alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0636181a99758b5a8b456a/surat-pembaca-untuk-jdid---jingdong-indonesia

SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA

Surat Terbuka
JD.id / JINGDONG INDONESIA

Nomor Pesanan saya 243634559

Pada hari Sabtu, tanggal 1 Desember 2018, pukul 20.16 WIB, saya membuat pesanan "SAMSUNG SSD 860 EVO 500GB" seharga 2.199.000 pada JD.ID untuk tujuan Medan, Sumatera Utara. 10 menit kemudian, pada pukul 20.26, pesanan saya telah dikonfirmasi dan dikemas oleh pihak JD.ID. Resi diupdate pukul 22.14.44 "Packaging sukses" dan 2 menit kemudian, Resi kembali diupdate "Pesanan anda telah sampai di JD.ID [DC MARUNDA], tepatnya pada pukul 22.16.15

Beberapa menit kemudian, Resi kembali diupdate pada pukul 22.33.00 dan tertera "Paket keluar JKT A DC, kirim ke JX-Jakarta DC, operator JX-Indonesia.

SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA
Catatan : Screenshot diambil tanggal 4 Desember pukul 3.14 dan juga belum ada update pada status pengiriman.


Namun hingga tanggal 3 Desember, 2 hari kemudian, resi tidak kunjung mendapatkan update. Pada status resi terakhir, status pengiriman "KIRIM KE JAKARTA" yang berarti paket dalam perjalanan dari Marunda ke Jakarta. Marunda berada di Jakarta Utara, jadi sangat tidak mungkin jika paket diantarkan sesama Jakarta dalam waktu lebih dari dua hari.

Siang harinya, saya mencoba untuk membatalkan pemesanan, karena saya membutuhkan SSD tersebut dalam waktu yang cepat untuk keperluan perbaikan laptop saya untuk skripsi. Jika SSD tersebut tidak sampai dengan cepat, saya otomatis harus menunda skripsi saya yang dapat berakibat pada terlambatnya bimbingan dan beresiko skripsi saya tidak selesai.

Sekitar pukul 17.00 sore saya menelpon ke Customer Service JD.ID, hendak mengonfirmasi pembatalan pemesanan, akan tetapi, saya dimaki oleh petugas CS dengan alasan suara saya kurang jelas dan berisik karena di pinggir jalan. Telepon saya kemudian diputus. Saya juga telah melayangkan komplain melalui E-mail dan tidak dibalas, sementara dari Live-Chat juga tidak dibalas oleh petugas. Saya hanya ditanya "dengan siapa saya berbicara" dan ketika saya menjawab, petugas CS tidak pernah menjawab pertanyaan saya dan live chat terputus. Ketika saya mengulang melakukan live chat, hal yang sama terjadi berulang-ulang (ditanyakan nama kemudian tidak pernah ada balasan lagi)

Malam harinya, saya kembali menelpon ke Customer Service, dan dikonfirmasi oleh petugas bahwa Paket saya mengalami keterlambatan karena "kepadatan pengiriman", dimana alasan ini saya temukan juga di surat pembaca lainnya dan komplain-komplain pada media lain seperti KASKUS, TWITTER, DETIK, dan KOMPAS. Karena saya telah membatalkan pemesanan saya, status pesanan saya menjadi "LOCKED", petugas CS memberitahu bahwa untuk membatalkan pemesanan, saya harus menunggu 2 x 24 jam apakah pembatalan saya disetujui atau tidak. kemudian untuk pengembalian dana / refund, saya harus menunggu setidaknya 14 hari kerja untuk mendapatkan dana saya kembali. Petugas CS juga malah menyarankan saya untuk telpon ke J-Express pusat langsung tanpa memberi saya solusi / kejelasan, dan ketika saya menelpon ke J-Express, telepon saya tidak pernah tersambung setelah puluhan kali menelpon.

Saya harus membuang waktu saya selama berminggu-minggu untuk menunggu dan tidak dapat mengerjakan skripsi saya karena masalah seperti ini. Ini adalah pengalaman pertama saya berbelanja di JD.ID dan saya sudah sangat dikecewakan seperti ini. Pengalaman saya berbelanja di marketplace lain tidak pernah sekecewa ini. Mohon dari pihak JD.ID untuk pertanggungjawabannya karena ini menyangkut skripsi saya yang harus saya selesaikan secepatnya.

