alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0685cbfcef875b218b4568/polda-ntt-dukung-gubernur-viktor-laiskodat-legalkan-miras-lokal--asal

Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...

Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal Sopi dan Moke, Asal ...

Minggu, 2 Desember 2018 19:04

Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...
(ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Petugas menata barang sitaan berupa minuman keras dan rokok ilegal di PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/8/2018). Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I menggagalkan penyelundupan tiga kontainer berisi 50.664 botol minuman keras ilegal berbagai jenis dan merk asal Singapura. 

Polda NTT Dukung Gubernur NTT Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal Sopi dan Moke,  Asal Begini Syaratnya
POS-KUPANG.COM - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat akan melegalkan minuman keras (miras) produksi lokal NTT.


Kebijakan melegalkan miras lokal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa akan diolah secara baik untuk diekspor keluar negeri.

Terhadap kebijakan melegalkan miras lokal ini, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur menyatakan mendukung penuh.


Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman melalui Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast pihak Kepolisian Daerah NTT mendukung rencana dan kebijakan Gubernur itu.


"Pada prinsipnya, Polda NTT mendukung sikap dan kebijakan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat untuk mengatur peredaran minuman keras produksi lokal NTT dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Jules  ketika dihubungi POS-KUPANG.COM pada Jumat (30/11/2018) malam.


Dukungan ini diberikan, lanjut Jules, karena rencana dan kebijakan Gubernur NTT ini dinilai dapat memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat sekaligus dapat mengurangi dan menekan angka kriminalitas yang terjadi di masyarakat.


"Kebijakan ini bukan untuk membiarkan peredaran miras lokal secara tidak terkontrol, terapi lebih kepada mengelola dan mengolah miras sehingga dapat dibuat berstandar sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan secara klinis," tambah mantan Kapolres Manggarai Barat ini.


Miras lokal juga akan diatur pemasarannya secara baik sehingga peredarannya tidak "asal jual" di pinggir-pinggir jalan.

"Jadi miras lokal ini akan diolah secara profesional dan dipasarkan juga secara profesional, misalnya diatur kadar alkoholnya, diatur tempat jualnya serta ijin dan sebagainya," tambahnya.


Selama ini, lanjut Jules, miras lokal yang diproduksi tidak diatur dan diukur dengan standar-standar klinis tertentu dan dipasarkan secara luas oleh masyarakat dalam kemasan yang tidak dibuat profesional.


Sehingga, harapannya dengan adanya standar semacam ini, tingkat kriminalitas yang terjadi akibat konsumsi miras yang berlebihan dapat ditekan karena miras yang beredar telah diatur kadarnya oleh badan yang berkompeten. 

Seperti diketahui, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat berencana melegalkan minuman beralkohol atau minumal keras (miras) asal NTT.

Miras lokal dimaksud akan diolah menjadi baik untuk diekspor ke luar negeri.

Menurut Gubernur Viktor, proses pengolahan miras berkualitas diawali dengan penelitian.

Ada lima profesor perempuan yang meneliti miras asal NTT seperti Arak/Moke dan Sopi.

Viktor menegaskan, jika ada yang mau larang untuk memproduksi minuman keras lokal, berarti dia adalah penjahat ekonomi yang ingin menjajah warga, karena tidak ingin produk lokal berkembang.

"Kita harapkan ke depan kita punya industri pengolahan minuman keras lokal ini bisa bertumbuh dengan baik dan kita akan lihat NTT bangkit dan rakyat menjadi sejahtera," tandasnya.

Para bupati menyambut baik rencana tersebut.

Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes dan Bupati Sumba Tengah, Paulus SK Limu menyatakan mendukung karena berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat.


"Saya sangat setuju dengan konsep itu. Dan saya sangat mendukung karena ada hubungannya dengan mata pencaharian masyarakat," kata Raymundus saat ditemui seusai melakukan pertemuan dengan Anggota Badan Anggaran DPRD TTU, Senin (19/11/2018) siang.

Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus SK Limu menyatakan mendukung Pemerintah Provinsi NTT melegalkan miras melalui peraturan daerah (perda).


Dia akan membicarakan bersama DPRD Sumba Tengah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya.

Sebagaimana diketahui Arak atau Moke adalah minuman khas dari Pulau Flores, sebagai simbol adat, persaudaraan dan pergaulan bagi masyarakat. Arak/Moke terbuat dari nira pohon Lontar.


Proses pembuatannya masih tradisional, dengan menggunakan wadah seperti periuk tanah liat untuk memasaknya.
Kemudian disuling dengan bambu yang dihubungkan dengan periuk tanah.


Penguji Terbaik Miras


Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menyebut dirinya sebagai salah satu pengetes minumal beralkohol yang terbaik.


Hal itu disampaikan Viktor menyusul rencana dia mengolah minuman keras asal NTT menjadi baik untuk diekspor ke luar negeri.

"Saya ini kita teliti Moke (minuman keras asal Pulau Flores), supaya kita kirim ke luar negeri," ucap Viktor dalam dialog dengan pimpinan lembaga keagamaan di NTT, Kamis (25/10/2018).



