alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Minta Panglima TNI dan Kapolri Cek Pembunuhan di Papua
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0600daddd770623c8b4567/jokowi-minta-panglima-tni-dan-kapolri-cek-pembunuhan-di-papua

Jokowi Minta Panglima TNI dan Kapolri Cek Pembunuhan di Papua



TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian untuk mengecek informasi terkait kabar pembunuhan 31 pekerja proyek jembatan di Nduga, Papua.

"Saya perintahkan tadi pagi ke Panglima dan Kapolri untuk dilihat dulu, karena ini masih simpang siur, karena di Nduga itu sinyal enggak ada. Apa betul kejadian seperti itu?," kata Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Jokowi mengatakan wilayah Nduga termasuk daerah zona merah karena tingkat kerawanan dan sering muncul gangguan keamanan dari kelompok bersenjata. "Tapi kita menyadari pembangunan di tanah Papua itu memang medannya sangat sulit dan juga masih dapat gangguan seperti itu," kata dia.

Menurut Jokowi, meski ada insiden tersebut, pembangunan di Papua akan tetap dilanjutkan. Pemerintah, kata dia, tidak akan takut akan ancaman dari kelompok bersenjata. Ia memastikan, setiap pembangunan pasti dilakukan penjagaan oleh TNI. "Itu jelas dan itu selalu dilakukan," kata dia.

Sebanyak 31 orang pekerja proyek PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua diduga dibunuh kelompok bersenjata, pada 2 Desember 2018. Kepolisian Daerah Papua menyatakan, hingga Senin, 3 Desember 2018, pukul 22.35 sebanyak 24 orang yang tewas identitasnya diketahui.

Delapan orang sempat menyelamatkan diri ke rumah seorang anggota DPRD. Namun, delapan orang itu dijemput oleh kelompok bersenjata. “Tujuh di antaranya dibunuh, satu orang kabur dan belum ditemukan,” kata Kepala bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Ahmad Musthofa Kamal, Selasa, 4 Desember 2018.

Berikut kronologis peristiwa penembakan tersebut.

30 November 2018 pukul 04.00, Pos Satgaspamrahwan 755/Yalet di Napua-Wamena mencatat sebuah mobil bermuatan solar milik PT Istaka Karya menuju Camp Istaka Karya di Distrik Yigi membawa lima pegawai dan tiba kembali di Wamena pada pukul 18.30.

1 Desember 2018 pukul 02.00, dua mobil menuju ke Camp Distrik Yigi, Nduga. Tiap mobil membawa 15 pekerja proyek PT Istaka Karya.

1 Desember 2018 malam, manajer proyek jembatan Habema- Mugi, Cahyo, ditelepon seseorang dari nomor yang biasa dipegang oleh koordinator lapangan pembangunan jembatan, Johni. "Namun, Cahyo tidak paham pembicaraan orang yang menelepon itu," kata Kamal. Johni sedang bekerja membangun jembatan di Kali Aurak - Yigi, Nduga. Monang Tobing, pegawai Bina Marga sempat saling berkirim pesan pendek dengan Johni pada 30 November 2018.

2 Desember 2018, pukul 20.00, satu mobil strada kembali lagi ke Wamena.

3 Desember 2018, satu mobil strada kembali dari Wamena ke Distrik Mbua, Kabupaten Nduga. "Satu mobil strada yang membawa 15 pekerja proyek dari PT Istaka Karya belum kembali ke Wamena," kata Kamal.

Personel gabungan Polri dan TNI bergerak dari Wamena menuju Distrik Yigi. Di kilometer 46 , tim bertemu dengan salah satu mobil dari arah Distrik Bua dan menyampaikan agar tim segera kembali karena jalan diblokir kelompok bersenjata. "Kami mengecek informasi mengenai pembunuhan itu," kata Kamal.

sumber

RIP.. Semoga papua tetap kondusif
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yang tegas jok! emoticon-Ngakak jangan ama nasbung aja tegas tapi kalo ama separatis klemer2! emoticon-Ngakak
jadi gini.. bagus tuh

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Jokowi Minta Panglima TNI dan Kapolri Cek Pembunuhan di Papua
jaman beye trans papua di bangun karena sering ada serangan kkb sampai beye minta bekang TNI ikut mbangun, itulah sulitnya mbangun papua, giliran gak di bangun nyalahin
ngecek... udah jelas kok itu separatis trunkan pasukan lenyapkan itu sudah takut dbilang melanggar ham... takut elektabilitas tergerus
masih dicek....



emoticon-cystg
Separatis papua anti infrastruktur...
Ya wes ditunggu berita selanjutnya
Balasan post topana
Quote:


ditegesin bakalan mewek2 di pbb indonesia melanggar ham
sama sprti nasbung dikerasin teriak anti islam
emoticon-Ngakak
Balasan post rumputteki99
Quote:


wkwkwk terlalu telak
Balasan post rumputteki99
Quote:


disponsorin sama tetangga kita yg disebelah selatan kali
dari jaman timor-timur usilnya gak ketulungan
emoticon-Nohope
teroris yg mengancam satu indonesia saja berhasil dipatahkan.
apalah arti teroris (atau bahasa halusnya, KKB) yg hanya mengancam satu distrik.

pemberantasan terhalang medan? oh boy, kita saja berhasil ngusir Belanda dengan keadaan medan yg jauh lebih sulit dan kekuatan militer yg jauh lebih lemah dan tidak sesolid sekarang.
Diubah oleh samudra6969
ane pernah dsana gan, buat ke nduga itu susah, darat lwt wamena (rawan& msh jelek), sungai via sawaerma asmat (air naik turun tapi relatif aman), or udara, nduga msh zona merah, tapi kalo mau main gempur (maaf) kek nya harus sekelas tim elit TNI, kamuflase opm tuh hebat gan, ente salah mbedil bisa geger dunia, sinyal msh susah (ada tp jarang idup), setau ane yg jaga bts tukang mabuk, seenak dia aja idupkan tower, dlu pernah di hajar pace wabup gara2 ini,
Balasan post bukan.salman
Quote:


kayak anu kaya seorang ustad tungku api eh tungku djul yg bilang buat apa bikin infrastruktur ? emoticon-Big Grin

11-12 mereka, kayaknya takut kalau infrastruktur berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat sana, jadi kehilangan member yg bisa di bego2in lagi emoticon-Ngakak (S)
Kalo ini bisa langsung di headshot aja pakde
Kagak bakal ada yg tereak2 kriminilisasi ul@ma sambil koor bersama "halo pakabar"
Quote:


katanya sih udah bangun markas di nugini sono
ops gabungan, no media, take no prisoner, kill them all..
Pakai koteka warna apa gan ?

Kali aja gayus suka





Turut berduka buat korban
Diubah oleh laitram
Balasan post topana


beli tucano buat APA kalo gak di pake emoticon-Wakaka


buat di lap² doangkah emoticon-Leh Uga



Balasan post jabrikmacho
Quote:



Mana Ada jaman si BeYe bikin jalan di Papua emoticon-Blue Guy Bata (L)


hanya Tjahaya Asia yg bikin jalan di Papua emoticon-I Love Indonesia



Makasih mbah harto yang mimpin operasi pembebasan papua


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di