alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c07a213a2c06e4a518b4572/andi-arief-klaim-massa-212-lebih-besar-dari-reformasi-1998

Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998

Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengklaim jumlah massa Reuni Alumni 212 melebihi jumlah massa aksi reformasi pada 1998 silam ketika ribuan mahasiswa menuntut Soeharto mundur dari kursi presiden. 

Andi yang juga mantan aktivis 1998 itu juga menyebut massa reuni 212 lebih besar daripada gerakan mahasiswa pada 1966 dan 1974 di Indonesia.

Bahkan, Andi juga berani mengatakan massa Reuni 212 melebihi revolusi Bolshevik atau Revolusi Oktober di Rusia yang dipimpin Vladimir Ilyich Lenin pada 1917, juga di aksi massa yang bersejarahnegara lain. 

"Jumlah orang yang berkumpul di [reuni] 212 jauh di atas semua konsentrasi orang pada perubahan 1966, 1974, 1998. Bahkan jauh di atas revolusi Prancis, revolusi Bokshevik Rusia, protes gaji dan BBM di Prancis awal tahun 2000, pemberontakan Qwangju tahun 1980 di Korea, " Tutur Andi melalui pesan singkat, Rabu (5/12). 

Andi tidak menyebut angka jumlah massa Reuni 212 menurut perkiraannya secara gamblang. Dia lebih ingin menggarisbawahi makna di balik Reuni 212. 

Menurutnya, Reuni 212 adalah revolusi diam karena tidak ada tuntutan yang disuarakan. Oleh karena tidak ada tuntutan yang dilontarkan, maka menurut Andi, massa yang sama akan kembali berkumpul dalam jumlah yang besar pada kemudian hari. Pada saat itulah tuntutan yang sebenarnya bakal menggema.

"Pasti akan muncul tuntutan sejatinya entah kapan momentumnya," ujar pria yang juga pernah menjadi staf khusus presiden di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Meski menyebut Reuni 212 sebagai revolusi diam, Andi tetap menilai ada maksud di balik itu. Menurutnya, ada dua hal yang ingin disampaikan massa dalam momen tersebut meski tidak terucap secara tersurat. 

"Reuni 212 2018 adalah revolusi diam. Pisau bermata dua, bisa ke Pilpres 2019 bisa juga mengarah pada koreksi total. Minta perubahan total melebihi reformasi," kata Andi.

Sebelumnya, atas Reuni Aksi 212 yang berlangsung pada 2 Desember 2018 lalu ada perbedaan klaim soal jumlah massa yang hadir dalam kegiatan di kawasan Monas dan sekitarnya di Jakarta Pusat. Kepolisian menyatakan jumlah massa yang hadir sekitar 40 ribuan, sementara penggiat aksi 212 mengklaim jumlah massa mereka yang hadir mencapai mencapai angka jutaan.

Belakangan, calon presiden Prabowo Subianto memperkirakan jumlah massa Reuni 212 mencapai 11 juta orang.

Komen TS

halah ngaco semua lo. yg bener, jumlah asli seluruh peserta reuni 212 lebih banyak ketimbang keseluruhan warga Jakarta.   emoticon-Cool

betul kata Andi Arief itu,....... koreksi total yang melebihi reformasi adalah....... tegakkan khilafah di Indonesia.
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh munarmansh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
subannalloh, lebih besar jek emoticon-EEK!
taun depan deket2 pilihan bakal.ada lagi reunian.
situs gunung padang
Mana poto reformasi 98
Njir ini lagi bikin ngakak
emoticon-Cape d...
Gak sekalian klaim lebih banyak dari jumlah white walker yg nyerang westeros atw lebih besar dari battle of the pelennor fields ?
Kalo gitu knp ga tiap minggu aja diadain reunian 212 nya?

emoticon-Bingung
lebih besar kah ? emoticon-Entahlah
Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998
Gw rasa malah lebih banyak ketimbang pasukan Outrider yang menyerbu Wakanda

Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998
Balasan post dungdungprets
kalau tiap hari aja gimana, kakak? biar bandar bangkrut sekalian. emoticon-Wink
Woooaaku percoyooooo....
Massa reformasi 98 adalah orang2 cerdas yg peduli dgn nasib bagsa ini, massa reuni 212 adalah sekumpulan bigot..
Udah jelas manusia bodoh di negeri ini lebih banyak
Diubah oleh canidae
Balasan post munarmansh
Quote:


Pitnah

Mereka itu sama sekali ga dibayar, bahkan akomodasi wowok dan unok selama ikut reuni mereka yg bayarin

Konon unok disogok kardus isi uang sama peserta supaya mau ikut reuni


emoticon-Blue Guy Bata (L)
KLAIM gan
lebih besar dr tuititnya wowok
emoticon-Big Grin
Diubah oleh sharkcheat
Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998

setidaknya apa yang mereka perjuangkan sangat terhormat
lalu kalo kalian ini memperjuangkan apa ?
Diubah oleh fahm182
Cuman 40 ribu.

kelompok satu ini kok ya keukeuh ya masalah brapa yg hadir ............. emoticon-Blue Guy Bata (L)


percuma, lha kelompok satu ini terkenal " quntity over quality " ............... emoticon-Cape d...
Quote:


Nasbung?? emoticon-Malu
Balasan post tanah.liat
Quote:


Andi Arief Klaim Massa 212 Lebih Besar dari Reformasi 1998

berarti yg ini wow, 1 kalimat dibohongi bisa bikin orang ngumpul di 1 tempat.. dan pake reunii an pula

mestinya kalyan semua umat beruntung si kokoh yg di mako brimob ngomong gitu... dia yg sejatinya ngumpulin lo pada
ngoahahahaha
---
njir kena bata jamaah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di