alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bencana Tanah Longsor dan Minimnya Langkah Pemprov DKI
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c073d73ddd770b0088b456d/bencana-tanah-longsor-dan-minimnya-langkah-pemprov-dki

Bencana Tanah Longsor dan Minimnya Langkah Pemprov DKI

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, tak hanya bencana banjir yang mengintai Ibu Kota. Tanah longsor juga berpotensi menimpa warga, khususnya mereka yang tinggal di bantaran sungai atau dekat tebing.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta menyebutkan, potensi terjadinya tanah longsor atau gerakan tanah saat curah hujan tinggi pada Desember ini terdapat di 10 kecamatan di Jakarta. Sepuluh lokasi itu tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Wilayah yang berpotensi longsor di Jakarta Selatan layaitu di Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Baca juga: Ini Titik-titik Rawan Longsor di Jakarta Selatan

Sementara wilayah yang berpotensi longsor di Jakarta Timur yakni Kramatjati dan Pasar Rebo.

Potensi gerakan tanah di Jagakarsa dan Pasar Rebo berskala menengah-tinggi. Sementara itu, potensi gerakan tanah di delapan wilayah lainnya berskala menengah.

Longsor cukup parah sudah terjadi di Pasar Rebo. Pada 26 November lalu, longsor terjadi di permukiman warga RT 007/005, Jalan Pesona IX, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Lokasi longsor tepatnya di garasi sebuah bangunan warga. Sebuah sepeda motor di garasi tertimbun.

Rumah yang longsor itu berdiri di lahan hijau dan tidak memiliki IMB.

Longsor juga terjadi Selasa malam kemarin di Jalan H Miran, RT 012 RW 006, Cilandak Barat. Di kawasan itu, ketinggian permukaan tiap rumah berbeda. Penghuni rumah yang tanahnya longsor terpaksa dievakuasi.

Tak ada pencegahan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, relokasi warga yang menempati tanah rawan longsor sulit dilakukan.

"Itu tantangan kami sebetulnya, di tempat-tempat yang rawan longsor. Coba nanti kami lakukan pendekatan pada mereka seperti apa. Kalau mau pindah tentu kami kasih tempatnya," kata Anies di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Anies hanya meminta mereka tanggap terhadap tanda-tanda bencana.

Baca juga: Pemkot Jaktim Bangun Dinding Turap di Lokasi Longsor Kalisari

"Ya dimonitor saja. Buat warga yang berada di situ, kalau ada tanda-tanda laporkan," ujar dia.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan Holi Susanto juga menyampaikan hal senada. Ia menyebutkan, tak ada langkah pencegahan yang bisa dilakukan pihaknya.

Ia tak bisa menertibkan bangunan-bangunan di lokasi rawan longsor kendati bangunan itu memang tak memiliki izin.

"Harus dikoordinasikan dengan tingkat kota dahulu," kata Holi.

Selain tak bisa menertibkan, tak ada langkah lain yang bisa dilakukan pihaknya untuk menjaga warga.

"Kami mau pasang bronjong ataupun karung juga terkendala dengan rumah warga yang ada di pinggir kali," ujar dia.

Namun, Holi memastikan ketika terjadi bencana, pasukan biru akan langsung menanganinya.

"Jika longsor baru ditindaklanjuti dengan pemasangan cerucuk dan dolken," kata Holi.


https://megapolitan.kompas.com/read/...ah-pemprov-dki

udah banjir, longsor lagi.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kurang berdoa mungkin.
"Itu tantangan kami sebetulnya, di tempat-tempat yang rawan longsor. Coba nanti kami lakukan pendekatan pada mereka seperti apa. Kalau mau pindah tentu kami kasih tempatnya," kata Anies di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Anies hanya meminta mereka tanggap terhadap tanda-tanda bencana.

....

atau kalau dgn kata lain, lu banyak2 aja doa biar ga longsor

emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh ranttalker
Jangan kalian remehkan kekuatan kata-kata anies emoticon-Ngakak (S)
Bencana Tanah Longsor dan Minimnya Langkah Pemprov DKI
ya namanya musibah, gak bisa dicegah
Diubah oleh kakidal27
yg sabar aja lah
monggo ditingkatkan lg kewaspadaan yg berada di daerah2 rawan longsor
yaaaa mw gimana lagi ....sudah pilihan umat jkt58emoticon-Big Grin
sumur nya KOMPOS

skip aja deh KoMando PaStur

mana suka mereka sama islam sukanya sama ahoak yg seiman

emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh miyaza
Balasan post miyaza
Quote:


kompas media terperifikasi, tong.

emang PKSpiyungan?

emoticon-Ngakak
Quote:


terperifikasi menurut kaum elu ??

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Najis
Balasan post miyaza
Quote:


kok menurut "kaum" gua.

ada izin usahanya itu, redaksi jelas, terdaftar di dewan pers nasional.

emg media2 Hoax nya gerombolan genderuwo

emoticon-Ngakak
tanahnya kurang diajak diskusi..emoticon-Hansip
Quote:


Izin usaha redaksi jelas
tp isi nya pembenci islam dan isi beritanya sdh jelas jd corong koalisi
emoticon-Stick Out Tongueemoticon-Malu
Balasan post miyaza
Quote:


:ngankak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

boleh dibawa kemari bukti pembenci islamnya dimana...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Salam gubernur pribumi asli suku sundaemoticon-Angkat Beer
jakarta jangan ngiri yaemoticon-Angkat Beer
Balasan post ayy.lmao
Quote:


Kenapa ngiri, gubernur jakarta pribumi asli suku arab emoticon-Ngakak (S)
Balasan post p.star7
Quote:


suku arab ngomong masalah pribumi-pendatang.

varokah

emoticon-Ngakak
inget loh awal tahun ini puncak siklus 5 tahunan. siap siap boat sama pelampung ya yang kerja di sudirman thamrin. moga ga ngocor ke stasiun MRT
jangan ngeluh mulu, kalau gak mau kena ya pindah aja
jangan dikit2 salahin pemerintah, itu jakarta dari jaman belum merdeka emang udah kabagian banjir mau bilang apa

Yang Penasaran dengan spek lengkap Realme U1, spek dewa berharga miring cekidot gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di