alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
5 Manfaat Kolagen Untuk Kulit, Otot dan Usus Manusia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05f5fd1a9975234c8b456a/5-manfaat-kolagen-untuk-kulit-otot-dan-usus-manusia

5 Manfaat Kolagen Untuk Kulit, Otot dan Usus Manusia

5 Manfaat Kolagen Untuk Kulit, Otot dan Usus Manusia

Kolagen sangat penting untuk kesehatan manusia !

Kamu tentunya telah banyak mendengar perkataan para pakar kesehatan, pakar kecantikan dan mungkin mendengar dari sahabatmu tentang manfaat kolagen. Kolagen sekarang telah banyak bisa kita temukan dalam segala hal baik krim, kosmetik hingga bubuk dan pil. Kolagen dalam tubuh manusia sendiri adalah protein yang paling melimpah, kolagen ada di otot, kulit, darah, tulang, tulang rawan dan ligament. kolagen dalam tubuh berfungsi untuk :

  • Meningkatkan elastisitas kulit.
  • Menyatukan tulang dan otot anda.
  • Melindungi organ-organ anda.
  • Menyediakan struktur untuk sendi dan urat.

Tubuh manusia memproduksi kolagen secara teratur. Tetapi memang melambat seiring bertambahnya usia. Kebiasan gaya hidup yang dapat memperlambat produksi kolagen dalam tubuh adalah kebiasaan merokok, paparan sinar matahari dan diet yang tidak sehat, beberapa kondisi kesehatan juga dapat menguras jumlah kolagen dalam tubuh kita dan tanpa coba memblok hal tersebut anda mungkin akan terlihat keriput dan kendur, atau bahkan mengalami nyeri sendi.

Berikut pembahasan 5 manfaat yang lebih spesifik yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan konsumsi kolagen dalam tubuh.

1. Dapat meringankan nyeri sendi
Spoiler for spoiler:


Melemahnya tulang rawan dan memburuk seiring usia anda yang bertambah, kamu mungkin merasa kaku, sendi-sendi yang kaku dan bahkan sakit. Pada kondisi ini tambahan asupan kolagen sangatlah penting untuk mengurangi nyeri sendi dan mengurangi radang pada sendi.

Pada tahun 2009 dalam sebuah studi yang mengikut sertakan beberapa partisipan, menunjukkan hasil bahwa gejala osteoarthritis (kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak) menurun hingga 40%, sementara tingkat keparahan dari gejala  tersebut menurun 33% yang mengesankan para peserta, studi ini mengambil menambhakan suplemen kolagen tipe II dari leher ayam selama 90 hari kepada partisipan.

Dalam penilitian sebelumnya yakni di tahun 1993 dengan suplemen kolagen yang sama, partisipan yang menderita rheumatoid arthritis (peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian) yang parah mengalami penurunan jumlah pembengkakan pada sendi - 4 dari 60 partisipan juga mengalami pengurangan radang pada tulang yang sempurna. Suplemen tidak jenuh yang diberikan adalah asam amino berarti tidak akan terurai sebagai hail dari pemrosesan dan paparan panas tinggi.

2. Dapat menunda penuaan kulit
Spoiler for spoiler:


Salah satu manfaat kolagen yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan bersinar. Kandungan protein esensial pada kolagen tenyata memberikan manfaat pada kulit agar selalu elastis, membantu membuatnya tampak lebih muda dan sehat, namun jika produksi kolagen berkurang dikarenakan usia yang menua hal ini dapat menyebabkan garis halus, kulit longgar dan kekeringan pada manusia. Jadi apakah yang terjadi dengan meningkatkan asupan kolagen dengan suplemen?

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2014 dengan mengacak partisipan yakni memilih 46 dari 69 wanita yang berusia 35-55 tahun, untuk melihat hasil dari kerja suplemen hidrolisat kolagen, sementara anggota kelompok lainnya yakni 29 orang mengambil plasebo (Pengobatan yang tidak berdampak). Para wanita yang mengambil penanganan menggunakan suplemen kolagen menunjukkan perubahan setelah 4 minggu yakni pada peningkatan elastisitas kulit mereka.

Di tahun 2014 dalam penelitian dan dengan menggunakan suplemen yang sama, membuktikan secara signifikan berkurangnya kerutan setelah delapan minggu

3. Membantu membangun otot dan membakar lemak
Spoiler for spoiler:


Komponen utama dalam jaringan otot adalah kolagen, jadi sudah tidak mengejutkan apabila kolagen memiliki manfaat besar pada otot. Kolagen juga mengandung jumlah glisin (asam amino yang tidak memiliki isomer optik) terkonsentrasi, asam amino yang terlibat dalam sintesis kreatinin (proses antar organ yaitu pelepasan guanidinoasetat oleh ginjal dan dan pengambilan guanidinoasetat oleh hati). Ini diperlukan untuk otot sepenuhnya agar memiliki kekuatan agar dapat melalui hari. Jadi apa yang terjadi jika anda menambahkan kolagen pada rutinitas anda sehari-hari?

Penelitian untuk hubungan kolagen dan olahraga tidak terlalu banyak dilakukan, tetapi sebuah studi pada tahun 2015 yang melibatkan 53 pria yang lebih tua dengan sarcopenia (suatu kondisi dimana anda kehilangan massa otot karena penuaan). Setelah 12 minggu menggunakan kolagen ternyata mereka mendapatkan hasil berupa peningkatan kehilangan lemak dan kekuatan otot lebih dari kelompok plasebo (Pengobatan yang tidak berdampak).

