alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketua DPR Ajak KPK Buat Terobosan Pencegahan Korupsi Bersama-sama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c06557fc0d7703d748b4567/ketua-dpr-ajak-kpk-buat-terobosan-pencegahan-korupsi-bersama-sama

Ketua DPR Ajak KPK Buat Terobosan Pencegahan Korupsi Bersama-sama


Ketua DPR Ajak KPK Buat Terobosan Pencegahan Korupsi Bersama-sama

Sebagai ikhtiar untuk terus membersihkan diri dari korupsi, DPR RI mengajak zKPK bekerjasama memberikan pembekalan anti korupsi kepada anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. Tampil sebagai pembicara lain Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo. 
 
Pokok Pembahasan:

1.      Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergandengan tangan melakukan berbagai terobosan mencegah suburnya korupsi di DPR RI. Legislator Partai Golkar ini juga mengajak KPK bekerjasama memberikan Award kepada partai politik yang anggota di Parlemen tidak terlibat korupsi.
 
2.      Pembenahan yang dilakukan di DPR RI tersebut, menurut Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini dimaksudkan sebagai upaya dari membenahi partai politik yang merupakan hulu demokrasi.
 
3.      "Sebagai tulang punggung demokrasi, partai politik menjadi titik pangkal paling penting bagi proses terciptanya penyelenggaraan negara yang baik. Hal ini setidaknya tercermin dalam lima fungsi partai politik, yaitu artikulasi, agregasi kepentingan, sosialisasi politik, rekrutmen politik dan komunikasi politik.
 
4.      Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menilai, kondisi partai politik yang saat ini belum banyak memberikan arti di masyarakat, tak lain adalah buah dari sistem politik tanah air yang terkadang menjebak partai politik dalam lingkaran korupsi.
 
5.      Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga mendorong diterapkannya sistem Pemilu e-voting (electronic voting). "Selama ini sebenarnya sistem e-voting sudah dilakukan pada sejumlah pemilihan kepala desa (Pilkades). Sebanyak 172 Pilkades di Kabupaten Pemalang serta 14 Pilkades di Kabupaten Sidoarjo. Dan, itu berhasil. Karenanya, saya mengajak seluruh stake holder untuk mendorong penggunaan sistem e-voting mulai dari Pilkades, Pilkada, Pileg dan Pilpres," tutur Bamsoet.
 
6.      Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai Indonesia sudah mulai melangkah maju dalam pembenahan sistem kepartaian. Melalui kenaikan dana partai politik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),  yang semula Rp 108 naik hampir 10 kali lipat menjadi Rp 1.000 per suara sah nasional yang didapat oleh partai politik, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh partai politik untuk melakukan kegiatan kepartaian secara transparan.
 
7.      "Kehadiran dana partai politik dari APBN untuk mencegah partai politik mendapatkan pendanaan yang bisa mengganggu independensinya, maupun pendanaan melalui pelanggaran hukum seperti korupsi. Dana partai politik yang didapat dari APBN memang tak besar, karena itu partai harus pintar mencari dana lain yang sah secara hukum, misalnya melalui fund rising, penjualan merchandise, maupun kegiatan kreatif lainnya. Inilah tantangan terbesar yang perlu dijawab partai politik," pungkas Bamsoet.

bambangsoesatyo.info
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Gak meyakinkan emoticon-Traveller
kuncinya adalah "tranparansi"mereka berani nggak semua anggaran di publish di internet , pembahasan anggaran dan semua sidang di upload di YouTube


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di