alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
19 Pekerja Sipil Dibunuh, Istaka Karya: Ini Kejadian Pertama Kali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c07cd34d9d770e1708b4567/19-pekerja-sipil-dibunuh-istaka-karya-ini-kejadian-pertama-kali

19 Pekerja Sipil Dibunuh, Istaka Karya: Ini Kejadian Pertama Kali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak PT Istaka Karya membantah pekerjanya kerap mendapat intimidasi dari kelompok tertentu. Kekerasan yang terjadi di Distrik Yigi, Nduga, Papua yang menewaskan 19 pekerja, dinyatakan baru pertama kali terjadi.

"Sepengetahuan kami ini baru kejadian yang pertama kali, jadi selama ini bisa melaksanakan pekerjaan dengan baik," kata Sekretaris PT Istaka Karya, Yudi Kristianto, Rabu (5/12).

Menurut Yudi, belum pernah ada laporan dari pegawai di lokasi pekerjaan tentang gangguan yang dialami selama membangun proyek jembatan Trans Papua tersebut. "Untuk pekerjaan di sana belum pernah ada (gangguan). Untuk pelaksanaan pekerjaan disana sampai saat ini belum pernah mengalami gangguan apalagi sifatnya seperti ini," ujarnya.

Menyikapi kasus dugaan pembunuhan terhadap karyawannya, pihak perseroan fokus terhadap penanganan korban melalui konfirmasi jumlah korban kepada petugas. Selain itu, agar proyek pembangunan tetap berjalan dengan aman, PT Istaka Karya melakukan koordinasi dan meminta rekomendasi mitigasi risiko dari aparat keamanan.

PT Istaka Karya selaku pihak kontraktor pembangunan jembatan Trans-Papua menyatakan, 28 orang pekerja yang ditugaskan di Distrik Yigi merupakan warga sipil. Yudi menegaskan, tidak ada unsur TNI-Polri yang dipekerjakan dalam pembangunan jembatan Kali Yigi dan Kali Aurak.

"Mereka semua 28 orang dari sipil, murni pekerja profesional di bidang konstruksi. Tidak ada dari unsur TNI-Polri satupun," katanya.

Yudi juga menyampaikan, proyek pekerjaan jembatan Trans-Papua di Kabupaten Nduga sudah berjalan sejak 2016. Untuk pekerjaan di Distrik Yigi sendiri, baru digarap sekitar enam hingga delapan bulan terakhir.

PT. Istaka Karya (Persero) bakal bertanggung jawab terkait aksi penembakan kelompok bersenjata di Papua yang menewaskan korban 19 pekerja dan 9 yang selamat. Guna mengurangi penderitaan, perusahaan tersebut akan memberikan santunan kepada keluarga korban.

"Iya (santunan), pekerja itu pasti kita ikutkan dalam program program BPJSTK dan lainnya. Jadi kami menjamin bahwa korban dan keluarga korban akan kami santun sepenuhnya," ujarnya.

Sebelumnya, pihak Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) atau dikenal juga dengan TPN/OPM mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan pekerja di Kabupaten Nduga pada Ahad (2/12) lalu. Aksi itu disebut telah direncanakan melalui pengintaian sejak tiga bulan lalu.

Menurut Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom, anggota TPNPB di lapangan melakukan pemantauan selama tiga bulan lebih. Mereka kemudian mengambil kesimpulan bahwa para pekerja di Kali Aworak, Kali Yigi, dan Pos TNI Distrik Mbua adalah kesatuan kerja.

“Karena kami tahu bahwa yang berkerja selama ini untuk jalan Trans-Papua dan jembatan-jembatan yang ada sepanjang jalan Habema-Juguru-Kenyam-Batas Batu adalah murni anggota TNI,” kata Sebby dalam lansiran yang dikirimkan ke Republika, Rabu (5/12).

https://www.republika.co.id/berita/n...n-pertama-kali

ah elah, nduga itu lokasi pedalaman yg sulit diakses, cuma dikuasai 50 kkb + dukungan warga yg primitif doang.. gampanglah itu diberantas, bunuh 1 per 1. persetan ham hem hom!

hmm emoticon-Cool
Karena jokowi ambil alih freeport kali, atau ulah australi karena jokowi udah tolak kedubes pindah yerusalem, dengan batalin perjanjian dagang RI-aussy
Diubah oleh prabocor69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
aussie itu pemerintah isinya paling kotor 😁
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Setubuh
emoticon-Shakehand2
Orang pedalaman punya senjata itu sulit secara logika, kecuali ada yg bantu dibalik layar
Memang kemungkinan besar aussie
emoticon-Traveller
Baru kali ini?

Ini pernyataan paling stupid. Harus kah menunggu jatuh korban pertama?
Balasan post converti
asu lah lwat new genia,

mereka lempar para pencari suaka kan ke sini
Diubah oleh neptunium
gw berharap indo balas bikin proxy di asutralia

biar tau rasanya tu negara brengsek


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di