alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tak Seperti Janji Kampanye Jokowi, BPN Akui Area Persawahan di Indonesia Berkurang
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c072da6ded77000728b4567/tak-seperti-janji-kampanye-jokowi-bpn-akui-area-persawahan-di-indonesia-berkurang

Tak Seperti Janji Kampanye Jokowi, BPN Akui Area Persawahan di Indonesia Berkurang

Tak Seperti Janji Kampanye Jokowi, BPN Akui Area Persawahan di Indonesia Berkurang

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyatakan, tiap tahun area persawahan diprediksikan terus berkurang. BPN menegaskan, untuk mencegah pengurangan lahan memang tidak bisa dilawan dengan program cetak sawah semata.

Bahkan, diperkirakan tahun depan lahan sawah di Indonesia bisa berkurang lagi sampai 1,4 juta hektare.

“Ini saja yang dari hasil terbaru 2018 itu kan 7,1 juta hektare ya dari citra satelit. Tapi ke depannya diprediksi bisa berkurang lagi sampai 20 persen,” ungkap Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Tanah Pertanian Kementerian ATR/BPN, Vevin S Ardiwijaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/12).

Pengurangan yang cukup signifikan tersebut dikarenakan dari hasil verifikasi langsung ke lapangan menemukan, banyak lahan sawah yang ternyata sudah memiliki izin alih fungsi. Ada yang berubah menjadi mal, ada yang menjadi bangunan lain.

“Idealnya memang tiap tahun dicek terus. Alih fungsi ini kan kencang sekali untuk lahan pertanian,” ucapnya.

Ke depan Kementerian ATR/BPN tengah fokus menggarap rancangan peraturan presiden guna mempersulit alih fungsi lahan. Pertama, untuk bisa efektif berproduksi, cetak sawah memerlukan waktu yang sangat lama. Di mana lahan sawah baru tersebut diperkirakan baru bisa berfungsi dalam jangka waktu 5 10 tahun ke depan.

“Jadi, tidak bisa buka sawah terus langsung bisa produksi 2 3 kali setahun. Waktunya lama itu untuk lahan baru bisa sampai 5 10 tahun,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan BPS, Hermanto bin Ashari Prawito menyebutkan, berkurangnya luas baku lahan pertanian sejatinya telah terkonfirmasi dari data yang sudah dirilis pemerintah.

Data yang didapat juga menggunakan citra satelit, menyimpulkan berkurangnya areal persawahan. Diharapkan, tidak ada pihak yang menggunakan data, diluar data nasional tersebut.

“Iya, bisa dilihat. Artinya pertahun ada sekitar 120 hektar (lahan pertanian yang hilang). Itu bisa dilihat dari data nasional,” ujar Hermanto.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilu 2014 lalu, Presiden Joko Widodo sempat berjanji akan membuka lahan sawah baru seluas 1 juta hektare di luar Pulau Jawa.

Janji ini dilayangkannya pada masa kampanye Pilpres 2014 menanggapi rutinitas tahunan impor beras. Selain itu, janji pengadaan area sawah baru juga untuk mencapai kedaulatan pangan.

kang tepu

semua rakyat dari berbagai macam golongan profesi sudah kena tipu
boro2 mau kedaulatan pangan, petani bisa jual hasil panen aja udah bersyukur
bacot sih muliakan petani, kenyataannya malah sengsarakan petani dengan impor jutaan ton
cuma cebong dongo yg masih mau pilih ini orang


Tak Seperti Janji Kampanye Jokowi, BPN Akui Area Persawahan di Indonesia Berkurang
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Janji jokowi sudah ditepati semuanya.
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Aku percoyo
alih fungsi sawah jd bangunan memang masif
banyak liat yg jd perumahan n ruko2
Sawah ga menjanjikan lagi sih sekarang..

Udh hasilnya ga seberapa, panennya cuman dua kali setahun.. Udah gitu rentan hama dan cuaca lagi.. emoticon-Wink
Harus bisa merubah sistem pertanian kita..
Sawah masih menjanjikan, tinggal apakah tepat alih teknologinya, unggul varietasnya serta dipikirkan bentuk hilirnya..

bullshiet sawah ga menjanjikan.. orang masih butuh makan dari hasil pertanian (padi, cabai, bayam, dll).

Vietnam bisa, Thailand bisa, Amerika bisa, Jepang bisa, China bisa..
Diubah oleh anarchy0001
cuman tanamannya aja yg beda...biasanya di tanami palawija sekarang di beton, mall n bangunan lainnya...
Jadilah nasbung yang diehard macam uduy sama ndoro, lah ini id newbie beraninya wkwk

Btw, udah hal wajar brooo,
jaman sekarang lulusan pertanian ajaa maunya kerja kantoran atau ngebank aja.

Wkwk daripada jadi lahan pertanian mending jadiin perumahan brooo, lebih profit
orang indonesia ga butuh makan, makanya sawah dialih fungsikan

yang dibutuhkan properti sama jalan2.

emoticon-Ngakak

kalo laper import aja

emoticon-Ngakak
kalo petani yang punya lahan ya pasti cari yang paling profit. pemerintah harusnya yg beli lahan petani n nanem pake teknologi supaya bisa tiap bulan panen



bukan urusan saya


Tak Seperti Janji Kampanye Jokowi, BPN Akui Area Persawahan di Indonesia Berkurang


jelas berkurang
developer pada berani bayar mahal demi jadi perumahan baru

itu sih yg terjadi di tempat ortu ane
semoga Indonesia bisa swasembada pangan lagi... emoticon-Salaman
Kok aku jadi bingung ya, itu BPN bukanya mengatur tata ruang dan tanah nasional. Kok jadi baper karena ulah sendiri.

Kan mereka sendiri yg ngatur tanahnya itu boleh dibikin rumah atau tidak.emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung
harusnya dibuat sawah bisa ditaro area waduk/danau biar mengatasi lahan tanah yg makin sempit akibat pemukiman penduduk emoticon-Belo
Sawah di pitnam thai kamboja itu punya kita.

Tenang saja.
wadih gawat klo pada pingin kerja di bank semua. mau beli beras kmna nanti. masak ngimpor mulu
jangan cuman nyetak sawah doang, ilmunya juga harus di tingkatkan gan
dan satu lagi nih, kalau udah panen jangan impor2 lagi soalnya kalau impor yang untung itu cuman importir harga sampai di tangan rakyat mah gak jauh beda tetap aja mahal

Yang Penasaran dengan spek lengkap Realme U1, spek dewa berharga miring cekidot gan
Balasan post anarchy0001
Israel om 🤭🤭🤭🤭
Quote:


ya sekalian Israel, Qatar, Afrika Selatan, Kolombia, Jerman, Prancis semuanya sukses di pertanian dengan komoditasnya masing2..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di