alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Akhir Karier Militer Joan Of Arc
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c07d01cc0d770ca478b4568/akhir-karier-militer-joan-of-arc

Akhir Karier Militer Joan Of Arc

Akhir Karier Militer Joan Of Arc

Pengepungan Compiègne (1430) adalah pertempuran militer terakhir Joan of Arc dalam perang 100 Tahun. Kariernya sebagai pemimpin pasukan Perancis berakhir karena dia tertangkap oleh pasukan Burgundi, sekutu Inggris saat pertempuran kecil di luar kota tersebut pada tanggal 23 Mei 1430. Walaupun pertempuran ini hanyalah sebuah pertempuran kecil, namun dalam sejarah, pertempuran ini sangat penting karena salah satu tokoh paling kharismatik dan sukses yang dimiliki Prancis, Joan of Arc, berhasil ditangkap.

Quote:


Quote:


Quote:


Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
udah jadi human torch
nasib tragis seorang .... patriotik & nasionalis sejati.... sayang, negara nya ygs etia malah membuang nya bgitu saja....

btw, selama dlm penjara, si doi gak pernah di siksa secara fisik kah ama para tukang interogasi nya, trumata oleh pihak inkuisisi gereja katholik... ??

ybs jg msh suci sampe di eksekusi mati nya kah ??
Balasan post yoseful
Quote:


ada indikasi kuat ia diperkosa setidaknya sekali.

ingin cerita lebih lanjut tapi situ kemungkinan gagal paham kronis atau lompat-lompat mania. lebih baik tidak usah. emoticon-Traveller
Quote:


ada link lanjutan? menarik nih untuk ditelusuri.

btw rp blm ada update? emoticon-Embarrassment
Diubah oleh liamonters
Balasan post hannepin
Quote:


oleh siapa gan?
baru tw ternyata dlo nya jannu crossdressing emoticon-Betty , tp tetep aj 10/10 waifu emoticon-Wow
Hmmm..., kalau semata mengenai masalah berpakaian ataupun kelakuan (kalau sekarang bisa disebut tomboy), mungkin tidak bisa dimasukkan dalam kategori bidaah. Tuduhan itu mungkin terpengaruh oleh budaya/tradisi setempat yang saat itu mungkin cenderung mengarah pada sistim patriaki. Kalau disini mungkin seperti pemberian label bahwa wanita itu tugasnya cuma macak, manak, masak.
Walau kemudian terpikir (secara guyonan), lha kalau gitu, yang cuci baju seharusnya siapa dong ? Yang bikin baju siapa, dong ?
...
Terkait dari apakah si Joan mendapat vision/penampakan Tuhan, atau mendapat wahyu, tentunya sulit sekali dibuktikan. Bahkan terkait dengan berbagai "keberuntungan" yang disebut sering kali ia dapat. Karena "keberuntungan" itu bisa saja hadir karena kondisi "bawah sadar"-nya bagus, yang membuat ia secara tidak sadar menempatkan diri pada posisi yang menguntungkan, atau bisa juga karena ia memang memiliki kecerdasan diatas rata-rata manusia pada saat itu, ... atau ... ia mendapatkan berkah berupa "lindungan" (walau itu ada batasnya).

Hampir sama kasusnya juga dengan apa yang dialami oleh nabi Musa dengan "tabut perjanjian" itu sebetulnya. (Ada threat sebelah menyinggungnya)
Tidak ada saksinya. Karena itu kemudian ia dalam upaya menerangkan apa yang ia dapat, menjadi berada pada pihak yang berseberangan dengan kaum pendeta yang ada (di Mesir). Karena tidak ada saksi itu kemudian menyebabkan timbulnya tafsiran tersendiri. Bahwa "perjanjian" itu hanya berlaku pada Musa sendiri, dan orang-orang yang mengikuti jalannya (sebagai pemuka agama). Karena itu ia kemudian bentrok dengan kalangan pendeta saat itu. emoticon-Smilie
Ia kemudian menjadi bentrok juga dengan pihak kerajaan, yang mana pada saat itu rajanya menyatakan bahwa ia adalah keturunan dewa/Tuhan, yang mana mungkin menurutnya (Musa) selayaknya juga untuk mematuhi "perjanjian" tersebut.
Agak lain kasusnya dengan nabi Isa/Yesus, yang mana kedatangannya/kelahirannya sudah diketahui oleh beberapa pihak (yang kemudian melawatnya, saat ia lahir).


