alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c076434dcd7707a7b8b4567/tiap-tahun-cina-tebang-20-juta-pohon-hanya-untuk-bikin-sumpit

Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit

Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
Penggunaan sumpit di Cina sudah tidak asing lagi, di mana masyarakatnya lebih umum menggunakan sumpit daripada sendok dan garpu untuk makan. Namun, tahukah Anda berapa jumlah pohon yang ditebang setiap tahunnya di Cina hanya untuk bikin sumpit?

Dilansir laman Telegraph, Cina membuang 80 miliar pasang sumpit kayu atau sama jumlahnya dengan 20 juta pohon setiap tahunnya.
Sumpit merupakan alat makan yang berasal dari Asia Timur. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut.

Sumpit bisa dibuat dari bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau catsupaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Sumpit digunakan di banyak negara di seluruh dunia untuk menikmati makanan khas Asia Timur. Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu.

Pihak pemerintah mulai berupaya mengubah kebiasaan penduduk di Cina. Salah satu caranya dengan membuat restoran harus berupaya untuk menjauhi pengunaan sumpit sekali pakai. Hal ini dilakukan untuk mencegah suatu hari pohon akan habis karena dijadikan sumpit.

Pengunaan sumpit sekali pakai harus diperangi, tetapi masih ada kendala yang harus di hadapi pemerintah Cina. Produksi sumpit sekali pakai ternyata memberikan kontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Belum lagi harga sumpit yang dijual cukup murah, dan sulit diterapkan di restoran kecil. Bila penjualan sumpit sekali pakai dihentikan, ditakutkan akan berdampak bagi lapangan pekerjaan.

Kebiasaan untuk memakai sumpit saat makan oleh orang Cina bukan tanpa alasan. Konon cara ini mereka gunakan untuk bertahan hidup.

Dikisahkan dahulu kala wilayah tempat orang China rawan akan banjir, dan mereka juga tidak ingin menunggu makanan mereka dingin.

Mereka pun menemukan cara dengan mengambil dua buah ranting pohon untuk digunakan sebagai alat makan. Dua buah ranting inilah yang kemudian berevolusi menjadi sumpit.

https://lifestyle.uzone.id/tiap-tahu...k-bikin-sumpit
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Gak belajar pakai sendok? emoticon-Ngakak
Pantas udara kotor bener di sana
Hutan di tebang terus
Jangankan orang cina
lu pada aje masih makan mie ayam abang yang pake sumpit sekali pake udah nyinyir aje emoticon-Ngakak
dulu waktu masih kerja di Millenium In't Exec Club (1999) yg ada resto Chinnese nya, udah pakai sumpit yg warna gading gitu sih, kaya model plastik yg bisa di cuci lagi.

Tapi nyucinya cuma di kucek2 doang pake air panas campur sabun biar minyak-lemak nya hilang emoticon-Ngakak (S)
Balasan post Uthe18
Quote:


Restoran cina emang gt breee... Gua pernah kerja di sana soalnya
Mrk mau pakai sendiri, baru cuci bersih... Utk pembeli? Masa bodo dah emoticon-Ngakak
Balasan post kitten.meow
Quote:


kagak tau ini pembelinya... yang penting terlihat bersih saat di meja emoticon-Ngakak
padahal konsumennya kagak tau aja, masih bersihan dapur gw d rumah dibandingkan disitu emoticon-Hammer
Balasan post kitten.meow
Quote:


anda itu kloningan dari nafas dewa sinophobia pemuja bule yg menghina org chinese makan pakai sumpit
anda udah dipecundangi di bpln krn ketololan anda
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...f058b4568/12/-
https://m.kaskus.co.id/show_post/5b8...0558b4568/86/-
Quote:
tak perlu anda menjudge
karena masalah hutan ditebang itu juga ada di indonesia
Indonesia Pernah Jadi Negara dengan Penebangan Liar Terbesar di Dunia
Balasan post Koh.Ahok8888
Quote:


Buang jas ama kemeja dan dasi sana
Suruh president baik elu di cina daratan sana make baju kaisar lagi
emoticon-Ngakak
Itu kan buatan bule emoticon-Ngakak
Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
Balasan post kitten.meow
Quote:


lihat lagi2 anda tunjukan ketololan dalam menjudge
kenyatannya yang pakai jas,kemeja,dasi itu banyak ras dari berbagai negara di dunia

kok gak sekalian anda suruh junjunganmu bule itu jangan lagi anut christianity & jangan sembah org timur tengah sbg tuhan
christianity itu bagian dari abrahamic ( samawi) yg asalnya dari timur tengah
jesus yg diklaim tuhan oleh bule christians itu adalah org timur tengah bukan bule kulit putih
Balasan post Koh.Ahok8888
Quote:


Lu anti bule
Koq mau ikut baju buatan bule ? emoticon-Ngakak
Itu agama dr timur tp berkembang di barat , bodoh

Dah anti bule tp sipit2 mau masuk peti kemas ke tanah rampasan
Dasar
M U N A F I K
U
N
A
F
I
K
Lebih bagus jadi kertas
Kenapa g pakai logam?
Balasan post Koh.Ahok8888
Quote:

Temen (yg elu yakini) 1 ras elu aja memuji dan mengagumi Donald Trump Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
pake tangan yang bersih aja makin sehat...karena terdapat beberapa enzim di tangan...hehehehe...
Satu lagi menurut gw yang absurd itu leluhur Cina kenapa bikin tulisan huruf mandarin pinyin/hanzi susah amat untuk dihapalkan sama orang asing sih, itu sebenarnya orang Cina mau menulis atau membatik sih? emoticon-No Hope, kenapa gak semudah huruf Alfabet/Latin aja sih yang cuma 2 sampai 5 goresan aja sih emoticon-Cape d...
Nih contohnya Huruf Mandarin Tersulit:
Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
Coba pembaca perhatikan gambar diatas. Tampak adalah seperti sebuah huruf Mandarin. Ya, benar. Ini adalah salah satu jenis huruf/karakter Mandarin (Hanzi) yang tersulit, yang ada di negeri Tiongkok. Nama jenis Huruf tersebut adalah Huruf ‘Biang’.

Huruf Biang ini sulit ditulis (atau bahkan dieja) karena untuk menulis satu huruf membutuhkan goresan yang sangat banyak (tampak pada gambar huruf Biang diatas sampai terdapat 57 goresan), dan mungkin cukup rumit bagi sebagian orang; bahkan bagi orang asli Tiongkok sendiri. Teknik penulisan huruf Biang ini sebenarnya disusun/ditulis dari beberapa huruf yang digabung menjadi satu.
Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit
biangbiang-noodles-shop-2007
Tampak foto rumah makan dari penjual mie Biang-Biang (hanyu pinyin : biang-biang mien)

Pada awalnya kata ‘Biang’ sendiri berasal dari nama sebuah mie yang terkenal di kota Xianyang, propinsi Shaanxi, China. Kios rumah makan mie Biang-Biang juga memiliki cabang di kota Beijing, China. Tapi setelah di Beijing nama mereka berubah jadi mie Bang-Bang (diambil dari huruf ‘Bang’ yang berarti ‘Hebat’).

Ini karena banyak warga Beijing yang tidak bisa membaca huruf ‘Biang’ tersebut. Huruf Biang sendiri diakui sebagai salah satu huruf Mandarin yang tersulit, yang pernah ada di dunia. Huruf Biang ini sudah pasti tidak ada di dalam komputer manapun di dunia. Bahkan di Kangxi Dictionary pun tidak ditemukan jenis huruf ini.
Sumber: https://www.tionghoa.info/huruf-mand...yang-tersulit/
Diubah oleh tepsuzot

#20,671

Quote:


Sumpit kan bukan cuma dipakai orang menlen. Orang Jepang dan Korea juga pakai sumpit. Lagian ada makanan tertentu yang lebih mantap kalau makannya pakai sumpit, mi misalnya.
Menurut gue, sebaiknya bahannya yang diganti. Logam misalnya. Ini kan problemnya sama kayak sedotan plastik.

#20,672

Quote:


Bentuk huruf hanzi itu meniru bentuk asli benda yang dilambangkan. Misalnya hanzi untuk gunung itu 山.
Diubah oleh gilbertagung
Balasan post kitten.meow
Agree with u..
emoticon-Shakehand2


CO2 emission tertinggi adalah China..Jika kita pergi ke kota-kota China maka polusi akan terlihat secara kasat mata.. Asap dimana-mana..


Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit


Deforestation dan desertification yang semakin meluas juga terjadi di China..

Tiap Tahun, Cina Tebang 20 juta Pohon Hanya untuk Bikin Sumpit


emoticon-Angkat Beer

Quote:


Diubah oleh dishfire
lagi asyik yang di atas jangan diganggu ya emoticon-Ngakak
pakelah sumpit plastik gan
Quote:


Sedotan ada yg dari stainles kok now

#20,683

Quote:


Maksud gue ini gan. Daripada pake sumpit kayu yang sekali pakai buang, mendingan pake sumpit logam yang bisa dipakai berkali-kali.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di