---------------------

4 Desember 2018

Telepon ke jd.id lagi, dimaki lagi.

"Bapak kan baru pesan tgl 1, ini baru tanggal 4. Bapak yang sabar dong. Estimasi ke medan itu 4-7 hari. Kalo senin belom sampe baru bapak follow up lagi. Ini juga sudah dalam perjalanan ke medan"

kemudian saya langsung telpon ke J-Xpress dan tersambung, berikut informasi yang saya dapatkan :

"Maaf pak, tapi status pesanan bapak sudah di cancel, jadi barangnya ga dijalankan sama anggota. Sudah dapat dipastikan pak barangnya masih di Marunda"

Telpon balik ke jd.id
"Barang sudah di-cancel. Tapi karena sudah ada pengiriman barang, jadi mau tunggu barangnya balik ke gudang dulu baru dana refund bisa cair"

5 Desember 2018, terima telepon dari JD.ID pukul 12.14
Barangnya sudah di Medan, dan harus menunggu barangnya balik ke Jakarta baru bisa refund dananya.

Padahal kan ketika konfirmasi ke J-xpress, per 4 Desember mengonfirmasi barangnya tidak pernah dijalankan karena permintaan cancel order dan statusnya memang sudah tercancel (padahal dari tanggal 1 barangnya sudah di J-Xpress Jakarta), Tapi dari JD.ID bilang barangnya sudah di Medan. emoticon-Ultah


5 Desember 2018, pukul 17.00 sore


Telepon ke J-xpress dan informasinya masih sama yaitu barang tidak pernah dijalankan dari DC Marunda. Saya bisa langsung klaim refund dana tanpa menunggu barang balik ke warehouse JD.ID karena barang memang tidak pernah dijalankan, dan order cancel sudah tercancel dengan SEMPURNA.

Setelahnya, saya langsung telpon ke JD.ID

JD.ID memberikan informasi kalo barangnya sudah di Medan, Sumatera Utara. Mau tunggu koordinasi dengan pihak terkait atau gimana deh, telepon terputus karena paket nelpon saya ternyata sudah habis terpakai emoticon-Sorry


6 Desember 2018, sekitar pukul 19.00 malam


JD.ID menelepon saya untuk konfirmasi pembatalan Order, dan mengatakan "dengar-dengar ini untuk skripsi ya". Barang sudah sampai di Medan, tapi harus dikembalikan ke Jakarta Warehouse JD.ID dulu agar bisa di-refund dananya. Agar cepat, JD.ID menggunakan jasa pihak ketiga agar pengiriman lebih cepat dengan estimasi 1-4 hari (maksimal Senin / 10 Desember). namun tidak memberikan saya nomor resi dan apa jasa ekspedisi yang digunakan

Padahal dari awal Status barang di J-Xpress dan JD.ID memang tidak sinkron, pihak J-Xpress selaku ekspedisi berkali-kali dihubungi mengatakan barangnya di Jakarta dan tidak dikirimkan. Status Order Cancel sudah Ter-cancel dengan sempurna. dari Pihak JD.ID mengatakan barangnya otw ke Medan, sampai di Medan dan harus dibalikkan ke Jakarta.

Pihak JD.ID juga seakan menyalahkan saya karena sudah butuh cepat tapi ga sabar nunggu estimasi 7-14 hari untuk wilayah Medan Sumatera UtaraSaya membatalkan pemesanan saya dan menjadi ragu karena mengacu pada data J-Xpress selaku ekspedisi yang seharunya mempunyai data paling update mengenai pengiriman.

Anehnya, meskipun barang telah sampai di Medan, pihak J-Xpress tidak pernah mengantarkan pesanan saya (untuk saya tolak jika di-cancel) dan langsung mengubah status di website JD.ID menjadi "Order dikembalikan"
SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA

Pukul 19.00, mencoba menelpon ke JD.ID lagi
Diberitahukan bahwa mau ada pengecekan dari tim Gudang apakah barangnya sudah di gudang atau belum, dan disuruh tunggu (lagi) 2 x 24 jam.

