alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pembunuhan Pekerja di Nduga, Komnas HAM: OPM Bantah Itu Aksi Mereka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c079a0ca2c06e1b248b4569/pembunuhan-pekerja-di-nduga-komnas-ham-opm-bantah-itu-aksi-mereka

Pembunuhan Pekerja di Nduga, Komnas HAM: OPM Bantah Itu Aksi Mereka


Antara Rabu, 05 Desember 2018 - 08:51 WIB
JAYAPURA, iNews.id – Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) membantah terlibat dan bertanggung jawab atas aksi keji pembantaian puluhan pekerja di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua, pada rentang waktu 1 hingga 2 Desember 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua Frits B Ramandey.

Frits mengaku telah berhasil mengonfirmasi sejumlah tokoh penting dalam kelompok OPM soal penembakan para pekerja di Nduga. Jawaban yang diterimanya, OPM membantah itu aksi mereka.

"Komnas HAM telah lakukan cek kepada beberapa pimpinan OPM dan mereka sampaikan itu bukan aksi mereka. OPM tidak pernah memberi perintah kepada anggotanya untuk melakukan pembunuhan secara sadis seperti itu," ujarnya di Jayapura, Selasa (4/12/2018).

Dia mengungkapkan, para petinggi OPM menolak jika hal itu diklaim sebagai bentuk perjuangan karena aksi di Nduga merupakan tindakan kriminal dan tidak mewakili OPM. "Dengan tegas mereka (OPM) mengaku itu bukan aksi mereka. Itu kriminal," kata Frits.

Diketahui, Komnas HAM menilai peristiwa pembunuhan massal para pekerja jalan dan jembatan pada sejumlah tempat di Kabupaten Nduga merupakan pelanggaran HAM serius.

Ada dua unsur yang terpenuhi di sana. Pertama mengacu pada Undang-Undang (UU) 39 Tahun 1999 tentang HAM, Pasal 1 ayat 6, bahwa perbuatan seseorang atau sekolompok orang yang mengakibatkan hilang nyawa seseorang merupakan perbuatan pelanggaran HAM.

Kedua, akibat dari tindakan itu berujung terhambat pelayanan publik dalam rangka pemenuhan ekonomis sosial dan budaya (ekosob) masyarakat di Distrik Yall dan lainnya di Nduga.

Frits menegaskan, Komnas HAM Papua tidak perlu mengirim tim untuk ke Nduga guna memastikan peristiwa itu pelanggaran HAM serius atau bukan. Karena hal itu merupakan perbuatan kriminal murni yang menjadi otoritas sipil, sehingga pemerintah setempat dibantu TNI dan Polri yang akan menegakkan hukum.


https://www.inews.id/papua/amp/pembunuhan-pekerja-di-nduga-komnas-ham-opm-bantah-itu-aksi-mereka/378497


kalo ini benar, berrti ad yg nyoba ngadu domba dan kejadian ini hanya bbrpa saat setelah kedubes arab saudi ngetwit

kebetulankah????
emoticon-Belgia

Pembunuhan Pekerja di Nduga, Komnas HAM: OPM Bantah Itu Aksi MerekaPembunuhan Pekerja di Nduga, Komnas HAM: OPM Bantah Itu Aksi Mereka

Pembunuhan Pekerja di Nduga, Komnas HAM: OPM Bantah Itu Aksi Mereka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
terus siapa klo gitu
kok kesannya lempar tembakan sembunyi senapan
Wah rame ini Kalo opm kirim Tim Bantu TNI polri emoticon-Leh Uga

Tunggu perkembangan nya aja
wah ngakunya bukan anggota OPM tuh,

berarti ga akan balas kalo pada ditangkepin kan ya..? emoticon-Belo
komnas hamemoticon-Leh Uga:

langsung main cow protocol merekaemoticon-Leh Uga:
tipikal kelakuan komnas ham, wni yang gugur nggak urusan, anggota opm baru kena tampol aja lsg ham hem homemoticon-Marah
Macam nazbung aja
Kalo ketahuan langsung pada cuci tangan semua ..
menarikemoticon-Cool
mari kita pikir dulu sebelum menjustifikasi
pengalihan isu ? sengaja bikin panggung di papua biar bisa play hero dulang suara demi pilpres ?
isu agama sukses ngumpulin massa 212 di monas
isu nasionalisme ntar di plot biar semua mata mengarah ke papua semua
Wkkkkk malah jadi konspirasi wahabi
Quote:

ngaku-ngaku sekdar mau cuci tangan atau

Quote:

diragukan. tapi kalau beneran artinya bukan asal mau menghindar. btw rasanya mustahil
Mungkin sempalan yang blom konsolidasi ama pimpinan neh,
Chain of Commandnya telat info...
maling mana ada yang ngaku sie ??emoticon-Leh Uga
Quote:


Hampun gw :capede

Komnas HAM mayoritas menglindungi pelaku kejahatan rata2
Balasan post badfilename
Quote:

Masih masuk akal, Kalo ternyata Ada orderan external dan faksi Anu g kebagian...

Tapi Kita liat
Balasan post victorducatisti
kan si Natalius Pig ai memang pujaan nasbung. Argumen nasbung bantaran sungai identik sama orang komnas ham macam pigai
Balasan post imba.ruiner
Quote:


yeah, so?
petinggi opm bikin pidio kek via yutub biar kayak konpres gt kalo kagak mau ketemu pihak pemerintah, kesannya lewat komnas ham minta dibelain mulu
kebiasaan komnas ham. giliran sipil gini jadi korban, bukan urusan mereka. giliran opm yg disikat, langsung dah teriak-teriak pelanggaran ham berat.
itulah alasan ane sekarang ga respek ama komnas ham

teroris disikat juga teriak pelanggaran ham oleh aparat
OPM ada dan nyata.
Quote:


Itulah giliran mereka ramenya minta ampun, ham kan hak asasi manusia, emang warga sipil bukan manusia apa, ham hem hom
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di