alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang
4 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c077d3994786833618b4568/cara-atasi-banjir-jakarta-anies--simpel-kok-cuma-buat-lubang

Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang

Rabu, 05 Desember 2018

Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan pembangunan drainase vertikal di seluruh penjuru ibu kota. Sebab, dari hasil uji coba yang dilakukan, drainase vertikal disebut berhasil mengatasi banjir.

Anies mengatakan, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah membangun sebuah drainase vertikal di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Uji coba yang dilakukan saat hujan turun itu dinilai efektif mencegah banjir.

"Sudah, alhamdulillah bagus. Begitu anggaran siap langsung kita mulai," kata Anies saat ditemui di JPO Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Anies menjelaskan, sebuah lapangan di kawasan Pondok Labu yang menjadi lokasi uji coba selalu digenangi air, terlebih saat musim penghujan.

Meskipun lapangan itu merupakan kawasan ruang terbuka hijau, namun permukaan tanah tidak mampu menyerap air sehingga menyebabkan genangan.

Ketika uji coba dilakukan dengan membuat lubang drainase vertikal, air yang berada di atas permukaan pun langsung surut.
Anies juga mengakui telah mendokumentasikan uji coba melalui video dari mulai sebelum dibuat drainase vertikal hingga hasil uji coba selesai.

"Kemudian dibuat (draniase vertikal), ketika hujan lebat ternyata airnya langsung surut. Jadi masyarakat disana sudah melihat langsung," ungkap Anies.

Anies menjelaskan, nantinya seluruh wilayah akan dibangun drainase vertikal melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah yang saling terintegrasi.

Untuk wilayah perumahan akan dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat, di jalan-jalan akan dibangun oleh Dinas Bina Marga, sementara untuk wilayah aliran sungai akan dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air.

"Karena yang dikerjakan simpel kok cuma buat lubang. Jadi bukan sesuatu yang luar biasa," pungkasnya.

Sumber


Inilah kalau gubernur tak menguasai teknik tapi berani memutuskan sepihak.
Kalau cuma bikin lubang terus masalah banjir langsung teratasi, ya artinya dari dulu Jakarta sudah nggak ada problem. Dan kota-kota besar lain di dunia tidak bakal punya masalah banjir.

Masalahnya, tiap-tiap wilayah di DKI punya karakteristik tanah yg berbeda-beda.
Di Sunter, Kelapa Gading, Muara baru dan hampir seputar utara Jkt, muka air tanah cukup dangkal (tinggi). Gali 1 meter maka sudah muncul air dari dalam tanah. Jadi gimana logikanya mau diresapkan dg drainase vertikal?

Masalah Intrusi air laut juga sudah lumayan jauh masuk ke tengah kota.
Belum lagi daerah dengan tanah lanau/lempung yg membuat air sulit meresap juga pasti ada.
Dan wilayah dengan titik-titik topografi rendah juga banyak, dan berpotensi jadi danau saat hujan.

Intinya, tidak ada satu solusi untuk semua problem banjir.
Apalagi cuma bikin drainase vertikal (sumur resapan).... Non-sense lah...

emoticon-medicine
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Suruh alumni cepirit yg katanya berjumlah belasan juta minum tuh air banjir pasti tinggal genangan aja emoticon-Imlek
Intermezo joke garing

Lobang jalan atw lobang berjalan ?
Cuma buat lubang ?
emoticon-Cape d...
kalo gagal tinggal timbun

apbd masi buanyak

kek waring keparat
Solusinya simple dan menarik emoticon-Imlek


Minta batanya gan emoticon-Blue Guy Bata (S)
Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang
Buat lubang buat nanem Nastaik yang banyak Bacot emoticon-Traveller


Gubernur lg kerja bukan dibantu malah nyinyir,biadab emoticon-fuck2
ditunggu meme suka2 gw bangsat
udah uji coba dimana?

tapi ini ilmiah sih, gw kmrn coba genangin bak cuci piring, begitu sumbat dibuka langsung surutemoticon-Ultah
kemaren waring buat nutup kali item.
skarang bikin lobang buat ngatasi banjir?...
siap siap dibully kalo gagal maning son.
emoticon-Ngakak
sato lobang bt rame2 emoticon-Genit
Balasan post firewallshop
Quote:


buminya nasbung kan datar

Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang
lobang berlendir mungkin
emoticon-Leh Uga
nasbung siap2 tenggelamemoticon-Ultah
Cara Atasi Banjir Jakarta, Anies : Simpel kok Cuma Buat Lubang
Drainase vertikal?
Maksudnya sumur emoticon-Bingung
Lubang cacing tuh ajaib si anis mungkin mimpi ketemu sama stephen hawking emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
membuat lubang lubang akan membuat kondisi didalam tanah menjadi tidak padat, akhirnya terjadi penurunan tanah....


horeeeee......masalah baru akan muncul.....tanah jakarta amblasssss
Kalau simpel kenapa masih banjir?
Balasan post trimusketeers
Quote:


kek nya dendam bgt pig ama mereka, gw curiga lu pernah di tangkep sama kaum radikal, di kandangan n lu suruh makan ee lu sendiri.

tp ngk papa sih since u are pig, its ok lu makan ee sendiri.

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
wan abud tau juga tentang lobang.. emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di