11 Desember 2018, 5 hari setelah estimasi retur
CS JD.ID yang lain menyuruh saya menunggu (lagi) 2 x 24 jam ke depan

12 Desember 2018, 6 hari setelah estimasi retur
Surat Pembaca DETIK
https://news.detik.com/suara-pembaca...gungjawabannya

Jumat, 14 Desember 2018, 14:36
Saya menerima telepon dari JD.ID, dan disampaikan bahwa dalam proses pengembalian barang, barang terindikasi hilang dari ekspedisi. Oleh karena itu, status pesanan saya akan langsung diubah menjadi cancelled paling lambat hari ini juga, tanpa menunggu barang kembali di warehouse JD.ID. Pihak JD.ID juga memberikan saya nomor WhatsApp agar langsung diurus dengan satu CS yang sama.

Senin, 17 Desember 2018
Ketika saya mencontact via WhatsApp, chat saya jarang direspon sehingga saya harus melakukan SPAM terus menerus agar direspon.
Ketika memberikan respon, JD.ID berasalan bahwa sistem berkendala sehingga tidak dapat diubah statusnya menjadi CANCELLED dan harus menunggu perbaikan dari tim IT maksimal 2-5 hari.

Rabu, 19 Desember 2018
Pesanan saya yang terindikasi hilang ternyata sudah tiba di Warehouse JD.ID di Jakarta
SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA
dalam hal ini berarti pihak J-Xpress dan JD.ID kembali tidak sinkron dan memberikan informasi yang salah.
JD.ID juga memberikan informasi bahwa sesungguhnya Refund saya telah diajukan ke pihak Finance namun belum ada respon / update.

Senin, 24 Desember 2018
Status saya belum kunjung berubah menjadi Cancelled. Saya terus menghubungi via WhatsApp dan melakukan spam tetapi tidak kunjung mendapatkan respon. Sore harinya, saya mendapat balasan agar menunggu hari kerja karena bagian Finance sedang libur natal.

Senin, 27 Desember 2018
Saya mendapatkan WhatsApp bahwa Refund saya telah diproses secara manual pada 26 Desember pukul 19.39 dan memberikan bukti berupa screenshot sistem (yang sudah di crop tentunya) bahwa dana baru akan kembali masuk ke limit kartu kredit 7-14 hari kerja. Pihak JD.ID juga kembali menelepon untuk konfirmasi bahwa refund telah diproses dan akan masuk ke kartu kredit 7-14 kerja ke depan.

Status Pemesanan di website JD.ID juga masih berstatus "MEMBATALKAN" per tanggal 28 Desember 2018, meskipun barang telah kembali ke warehouse Jakarta sejak tanggal 19 Desember 2018 dan refund telah diproses secara manual .

SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA
Screenshot diambil per 28 Desember 2018

Per tanggal 29 Desember 2018, saya mendapatkan konfirmasi bahwa pertanggal 27 Desember dana telah kembali ke limit kartu kredit, maka kasus ini saya anggap selesai.

Saya berterima kasih kepada teman-teman yang telah membantu, pihak JD.ID, Kaskus, dan DETIK karena telah membantu dalam kasus ini. Mohon maaf jika kiranya adalah salah kata dan spam, dikarenakan minimnya respon dari JD.ID via live chat, Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp meskipun WhatsAppnya online.

Terima kasih.

----------

Tambahan : (kalau dibaca sama JD.ID) saya masih menunggu kompensasinya
SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA
sebenarnya ga mau belanja di JD.ID lagi karena kecewa, dan ga terlalu berharap sama kuponnya. Cuman saya tetap tagih setidaknya untuk menggantikan kerugian paket nelpon saya dan pulsa yang saya habiskan demi telpon ke Hotline JD.ID tapi hanya tersambung sampai "tekan 1 untuk informasi pengiriman, tekan 2 untuk informasi pengembalian dana". emoticon-Hammer2
Diubah oleh juliantochang98
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Alasan saya kenapa saya memilih JD.ID meskipun saya urgent :

1. Saya belum pernah menggunakan JD.ID sebelumnya dan tidak tau pengiriman JD.ID akan selama ini

2. JD.ID adalah marketplace besar, dengan tagline "DIJAMIN ORI" sehingga saya tidak takut bahwa produk yang saya terima akan bermasalah.

