alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0622ae54c07aac698b4568/kicauan-dubes-arab-saudi-soal-reuni-212-menuai-protes

Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes

Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berpidato saat Hari Ulang Tahun ke 91 Nahdlatul Ulama di Jakarta, Selasa (31/1/2017). NU memprotes cuitan Dubes Arab Saudi yang mencampuri urusan Indonesia.
Reuni 212 yang digelar Minggu (2/12/2018) lalu ternyata merembet ke hubungan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Penyebabnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osamah Muhammad Al-Suaib berkomentar atas reuni itu lewat akun twitter yang terverifikasi.

Osamah, dalam twitternya mengunggah kicauan bahwa aksi itu merupakan respons atas kasus pembakaran bendera di Garut beberapa waktu lalu. Dia menilai, pelaku pembakaran adalah 'ormas yang menyimpang'.

Kasus pembakaran bendera bertuliskan huruf Arab terjadi 22 Oktober lalu, di Garut, Jawa Barat. Pelakunya, anggota Barisan Anshor Serbaguna, sudah minta maaf dan diproses hukum.

Terang saja, unggahan Osamah itu memancing protes dari Pemimpin Pusat Gerakan Pemuda Anshor, organisasi kepemudaan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum GP Anshor menyurati Menteri Luar Negeri, Retno L.P Marsudi.

Yaqut meminta Menteri Retno agar meminta klarifikasi dan permohonan maaf dari duta besar Osamah atas unggahan pukul 13.05 WIB itu.

Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siraj juga melayangkan protes keras terhadap pernyataan Osamah. Menurut Said, pernyataan Osamah telah melanggar keras hubungan diplomatik, yakni mencampuri urusan politik suatu negara di luar kewenangannya.

"Hal ini jelas mengganggu hubungan diplomatik RI-Saudi Arabia, atas dasar ini kami menyampaikan protes keras," kata Said di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (3/12/2018) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

PBNU juga meminta pemerintah Indonesia untuk menyampaikan nota protes kepada Arab Saudi agar menarik Osamah dari Indonesia. "Agar memulangkan saudara Osamah sebagai bagian sanksi atas tindakannya yang gegabah dengan mencampuri urusan politik negara Indonesia," ujarnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, Kementerian Luar Negeri memanggil Osamah sebelum ada surat dari GP Anshor. Sayang Osamah dia sedang di luar negeri. Maka pada Senin (3/12/2018), Kemenlu memanggil Wakil Dubes/Kuasa Usaha Sementara Saudi di Jakarta, untuk mengklarifikasi unggahan itu.

Kemenlu melayangkan protes. "Kami sampaikan Kemlu sangat menyesal dan kecewa pernyataan dalam media sosial Dubes Saudi di Jakarta,” ujar Armanatha, seperti dikutip dari Kompas.com.

Armanatha menegaskan, isi pernyataan Dubes Osamah di Twitter tidak tepat. "Secara etika penyampaian pernyataan seperti yang ada dalam medsos Dubes Saudi tidak sesuai dengan prinsip hubungan diplomatik," kata dia.

Wakil Dubes, menurut Armanatha, juga menyampaikan penyesalannya atas kondisi ini. Ia juga menegaskan bahwa pernyataan Dubes Saudi di Twitter itu adalah pendapat pribadi. "Dia menyampaikan bahwa pernyataan itu tidak mewakili Arab Saudi," ujarnya.

Baik akun Twitter Osamah maupun Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, tak mengunggah pernyataan terkait cuitan Osamah ini. Yang terjadi, justru unggahan Osamah sudah direvisi.

Hal ini terlihat ada perbedaan dari isi dan waktu unggahan yang diprotes GP Anshor dengan yang ada di akun Osamah.
Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes
Tangkapan layar petikan unggahan Osamah di surat GP Anshor kepada Kementerian Luar Negeri RI.
Jika dalam suratnya GP Anshor menulis unggahan itu pukul 13.05, di akun Osamah unggahan itu tercatat pukul 19.29 WIB.
حشود مليونيه للوحدة الاسلاميةوالتعاون الشعبي لحفظ امن الوطن.مشاركة حاكم جاكرتا انيس باسويدان.مشاركة مرشح الرئاسةالجنرال /برابوا سوبيانتو.ومساعد رئيس البرلمان الدكتور / فضلي زونننصح السائح السعودي بالابتعاد عن أماكن التجمع الواقعة في محيط منتزة موناس لكثرة الازدحام pic.twitter.com/tZbUVyZ7j6
— د. أسامه محمد الشعيبي (@Os_alshuibi) December 2, 2018
Dalam terjemahan yang dibandingkan CNN Indonesia, memang ada perbedaaan makna dalam unggahan itu. Dalam terjemahan unggahan versi pertama, disebutkan,

Berkumpulnya jutaan manusia dalam rangka persatuan Islam

Sebagai reaksi atas pembakaran bendera atau panji tauhid dari kelompok yang sesat sebulan lalu

Dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan, calon Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Ketua DPR Fadli ZonUntuk tidak mendekati keramaian dan kemacetan yang berada di wilayah Monas tersebut.

Sedangkan unggahan versi revisi sudah berbeda,

Berkumpulnya jutaan manusia dalam rangka persatuan Islam

Rakyat bekerja sama dalam rangka menjaga keamanan nasionalDihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan, calon Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Diimbau kepada warga negara Saudi untuk tidak mendekati keramaian dan kemacetan yang berada di wilayah Monas tersebut.
Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-menuai-protes

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes Bupati Bener Meriah tambah daftar pencabutan hak politik

- Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes Mendagri: Jangan beli minuman dalam plastik

- Kicauan Dubes Arab Saudi soal Reuni 212 menuai protes Tanah amblas di Kaltim, warga tuding perusahaan pertambangan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di