Menurut Viktor, ada lima profesor perempuan yang meneliti minuman keras beralkohol di NTT seperti Moke dan Sopi.
Setelah para profesor melakukan penelitian, lanjut Viktor, mereka lalu mengundang dirinya untuk mengetes atau mencoba minuman keras tersebut.


"Terus terang saja saya ini salah satu tester (pengetes) alkohol terbaik," kata Viktor.

Viktor bahkan menyebut, jika ia mencium bau alkohol saja, dia langsung tahu kualitas minuman keras tersebut.
Keinginan Viktor tersebut lantaran banyaknya minuman beralkohol asal sejumlah negara yang masuk bebas di Indonesia, dengan kualitas yang setara dengan minuman keras lokal asal NTT.


Viktor secara tegas mengatakan, jika ada yang mau larang untuk memproduksi minuman keras lokal, berarti dia adalah penjahat ekonomi yang ingin menjajah warga, karena tidak ingin produk lokal berkembang.

"Kita harapkan ke depan kita punya industri pengolahan minuman keras lokal ini bisa bertumbuh dengan baik dan kita akan lihat NTT bangkit dan rakyat menjadi sejahtera," tutupnya. 

http://kupang.tribunnews.com/2018/12...-dan-moke-asal


------------------------------


... asal diminum sendiri oleh pak Gubernurnya beserta jajaran anak buahnya saja!

emoticon-Wakaka


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
legal asal kasih upeti ?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
Alhamdulillah
Mabuk Miras, TKI Asal Kupang Meninggal di Malaysia
16/06/2018515

Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...

FLORESA.CO – Satu lagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menemui ajal di tempat kerjanya di Malaysia.

Jika sebelumnya alasan kematian alasan kematian dikarenakan siksaan majikan, kali ini, kasusnya berbeda. Matusalak Ftutuan, TKI asal Desa Silu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, NTT meninggal karena terlalu banyak mengonsumsi minuman keras (Miras).

“Metusalak meninggal karena minum minuman keras ( Miras). Dia (Metusalak) dilaporkan minum banyak miras sehingga langsung meninggal,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, Siwa seperti diberitakan Kompas.com, Jumat 15 Juni 2018.

Menurut Siwa, Metusalak, diketahui masuk ke Malaysia secara ilegal atau non-prosedural. Tidak diketahui pula, sudah berapa lama Metusalak bekerja di Malaysia.

“Jenazahnya diterbangkan menggunakan Pesawat Lion Air dan sudah tiba di Kupang. Petugas kita sudah mengantar jenazahnya ke rumah duka di Fatuleu,” tutupnya.
http://www.floresa.co/2018/06/16/mab...l-di-malaysia/

-----------------------------

Kebiasaan minum miras ini di kalangan anak-anak SMA dan anak muda lainnya di NTT, rupanya terbawa pula saat mereka kuliah di luar daerahnya, misalnya ke Jawa. Di beberapa kota besar di Jawa tempat kuliah mahasiswa asal NTT itu, banyak rumah kost yang menolak menerima mereka karena kebiasan mabuk itu. Karena suka bikin gaduh dan keributan. Hal sama juga terjadi untuk mahasiswa asal Papua asli.

emoticon-Sorry
Diubah oleh shahrah018
Ternyata kebayakan minum miras toh
Pantes omongannya sama pengikutnyasering keblinger
emoticon-No Hope
Miras, minuman keraaas.
Bupati Sikka, NTT, Usul Harga Moke Harus Mahal
Minggu, 18 November 2018 | 18:22 WIB

Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...
ilustrasi

Jakarta - Bupati Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Roberto Diogo mengatakan, salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas di Maumere, Ibu Kota Sikka adalah orang suka mabuk minuman keras (miras) beralkohol atau moke.

Orang Maumere, kata Roberto, dengan mudah mendapatkan moke karena harganya terlalu murah.

Pemicu kriminalitas itu adalah minuman beralkohol. Jadi orang sangat mudah memperoleh miras moke karena harganya terlalu murah. "Mau mabuk di Maumere sangat murah," ujar Roberto seusai berdialog dengan para tokoh dari Keluarga Besar Maumere Jakarta Jaya (KBM Jaya) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (17/11).

Karena itu, kata Roberto, salah satu solusi menekan angka kriminalitas di Maumere adalah menaikkan harga moke sehingga harganya menjadi mahal. Dengan harga moke mahal, kata dia, maka mabuk pun menjadi mahal.

"Bagaimana mabuk ini kita bikin mahal. Jadi tidak semua orang mabuk. Satu botol minimal harganya Rp 70.000 atau Rp 80.000 seperti arak bali," tandas dia.

Menurut Roberto, harga moke yang mahal juga bisa menguntungkan pengrajin moke dan mereka tetap memiliki pekerjaan. Dia tidak melarang orang Maumere minun moke, tetapi harus minum dalam batas yang wajar dan tidak sampai mabuk.
http://www.beritasatu.com/nasional/5...rus-mahal.html

mabuk miras sama mabuk agama mending tendang dua2nya Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...
Polda NTT Dukung Gubernur Viktor Laiskodat Legalkan Miras Lokal , Asal ...
4 Hukum Minuman Keras Menurut Kristen Yang Harus Dihindari

Umat Tuhan sudah tentu memahami hukum minuman keras menurut Kristen. Karena memang minuman keras jika memabukkan akan berbahaya. Peminum tentu akan tidak sadar dan kemudian dapat melakukan hal-hal negatif tanpa disadari.