3. Pembelian secara online dapat menggunakan Kartu Kredit Online (menggunakan CVV), sementara saya sendiri belum menggunakan Kartu Kredit. Pembelian secara offline membutuhkan kartu kredit dalam bentuk fisik (kartu).

4. Pengalaman saya berbelanja online di marketplace lain hanya 2-4 hari dalam pengiriman.

Kenapa saya kecewa dengan JD.ID

1. Sudah 3 hari, resi tidak diupdate

2. Alasan Mbak2 CS hanya "Kepadatan dalam pengiriman", alasan yang sama dengan ratusan surat pembaca lain kepada JD.ID di Kaskus, Kompas, Detik, Twitter, dan sebagainya, yang berakhir pada barang tidak ada stock (Out of Stock).

3. Jika barang sudah dalam pengiriman lalu tiba-tiba out of stock, bukankah itu namanya penipuan terhadap konsumen?

4. Alasan kenapa saya membatalkan pemesanan saya yang malah membuat ribet : Pengiriman memakan waktu terlalu lama, tidak ada update pada resi. Pelayanan CS via Live Chat tidak ada tanggapan, dan Email juga tidak ada tanggapan. Saya sebagai konsumen wajar dong kalo merasa was-was.

5. Saat telpon saya yang pertama, saya DIMAKI oleh CS karena kondisi jalan yang berisik dan suara tidak jelas.
Diubah oleh juliantochang98
Meskipun berada di group yg sama, tetapi JD berbeda dengan JX, perusahaan JD di bidang marketplace, JX di logisticnya. Jadi kalau dilihat diatas sepertinya kesalahan pada JX nya yg overload. Soalnya moment2 skrg lagi banyak2nya flashsale dan promo2 sehingga JX overload.
Saran sih, mending cari jasa pengiriman lain semacam JNE atau J&T biasanya lebih cepat.
Quote:


melalui surat pembaca yang saya baca di artikel lain di kaskus maupun media lain seperti kompas dan detik, semua barang sudah dikonfirmasi pengiriman di "JX" dan dengan alasan yang sama : OVERLOAD.

Tapi beberapa waktu kemudian, pihak JD.ID mengatakan barang tidak ada Stock / Out of Stock. Padahal barang sudah di JX dan alasan pertama "Overload". Kalau sudah begitu berarti informasi pertama (overload) adalah kebohongan dong. Dan sebagia customer ya saya merasa wajar dong kalo merasa was-was.

JD.ID tidak bisa memilih menggunakan ekspedisi lain seperti JNE / J&T.

lagian untuk tanggal segini market place mana sih yang ngadain harbolnas / flash sale (?)
Diubah oleh juliantochang98
Balasan post f41th
Quote:


Kalo grup yang sama, ya berarti gak salah salah amat kalo komplennya ke JD.

Sudah tau bagian pengirimannya overload, eh marketplacenya masih tetep "buka" dan gak mau kehilangan profit karena ngalihin shipping ke operator lain. Gak ada koordinasi ya?

emoticon-Wakaka
kalau buat urgent dan luar jkt sih mending cari seller sekota pakai grab / gojek.
jedong kalau buat urgent gak bisa
Kalo ada masalah ama olshop, jangan di cancel gan, bakal nambah rumit.emoticon-Traveller
Selama masih ada yang pake marketplace ini, ya bakal terus ada keluhan macam ini..
Kasus kayak gini bs dilaporkan ke YLKI gak ya..
Quote:


sejauh ini saya belum pernah memakai Jd sih, jadi belum pernah research kasus seperti ini dan ga tau JD.ID seperit ini

Quote:


ya saya ngaku salah gan cancel orderan, tapi ya saya sudah waswas dan akhirnya kepenced dah itu order cancel emoticon-Sorry
kebetulan baru banget bikin thread komplain soal jd id... barang gw juga sama dong ga dianter2... cs jawab templaTe, "tim terkait" mulu,, nilaI layanan jdid dari 1-10 = -1000

SANGAT TIDAK MEMBANTU DAN MENGECEWAKAN
Diubah oleh malingtempur
kalo mau butuh cepet cari offline lebih enak gan. kalo online ya harus yang gojek, grab.

