alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Chatbot, Trend Marketing Masa Depan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0753d1902cfe89018b4567/chatbot-trend-marketing-masa-depan

Chatbot, Trend Marketing Masa Depan

Chatbot, Trend Marketing Masa Depan

Pertumbuhan teknologi saat ini memang luar biasa. Hampir setiap hari, selalu saja ada teknologi terbaru yang muncul. Saya sendiri hampir tak bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Teknologi sendiri sudah masuk ke berbagai unsur kehidupan manusia, termasuk ranah pemasaran atau marketing yang saya geluti. Diranah ini, teknologi sudah saya rasakan begitu kuat pengaruhnya. Bahkan begitu kuatnya pengaruh teknologi dibidang marketing ini, kita pernah dibuat tidak sadar bahwa apa yang kita alami merupakan bentuk pengaruh dari teknologi. Salah satu pengaruh teknologi yang sudah memasuki ranah pemasaran dan dianggap merupakan tren marketing masa depan adalah chatbot.

Apa itu Chatbot?
Chatbot atau juga bisa disebut Chatterbot merupakan sebuah program komputer yang dikonsep untuk melakukan simulasi percakapan antara satu atau lebih manusia dalam konsep audio atau teks secara otomatis. Adalah Michael Mauldin, orang pertama yang memperkenalkan istilah ‘chatterbot’ atau ‘chatbot’. Saat itu ditahun 1994, Michael Mauldin menciptakan verbot pertama yang dinamakan Julia untuk mendeskripsikan program percakapan tersebut. Teknologi yang dianggap bisa membuat layanan menjadi efektif dan efisien ini sendiri kemudian mendapat sambutan yang besar dan banyak diminati orang. Dan salah satu bidang yang sangat terbantu dengan adanya chatbot ini adalah bidang marketing.

Chatbot Sebagai Solusi Pelayanan yang Efektif dan Efisien
Ditengah kesibukan dan padatnya jam kerja para pebisnis dan juga para marketing membuat layanan terhadap konsumen memang bisa menjadi tak optimal. Dari sinilah maka para pebisnis ingin solusi yang cepat dan tepat untuk tetap bisa melayani konsumen dengan optimal di tengah padatnya kegiatan. Solusi yang kemudian muncul dari chatbot ini ternyata begitu sangat membantu para pebisnis. Sebab dengan chatbot, pebisnis tak perlu lagi binggung-binggung untuk harus selalu standbymelayani konsumen.

Tingkatkan Kepercayaan dan Engagement Konsumen dengan Chatbot
Dengan adanya chatbot, akan ada layanan konsumen yang dilakukan secara otomatis oleh bot atau pemrograman komputer. Dari layanan yang cepat dan otomatis dari bot ini maka konsumen pun akan bisa dilayani dengan baik. Ketika konsumen sudah bisa dilayani dengan cepat dan baik maka tingkat kepercayaan dan engagementterhadap bisnis pun akan meningkat. Layanan yang cepat memang selalu disukai konsumen. Dari sinilah maka banyak customer servicedari sebuah bisnis dan perusahaan yang menerapkan teknologi ini.

Penerapan Chatbot Pada Perusahaan Besar
Penerapan chatbot ini sendiri bukan hanya diminati oleh perusahaan kecil. Tapi beberapa perusahaan besar pun sangat menyukainya. Salah satu perusahaan besar yang telah lama menerapkan chatbot ini adalah Amazon. Perusahaan e-commercebesar di dunia ini menerapkan chatbot untuk memudahkan komunikasi antara para partner B2C Amazon dengan konsumen mereka. Bagi perusahaan besar yang menangani transaksi bisnis yang besar dan kompleks setiap harinya seperti Amazon, maka chatbot memang akan banyak sangat membantu. Dengan chatbot maka setiap konsumen akan merasa puas karena telah dilayani dengan cepat.

Tips Menerapkan Chatbot dengan Optimal
Untuk menerapkan chatbot untuk marketing dengan optimal maka ada beberapa tips yang harus Anda jalankan, yakni :
  • Buatlah respons atau balasan bot senatural mungkin, hingga konsumen merasa berkomunikasi dengan manusia.
  • Karena bot ini merupakan pemrograman komputer yang rawan muncul bug, maka cobalah membuat bot yang minim bug sehingga tidak embuat konsumen kecewa.
  • Pastikan bot bisa berjalan di banyak perangkat dan mempunyai proses dan respon yang cepat.
  • Jangan lupa juga untuk membuat bot yang sesuai atau relevan dengan apa yang dibutuhkan konsumen saat meminta pelayanan.
  • Akan lebih baik lagi Anda bisan menghadirkan bot yang mampu memberikan rekomendasi terbaik bagi pengguna.


http://www.rezasatriapalupi.com/chat...tal-marketing/
Diubah oleh RezaSatriaP
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di