4. Dapat mengurangi selulit
Spoiler for spoiler:


Selain menjaga kulit anda tetap sehat dan bersinar, kolagen juga dapat membantu memperbaiki penampilan selulit yang membandel. Selulit adalah lemak di bawah kulit yang muncul ke permukaan kulit, membuat terlihat bergelombang, karena ia mendorong jaringan ikat membuat penampilan pada manusia berlesung pipit atau kental pada kulit.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah produsen di tahun 2015, mereka mengacak 105 wanita berusia antara 24-50 tahun untuk mengambil peptida kolagen sebagai suplemen selama 6 bulan. Hasilnya  pada tekstur kulit dan waviness (permukaan yang bergelombang) terjadi peningkatan yang jelas dan signifikan.

Meskipun tampak menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi lebih lanjut apakah kolagen mampu mengurangi penampilan selulit. Sebuah tinjauan pada tahun 2015 ditemukan bahwa terapi gelombang akustik lebih memiliki manfaat yang potensial untuk mengobati selulit, namun hal tersebut tidak melibatkan suplemen kolagen.

Tapi ingat, selulit sangat umum - diperkirakan 80 % hingga 90% wanita memilikinya, ini adalah bagian alami dari penuaan dan pembentukan kulit dan bukan menjadi perhatian yang serius bagi sebagian wanita.

5. Dapat meningkatkan kesehatan percernaan
Spoiler for spoiler:


Kolagen yang satu ini membantu mendukung jaringan ikat usus yang juga memperkuat lapisan pelindung saluran pencernaan kamu. Kolagen ini sangat penting karena jika terjadi perubahan pada fungsi penghalang usus yang juga dikenal sebagai sindrom usus bocor maka memungkinkan partikel masuk ke aliran darahmu, sehingga terjadi peradangan.

Penelitian pada tahun 2003 yang mengamati 170 orang dengan penyakit radang usus, menemukan bahwa mereka lebih mungkin memiliki tingkat kolagen serum yang lebih rendah. Jadi teori yang diambil adalah meningkatkan asupan kolagen, kamu dapat membantu membangun jaringan yang melapisi percernaan dan juga meningkatkan kesehatan usus yang lebih baik. Namun, penelitian sampai saat ini masih terbatas pada efek langsung dari suplemen kolagen pada sistem pencernaan.

Bagaimana cara menambah kolagen pada dietmu ?
Berikut beberapa cara mudah untuk meningkatkan asupan kolagenmu :

  • Bereksperimen pada kaldu tulang
    Kaldu tulang dibuat dengan mendidihkan tulang untuk membantu mengekstrak rasa dan nutrisi yang bermanfaat. Tidak hanya sebagai sumber kolagen yang sangat baik, tapi juga lezat dan mudah ditambahkan ke daftar menu dietmu dengan membuat sup dan rebusan, biji-bijian utuh seperti nasi dan quinoa.Kamu juga dapat dengan mudah membuat kaldu tulang di rumah, atau menghemat waktu dengan membelinya dalam bentuk bubuk.
    Dua resep ini merupakan kaldu tulang favorit yang kebanyakan dikonsumsi para dieter yakni sup pho dan bawang Vietnam, tetapi kamu dapat langsung menikmatinya pada secangkir mangkuk tanpa tambahan bumbu tersebut.

  • Cobalah gelatin bubuk
    Gelatin pada dasarnya adalah bentuk matang dari kolagen. Gelatin bubuk dapat menjadi cara cepat dan nyaman untuk menaikkan jumlah kolagen kamu. Ini dapat dicampur dengan cairan apa saja, termasuk sup, rebusan dan kaldu.

  • Tambahan dengan peptida kolagen
    Peptida kolagen adalah pilihan yang mudah untuk memperbaiki asam amino kita. Sebagian besar merek menjual peptida kolagen terhidrolisis, yang berarti asam amino dalam kolagen telah dipecah sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.
    Serbuk kolagen juga dapat ditambahkan ke smoothies, minuman panas atau makanan yang dipanggang untuk memompa beberapa protein ekstra harian kamu.

Apa yang dikatakan sains tentang Kolagen?
Apakah atau mengambil suplemen kolagen tambahan akan membantu penyakit kamu sampai dengan kondisi dan gaya hidup individu kamu. Penelitian tampaknya mendukung suplemen kolagen untuk orang yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi seperti arthritis, tetapi orang yang sehat dengan diet seimbang mungkin tidak melihat mangaat apa pun.

Sebenarnya ada juga banyak cara alami untuk mendapatkan dalam dosis harian superstar nutrisi kamu. Jika kamu ingin mengkonsumsi kolagen secara alami, makan makanan yang seimbang dan berprotein tinggi yang mencakup produk-produk hewani seperti daging sapi, ayam, ikan dan putih telur.

Namun jika kamu ingin makan - makanan yang terlalu banyak mengandung protein. Tubuh kamu tidak akan memberitahu kemana kolagen yang telah dikonsumsi bermuara, sebaliknya tubuhmu akan mendistribusikan kolagen seperti nutrisi lain yang masuk dalam tubuhmu. Jadi, mengkonsumsi suplemen kolagen sangat mirip dengan olahraga - sulit untuk menargetkan kebetuhan tubuh akan suplemen yang satu ini, tetapi tentu saja meningkatkan asupan kolagen masih sangat bermanfaat untuk kamu.

Sumber Artikel :

















Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di