yg mencetuskan otonomi daerah
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di