alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c07b2015a516303788b456a/awas-ini-dampak-buruk-memarahi-anak-di-depan-umum

AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM

AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
Sumber:  https://unsplash.com/photos/woE5G6zzFQo

Mendidik seorang anak memang menjadi tanggung jawab orang yang lebih dewasa, umumnya dilakukan oleh orangtua kepada anaknya, guru kepada murid maupun senior kepada juniornya.

Dalam mendidik anak yang masih kecil, diperlukan beberapa teknik atau seni tersendiri, karena mendidik seorang anak bukanlah perkara mudah. Kesalahan mendidik bisa menyebabkan efek yang fatal juga dimasa depan anak. Dalam mendidik ada kalanya orang tua atau guru merasa jengkel karena si anak melakukan kesalahan. Ketika anak melakukan kesalahan, tindakan yang seringkali dilakukan adalah memarahinya, maksud dan tujuan marah kepada anak tentunya adalah baik, yaitu memberikan pengertian kepada anak. Namun memarahi anak juga memiliki tata cara, harus dilakukan dengan cara yang tepat. Alih alih memperbaiki perilaku si anak, apabila memarahi anak di depan umum akan memberikan dampak negatif untuk mental si anak.

Berikut ini adalah dampak negatif dari memarahi seorang anak didepan umum :

1. Menimbulkan Kecemasan Dan Depresi
AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
Menurut andy grogan-kaylor, profesor di universitas michigan, hukuman yang dilakukan di depan umum dengan tujuan agar anak malu dan tidak mengulangi kesalahannya itu malah bisa berdampak ke depresi dan kecemasan berlebihan pada anak. Depresi pada anak akan membuat anak menjadi tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktifits, menjadi murunng dan kesulitan berkonsentrasi dalam pelajaran. Selain itu, kecemasan membuat anak menjadi ragu untuk melakukan berbagai hal, padahal masa kecil adalah masa yang sangat krusial bagi seseorang, masa kecil adalah masa ketika anak seharusnya dapat bermain dengan nyaman, mengeksplorasi dirinya Bersama dengan teman temannya. Denga mengalami kecemasan maka anak akan merasa ragu dan mengurungkan aktifitas yang harusnya dapat dilakukan dengan mudah.

Hal ini pastinya bukan hal yang diinginkan orangtua bukan?

2. Menimbulkan Potensi Menjadi Pelaku Bullying
AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
Sumber:  https://unsplash.com/photos/NPmR0RblyhQ

Menurut jennifer lansford, seorang peneliti di pusat kebijakan anak dan keluarga, duke university, menjelaskan bahwa memarahi anak didepan umum jelas bisa menumbuhkan bibit anak menjadi pelaku bullyingdi masa depan, hal ini karena anak cenderung akan merekam pengalaman yang diterima, dan menerapkannya ketika berinteraksi di lingkungan. Maka dari itu, memarahi anak ditempat umum tentu bukanlah hal yang tepat.

3. Memperburuk Hubungan Ortu-Anak
AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
Sumber: https://unsplash.com/photos/FK247ivR83A 

Katharine kersey, profesor pendidikan anak usia dini di old dominion university, menilai bahwa menghukum anak di depan publik justru akan mengurangi kewibawaan orang tua di hadapan anaknya. Memarahgi anak didepan umum bukannya mendekatkan si anak kepada ortu, tapi malah akan menjauhkan. Hal ini karena anak yang menganggap orangtua sebagai pengayom dirinya, namum malah mempermalukannya didepan umum.
 
Lalu Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik?
AWAS!! INI DAMPAK BURUK MEMARAHI ANAK DI DEPAN UMUM
Sumber : https://unsplash.com/photos/4-gFGb12hFA 

Cara mendidik anak yang baik adalah dengan menanamkan hal-hal positif kepada anak, dengan cara yang tepat pula. Telabih, untuk menunjukkan keseriusan apa yang orang tua ajarkan, maka orang tua hendaknya memberikan contoh yang tepat didalam keluarga, sehingga apa yang disampaikan dan yang dilakukan oleh orang tua menjadi sinkron. Adakalanya anak melakukan kesalahan dan kita harus memarahinya, maka hendaknya dilakukan di tempat yang lebih privat, misalnya dirumah atau dimobil, serta menggunakan kata-kata yang tepat, berusaha menjaga intonasi nada agar apa yang hendak disampaikan dapat diterima anak dengan baik.

Referensi:
https://www.hipwee.com/feature/alasa...-hati-hati-lo/
Diubah oleh dadarsambal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di