Di Katolik ada bidah juga ternyata, baru tahu ane emoticon-Hammer

Akhir yg tragis bagi mbak joan emoticon-norose
Balasan post ciLinx
Quote:


mksdnya si joan bidah?

itu mah bisa bisanya subyektif manusia aja nentuin bidah bukanemoticon-Embarrassment

sampai skrg joan dianggap saint oleh prancis dan vatikan,meski inggris menganggapnya bidah,tentu saja krn joan musuh mereka

kalau dizaman skrg sih org org kek joan gini dianggap menderita penyakit kejiwaan



Balasan post hannepin
Quote:


v
v
v

Beberapa hari kemudian, menurut pengakuan Jeanne, ia mendapatkan percobaan pemerkosaan oleh penjaga di dalam penjara. Ia kemudian mengenakan kembali pakaian laki-laki sebagai perlindungan terhadap pelecehan seksual dan juga, menurut kesaksian Jean Massieu, karena pakaiannya telah dicuri dan ia tidak memiliki apa-apa untuk dikenakan.


.............. ???emoticon-Jones


Quote:


kacian, hny krn sebagian asumsi nya di tolak hny gara2 salah alamat, manusia yg sdh bnyk ubanan satu ini, trnyata msh butthurt jg ya .... ??emoticon-Insomnia
Diubah oleh yoseful
Fate Apocrypha
Balasan post yoseful
Quote:


Quote:


aw come on, both of you, stop that.
Balasan post beritafilistin
Quote:


itu ada prosesnya. ketika ia dihukum mati memang ia hitam putih dianggap bidah/ heretic. status ini baru dicabut seiringan dengan menguatnya posisi tawar prancis yang sudah menyelesaikan perang saudara. dan memburuknya kekuatan inggris di dataran eropa karena terkena konflik suksesi mereka sendiri.

akhirnya pihak roma condong kepada prancis dan bukan hanya mencabut status tersebut 20 tahun setelah kematiannya, dan membuatnya innocent. lalu kemudian juga memasukannya ke dalam proses menjadi saint.

https://en.wikipedia.org/wiki/Retria...of_Joan_of_Arc

yang menarik Joan itu berstatus heretic karena soal pakai pakaian laki-laki. hal lainnya tidak bisa dibuktikan, sekedar masuk pertimbangan tetapi tidak bisa divonis.

karena itu perkosaan atau percobaan perkosaan yang membuatnya kembali menggunakan pakaian laki-laki memang tampak sangat berat sebelah menguntungkan pihak pro inggris. dan memang sangat mungkin diprakarsai secara sengaja oleh pihak inggris yang ingin menyudahi Joan sebelum pengadilan inkuisisi terpaksa ditutup karena tidak punya bukti kuat. pada saat itu Joan sudah mau menggunakan pakaian wanita dan pihak pengadilan merasa puas dengan perubahan tersebut.

sebenarnya kasusnya hendak ditutup di situ karena mereka juga tertekan oleh prancis yang lobbi nya tetap ada, tidak nol sama sekali. tetapi setelah masa reses Joan dianggap lapse atau kumat karena kembali menggunakan pakaian laki-laki dan ngotot tidak bersedia pakai pakaian wanita. akhirnya vonis dijatuhkan.

hanya karena cross-dressing vonisnya bisa jatuh. bukan karena klaim bicara dengan malaikat, dsb-nya.
Diubah oleh hannepin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di