gue yg di Jakarta aja paket pernah 5 hari baru sampe kok(dari batam, jne reg).
salahnya agan lebih parah lagi ngecancel. jadi makin ribet urusannya(kalo masalah cancel ini semua olshop ribet)

buat pelajaran aja gan. taglinenya jd.id pasti ori, bukan pasti cepet.
itu csnya kalo beneran maki2 kena sp tuh paling minimal
Diubah oleh m.rif.i
sudah closed blm gan kasusnya? klo belum di email aja alamat surat pembaca yg sudah agan buat. biar pihak jd.idnya baca dan mulai mempercepat proses penyelesaian. karena mereka juga akan merasa dirugikan dengan pemberitaan yg bersifat negatif
Quote:


Belum gan. Sampai saat ini masih alasan libur natal. Disuruh tunggu 2x24 jam seperti biasa Banyak update2 yg saya follow up hanga disuruh tunggu. Perinciannya belum sempat saya update satu per satu. Laptop juga sudah mati total 🙃
Saya pesan dr flash sale jg sama dr tgl 20 sampe skr brg blm sampe, br td pagi saya cancel eh dijwb sama cs nya ga bs di batalin, kl emg ttp mau batal hrs nunggu barang sampe di tmp br bs batalin ke kurir

MUKE GILE! brg aja kg tau kpn sampenya malah blg kg bs di batalin, sjk harbolnas dr 1010 sampe skr makin parah ini JD.ID

Gengsi bgt utk kerjasama sm pihak ketiga yg bs nganter lbh cpt
Balasan post juliantochang98
cancel sih ga salah krn kl ga harbolnas itu jd.id cpt bgt pengiriman sama refund, gw langganan di jd.id udah lama, cm kecewa bgt sjk 1010

pengiriman biasa sehari sampe, refund jg cpt ga sampe 4hr kerja
barang ane juga udah 2 Minggu lebih ga sampai2... ditracking ga ada perubahan status...

brengseknya di web jd.id kalau sudah 2 Minggu otomatis berubah jadi "Diterima" statusnya... khan kurang ajar, padahal barang belum terima sama sekali... Minta refund ribet dan lama juga...
duit kita bnyk yg mengendap disana, bisa jadi bunganya dimakan mereka... kampret khan...
Balasan post hendri2303
sudah direfund gan akhirnya. tapi untuk menunggu dana masuk harus nunggu 7-14 hari kerja. karena saya pakai kartu kredit emoticon-Hammer2
Balasan post rianday
sudah di proses refund gan sejak tgl 26 pukul 7 malam, sudah bisa dibilang selesai, tapi baru akan saya close kalau dana sudah masuk ke kartu kredit yang notabene butuh 7-14 hari kerja emoticon-Hammer2
Menanggapi surat keluhan dari Bapak Julianto pada laman ini pada Selasa, 4 Desember 2018, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Julianto alami. Dalam hal ini, perlu kami informasikan bahwa terdapat kendala yang terjadi saat proses pengiriman barang, sehubungan dengan lonjakan pesanan yang kami terima pada periode akhir tahun ini. Namun, kami tetap bertanggung jawab agar proses pengembalian dana dapat diproses sesegera mungkin.

Selanjutnya, kami informasikan juga bahwa pengembalian dana telah kami proses, dengan estimasi waktu pengembalian dana sekitar 7 – 14 hari, atau sesuai dengan ketentuan terkait pengembalian limit kartu kredit yang telah diterbitkan oleh bank penerbit kartu kredit tersebut. Kami juga telah menghubungi langsung konsumen untuk menjelaskan hal ini, dan dengan demikian permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.

Terima kasih.
Customer Service JD.ID
Balasan post jd.id
SURAT PEMBACA UNTUK JD.ID / JINGDONG INDONESIA

ditunggu min emoticon-Hammer2
Balasan post juliantochang98
Baguslah kalau sudah bisa direfund

Ane masih dendam nih...
Ga ada respon dari jd.id, email ane dianggap sampah kali ya?

Konsumen nanya baik2 lewat email ga dibales... Mirip banget ciri2 orang mau nipu....
Selama ga ada tanggapan ane anggap ini kasus penipuan, ga ada kejelasan barang ada dimana, minta refund juga statusnya ga berubah dari kemarin.

Dasar nipu...
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di