alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
SEO atau SMO? Cari Tahu Perbedaannya Disini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c07579ad675d4015c8b456d/seo-atau-smo-cari-tahu-perbedaannya-disini

SEO atau SMO? Cari Tahu Perbedaannya Disini

SEO atau SMO? Cari Tahu Perbedaannya Disini

Bagi saya, digital marketing adalah cara bagaimana kita mengoptimalkan salah satu strategi yang digunakan. Namun memang sebelum itu, Anda sebagai pebisnis memang harus memilih satu strategi yang tepat. Pemilihan yang tepat untuk strategi digital marketing sendiri bisa dilakukan dengan beragam pertimbangan seperti karakteristik bisnis, efektivitas,  budget dan lainnya. Dua diantara strategi digital marketing yang marak digunakan pebisnis adalah SEO dan SMO. Sudah pernah dengar istilah tersebut? Bila Anda belum pernah mendengarnya, Anda harus menyimak pembahasan berikut ini.

SEO (Search Engine Optimization)
SEO atau Search Engine Optimizationmerupakan teknik mengoptimasi website agar bisa berada di posisi strategis pada halaman mesin pencarian (search engine). Besarnya pencarian melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing, memang membuat posisi di search enginesangat berarti bagi bisnis untuk meningkatkan trafik dan juga mendapatkan customer. Dengan memaksimalkan sebuah konten dengan keyword yang telah diriset maka sebuah website memang bisa saja kemudian berada di posisi strategis pada halaman mesin pencari. Ketika website sudah berada di posisi strategis yakni halaman utama mesin pencari, maka akan semakin mudahlah mereka untuk menjaring konsumen.

Kelebihan SEO :
  • Hemat biaya. Dengan SEO Anda memang tak perlu mengeluarkan uang untuk ads atau iklan. Sebab Anda hanya harus rajin mengoptimasinya dengan konten-konten yang SEO friendly.
  • Bertahan Lama. Website yang Anda optimasi dengan SEO, bisa saja membuatnya bertahan di halaman utama mesin pencari dalam waktu yang lama. Anda hanya perlu mengantisipasi perubahan algoritma dari Google yang bisa mengubah perubahan posisi website.

Kekurangan SEO :
  • Ribet. Untuk menjalankan SEO ini memang Anda harus melakukan banyak hal seperti riset keyword, membuat konten, memposting konten serta memperbaiki website agar SEO friendly.
  • Butuh Proses. Buat Anda yang ingin cepat mendapatkan hasil, maka SEO bukan pilihan yang tepat. Sebab dalam SEO ini butuh proses untuk bisa membuat konten tampil di halaman utama search engine.

SMO (Social Media Optimization)
Sementara itu SMO atau Social Media Optimizationadalah teknik mengoptimasi website dengan dengan perantara media sosial. Saat ini media sosial memang sudah menjadi fenomena tersendiri di masyarakat. Dengan besarnya jumlah pengguna media sosial yang ada, membuat strategi SMO bisa berjalan dengan optimal bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Cara atau teknik untuk bisa menjalankan SMO ini sendiri ada yang berbayar dan tidak. Untuk Anda yang tak ingin ribet, maka menerapkan strategi SMO berbayar seperti Facebook Ads dan Twitter Ads bisa jadi solusi. Tapi bila anggaran perusahaan Anda menipis, maka menjalankan SMO dengan teknik manual tanpa berbayar juga tidak ada salahnya. Anda hanya perlu membuat konten yang baik, keuletan dan juga kepercayaan diri untuk menjalan SMO tanpa berbayar.

Kelebihan SMO :
  • Tidak ribet. SMO memang tak membutuhkan riset keyword dan juga kode pemrograman website seperti SEO untuk bisa menjalankannya. Dari sini maka Anda akan lebih mudah untuk menjalankan teknik SMO ini.
  • Peluang yang besar. Dengan semakin tingginya minat netizen pada media sosial, maka peluang untuk mendapatkan trafik dan konsumen memang akan semakin tinggi.

Kekurangan SMO :
  • Sulit menjaring target pasar. Jika dengan SEO yang memiliki keyword, Anda bisa mentarget pangsa pasar bisnis yang lebih spesifik, maka dengan teknik SMO, Anda akan kesulitan untuk menjaring target pasar karena di media sosial tidak ada data keyword yang tepat untuk mentarget konsumen.
  • Tidak punya ukuran yang tepat. Maksudnya di sini adalah SMO tidak seperti SEO yang memiliki kejelasan yang akurat untuk menentukan keberhasilannya. Bila SEO memiliki tanda penentu keberhasilannya pada website yang tampil di halaman utama, maka SMO hanya bisa diketahui tandanya dari hasilnya langsung yakni trafik serta conversion rate.

http://www.rezasatriapalupi.com/seo-...tal-marketing/
Diubah oleh RezaSatriaP
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di