alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fragmen Penting Pembangunan Infrastruktur ala Pak Presiden
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c077ed0ded77046158b456a/fragmen-penting-pembangunan-infrastruktur-ala-pak-presiden

Fragmen Penting Pembangunan Infrastruktur ala Pak Presiden

Spoiler for Pak De:



1 Desember 2018 yang lalu menjadi momen bersejarah bagi dunia logistik dan transportasi kita. Pada hari Sabtu yang lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol Bocimi (Bogor - Ciawi - Sukabumi). Jalan tol tersebut akhirnya resmi beroperasi setelah proyeknya mangkrak selama 21 tahun. Pembukaan tol Bocimi mampu memangkas waktu perjalanan berkendara ke Sukabumi secara drastis serta meningkatkan kondisi perekonomian.

Ada pertanyaan yang menggelitik dari sini. Tahun ke tahun selalu saja ada tol baru yang dibuka oleh pemerintahan Jokowi. Lantas di mana saja ruas tol baru tersebut berada? Dan apa saja gunanya? Yuk mari kita simak bersama-sama. 

1. Tol akses Tanjung Priok

Spoiler for penampakan:


Tol akses Tanjung Priok merupakan salah satu tol strategis nasional. Sesuai dengan namanya, tol ini menawarkan akses langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Akses menjadi lebih mudah dan mengurangi volume lalu lintas kendaraan yang menuju Tanjung Priok. Kawasan industri tentu saja sangat diuntungkan dengan adanya tol ini karena kemudahan dalam distribusi dalam negeri maupun ekspor dan impor. 

2. Tol Trans Sumatera

Spoiler for Penampakan:


Tol Trans Sumatera adalah rencana dari Kabinet Kerja Jokowi dalam mendatangkan manfaat ekonomi yang berpotensi mencapai Rp 769,5 Triliun. Adanya tol ini mempermudah pengiriman logistik ke berbagai daerah sepanjang pulau Sumatera. Selain itu, adanya tol mampu memajukan perkembangan daerah, meningkatkan taraf ekonomi, hingga mencetak lapangan pekerjaan.

Presiden Jokowi telah mengoperasikan beberapa tol yang akan masuk dalam rangkaian tol Trans Sumatera tersebut. Seperti Tol Palindra (Palembang - Indralaya) Seksi I, tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi Seksi (II - VI), Medan - Binjai Seksi II dan III, serta tol Bakauheni - Terbanggi Besar (segmen pelabuhan Bakauheni - SS Bakauheni dan segmen SS Lematang - SS Kotabaru) 

3. Tol Trans Jawa

Spoiler for Penampakan:


Tol yang menghubungkan pulau Jawa. Tol Trans Jawa mempermurah biaya logistik karena akses transportasi yang lebih cepat serta menggerakkan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol. Pembangunan yang telah selesai adalah tol Ngawi - Kertosono Seksi I - III, Solo - Ngawi segmen Kartasura - Sragen, dan Pemalang - Batang segmen Sewaka - SS Pemalang. 

4. Tol Non Trans Jawa

Spoiler for Penampakan:


a. Tol Soroja (Soreang - Pasir Koja) , yang bertujuan memudahkan akses bagi orang-orang yang ingin menuju Cirebon atau Jakarta dari Kabupaten Bandung bagian Selatan. Sebelum adanya tol Soroja, akses keluar menuju ke kedua kota tersebut melalui jalan raya sangatlah sempit. Sehingga tol Soroja menjadi jalan utama untuk menghindari kemacetan dan meningkatkan keefisienan waktu. 
b. Tol Bocimi (Bogor - Ciawi - Sukabumi) Seksi I yang baru saja diresmikan 1 Desember tahun ini. Berfungsi dalam kelancaran akses dan efisiensi waktu tempuh ke Sukabumi. Selain itu, mampu meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah Sukabumi. 

5. Tol Jabodetabek

Spoiler for penampakan:


Kawasan Metropolitan Jabodetabek adalah kawasan yang super sibuk. Pembangunan tol di kawasan ini dalam rangka efisiensi dan mengurangi kemacetan. Sudah bisa dibayangkan dong betapa pentingnya pembangunan tol di daerah Jabodetabek ini. Tol Jabodetabek yang telah diresmikan pemerintahan Jokowi antara lain: tol Becakayu (Bekasi - Cawang - Kp. Melayu) Seksi 1B dan 1C,  dan Depok - Antasari Seksi I. 

Berbagai jalan tol yang dioperasikan di era Pak 'De' tersebut membawa berbagai manfaat perekonomian dan kemudahan. Jumlah penduduk serta kendaraan meningkat terus tiap tahun. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur salah satunya jalan tol tidak bisa ditunda-tunda lagi. Apabila ingin terciptanya pembangunan yang efektif dan efisien tentu perlu adanya jalan menuju ke sana. Dan jalan tol salah satu jawabannya. Dan itulah yang terus digencarkan oleh pemerintah kita. emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumur:
BPJT

Kumparan

Tribunnews



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Terasalah sekarang emang pemerataan pembangunan infrastruktur.
Daripada dananya habis ke proyek abadi pantura
Balasan post kayakayak
proyek abadi yg terus ada perbaikan emoticon-Embarrassment

yoih gan sekarang teras pembangunannya. Daerah Sumatera sebelum rezim sekarang tak pernah tersentuh tol emoticon-EEK!
Semakin jaya lah Indonesia ku emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh satyabot
Balasan post satyabot
Quote:


cheeerrr gan emoticon-Angkat Beeremoticon-Salam Kenal


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di