Sehingga akhirnya dapat berakhir pada kejahatan yang melawan ayat Alkitab tentang gaya hidup modern. Oleh sebab itu dalam Alkitab jelas Tuhan telah memberikan firman tentang minuman keras kepada para umatNya. Jika belum paham tentang ayat Alkitab tentang hedonisme ini, sebaiknya pahami berikut ini hukum minuman keras menurut Kristen terutama dari sisi Alkitab memandangnya.

1. Jauh Dari Kerajaan Allah

Allah membenci minuman keras yang memabukkan sehingga tidak layak masuk ciri-ciri Kerajaan Allah. Seperti tertulis di 1 Korintus 6:10 ” Pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” Sehingga sudah jelas bahwa di Alkitab telah dinyatakan, barang siapa yang minum minuman keras hingga mabuk tentu tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan surga dari Allah.

Karena itu sebaiknya hindari perbuatan tersebut yang dibenci oleh Allah. Hal ini bahkan hingga diulangi kembali dalam Galatia 5:21 “Kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”

2. Memabukkan

Dalam Efesus 5:18 dinyatakan bahwa “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.” Telah jelas bahwa minuman keras jika memabukkan dibenci oleh Allah.

Karena jika seseorang mabuk dan tidak sadar maka ia rentan berbuat dosa, seperti misalnya melakukan perzinahan, pembunuhan, perampokan, dan sebagainya. Karena itu dengan tegas Alkitab melarang seseorang umat Tuhan untuk mabuk akan minuman keras. Karena itu jangan lupakan manfaat berdoa bagi orang Kristen supaya terhindar dari hal tersebut.

3. Dihindari

Dalam Alkitab juga dikatakan pada Lukas 21:34 “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

” Kemudian hal ini juga dipertegas dalam ayat Roma 13:13 “Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.” Jadi sudah jelas jika kita menghindari contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan maka sebaiknya kita hindari juga minuman keras yang membuat mabuk.

4. Mendatangkan Celaka

Dalam kitabNya juga telah dikatakan pada Yesaya 5:22 “Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras.” Maka jelas bahwa Allah tidak suka minuman keras yang memabukkan. Karena tidak ada yang baik dalam perbuatan tersebut.

Hendaknya hidup kudus dan jauh dari kecemaran tersebut. Sehingga hidup akan menghasilkan tujuan karunia Roh Kudus. Karena itulah sebaiknya umat Tuhan yang percaya dan patuh akan perintah Allah, sebaiknya jangan berpikir untuk minum minuman keras apalagi jika menjadi mahir di dalam hal tersebut. Karena hal itu hanya mendatangkan celaka.

Itulah beberapa hukum minuman keras menurut Kristen yang telah dinyatakan dalam firman Allah. Sebagai orang percaya hendaknya selalu taat pada perkataan Allah. Sehingga sebaiknya jauhi minuman keras yang memabukkan. Lain halnya dengan tata cara perjamuan kudus yang melambangkan pengorbanan Allah. Minum anggur disini tentu dalam batas toleransi yang diijinkan sehingga tidak memabukkan.
https://tuhanyesus.org/hukum-minuman...enurut-kristen
TS punya banyak kloneng juga rupanya emoticon-Matabelo
banyak miras legal di indonesia seperti mension anggur,dll asal tahu saja cukainya +_30s/d 40 ,persen kalai haram kan miras tutup pabriknya dong guoblok kokk di bagi2emoticon-Leh Uga
minum sopi dulu tipis2emoticon-Angkat Beer
Ooh prov pengekspor tenaga preman ..apa apa mabok dulu cocok lah dgn kelakuan si botak biadab piktor emoticon-Gila
bener kan omongan tengku zul
Bukan hal baru..bali itu banyak minuman produksi lokal bahkan sampe dikirim ke jakarta ber truk truk..dan juga eksport.

Yg gak setuju si viktor terapkan tsb, ya lo demo bali sono lah yg udh menjalankan praktik produksi miras.

Otak lo dangkal tonk dan gak konsisten emoticon-Big Grin
angkat sekali lagi gelasmu kawan emoticon-Angkat Beer
jika perda akan bertentangan dengan peraturan yg lebih tinggi maka akan batal demi hukum.
ekonomi lokal tidak hanya dari miras yang sudah jelas salah satu akar permasalahan sosial dan kejahatan lainnya.
khawatir juga dengan generasi muda di sana apakah akan selamat sampai geneasi berikutnya. emoticon-Turut Berduka
kearifan lokal

ndak komen macam2 lah

urusan rakyat NTT di sana
Balasan post shahrah018
Quote:

siap indehoi sama bidadari kalo haus ambil sungai khamer jangan lupa tong

Diubah oleh pocong.212
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di