alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
BEBERAPA HAL PENYEBAB PELEK MOBIL RUSAK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c068607c0d770a33e8b4567/beberapa-hal-penyebab-pelek-mobil-rusak

BEBERAPA HAL PENYEBAB PELEK MOBIL RUSAK

BEBERAPA HAL PENYEBAB PELEK MOBIL RUSAK


BEBERAPA HAL PENYEBAB PELEK MOBIL RUSAK

Pelek pada mobil memiliki fungsi yang cukup vital dan kerap mengalami kerusakan meski tidak bersentuhan dengan aspal atau jalan.

Kerusakan pada pelek yang biasa terjadi adalah retak, peyang bahkan pecah, yang bisa menyebabkan pelek tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini bisa membahayakan dan berakibat celaka.

Bila ingin pelek lebih awet, ada beberapa pencegahan dan memperhatikan beberapa hal ini.

1. Jalan rusak.
Kerap melintas di jalan rusak, berlubang dan berbatu merupakan salah satu penyebab rusaknya pelek. Kondisi yang sering timbul adalah peyang di sekitar bibir pelek. Terlebih bila sering melintas di kondisi jalan rusak dengan kecepatan lebih dari 30 kpj.

Mengerem (hard braking) saat menghajar lubang karena melaju terlalu cepat, juga sering membuat pelek pecah ataupun bengkok, terutama ban depan. Itu disebabkan titik berat saat mengerem bertumpu di ban depan, lalu menghantam lubang di permukaan yang agak tajam.

Kondisi terparah, ban bisa pecah dan benjol di bagian dinding (side wall). Jika jarak pengereman tidak mencukupi ketika hendak menghajar lubang, ada baiknya melepas tekanan pedal rem sesaat sebelum masuk lubang. Langkah tersebut mampu meminimalisasi dampak benturan, karena titik berat sudah bergeser.

BEBERAPA HAL PENYEBAB PELEK MOBIL RUSAK

2. Ban.
Penggunaan karet bundar yang tidak sesuai dengan karakter pelek bisa berpeluang merusak bahkan mengganggu kenyamanan berkendara dan keselamatan. Ketika hendak mengganti ban, lebih baik ikuti spesifikasi bawaan pabrik.

Jika pelek tak lagi standar, diskusikan dengan mekanik perihal spek ban yang cocok. Kecenderungan pelek rusak karena penggunaan profil ketebalan ban yang terlalu minim dan tapak yang terlalu lebar atau terlalu "narik" (gaya hella flush).

Memasang ban off-road berukuran terlalu besar juga tidak disarankan jika tidak sesuai dengan karakter dan material pelek.

3. Tekanan angin.
Selalu periksa tekanan angin ban. Karena jika kurang bisa menyebabkan pelek bengkok di bagian bibir atau pengok. Penyebabnya hampir sama dengan ketika menggunakan ban profil tipis. Sebaiknya pastikan tekanan angin sesuai dengan instruksi pabrikan yang terdapat di dinding bagian dalam pintu.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia

HULAHI HULAHI
mantap info nya huemoticon-Jempol


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di